Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kenapa isi Token listrik Gagal / Periksa padahal token sudah benar? ini cara cepat mengatasinya

Isi token listrik gagal, Muncul tulisan " gagal"/ "periksa ini sebab dan cara mengatasinya

Sobatlima.com Cara mengisi token listrik sebenarnya sangat mudah. Asalkan benar-benar diperhatikan nomor token listrik  jangan sampai salah. Namun jika sudah dicek berkali kali sudah benar tapi token listrik gagal, maka ada hal lain kenapa token listrik gagal padahal sudah benar. Biasanya pada layar tertera tulisan " gagal".Selain itu mungkin juga teman-teman juga mengalami isi token listrik gagal tapi tulisan di layar adalah " periksa " ,itu juga ada sebab lain. Makanya pada kesempatan kali ini ,saya ingin membagikan informasi bagaimana cara mengatasi ketika kita membeli token PLN atau pulsa listrik dan ketika kita ingin memasukkan ke meteran kita itu selalu gagal. Dan ini berdasarkan pengalaman pribadi

 

token listrik gagal,isi token listrik gagal,kenapa token listrik gagal,cara mengatasi token listrik gagal terus,solusi token listrik gagal terus,penyebab token listrik gagal,nomor token listrik gagal,isi token listrik gagal ada tulisan periksa,pengisian token listrik gagal,isi token listrik gagal ada tulisan gaga,beli token listrik gagal terus,token listrik gagal apa yang harus dilakukan,isi token listrik gagal ada tulisan reject,token listrik gagal 3 kali apakah masih bisa digunakan

Cara mengisi token listrik yang benar

Sangat perlu diperhatikan bahwa dalam mengisi token listrik adalah jangan sampai salah memasukkan angka. Karena kalau saat memasukkan token listrik gagal 3 kali maka token akan di blokir dan kita harus menghubungi PLN untuk mengaktifkan kembali. Untuk cara mengisi token, teman-teman bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini. Dan caranya sama saja mau meteran merk smart,melcoinda,itron,hexing ataupun sanxing

  • Pertama kita siapkan dulu nomor token yang sudah dibeli
  • Cek dulu sisa Kwh kalau masih cukup isi saja besoknya
  • Masukkan nomer token ( 20 digit ) dan perhatikan jangan sampai keliru
  • jika salah tekan tombol panah yang biasanya terletak dibawah tombol " 7 "
  • Lanjut tekan tombol " enter " ( biasanya warna merah )
  • Jika sukses akan muncul tulisan " Benar/ Acept " di layar
  • Jika Reject, berarti ulangi sekali lagi
  • Jika muncul tulisan ' GAGAL / PERIKSA '

    Nah disinilah letak masalahnya saat mengisi token listrik tapi muncul tulisan gagal padahal sudah kita cek berkali-kali nomor token kita sudah benar. Jika sampai beberapa kali tetap gagal maka terjadi eror pada meteran. Jadi perlu juga diperhatikan berapa batas pengisian token listrik gagal.Namun jika yang muncul tulisan periksa, maka ada kerusakan pada instalasi listrik. Bisa bocor, konsleting , bisa juga ada kabel terkelupas yang membahayakan. Namun pernah juga ada gangguan. jadi itulah kenapa saya sarankan mendownload aplikasi PLN Mobile, jadi selain kita akan tahu informasi gangguan PLN hari ini maka kita juga bisa cek tagihan listrik bulan ini ataupun sebelumnya.

    Cara mengatasi isi token Gagal/ Periksa

    Token listrik " GAGAL"

    Ada beberapa langkah mengatasi gagal saat mengisi token dan sudah melebihi batas 3 kali. Yang pertama sdalah dengan mereset meteran. Untuk cara mereset meteran , baik meteran hexing,itron sanxing atau meteran merk apapun sama saja yaitu dengan mengetik angka " 00 " kemudian dilanjutkan dengan " ENTER ". Secara otomatis meteran akan ter -reset dan kita bisa mengulangi kembali pengisisan token listrik. Jika tidak ada masalah lain maka pengisian token pasti berhasil.

    Token listrik " PERIKSA "

    Jika yang muncul adalah tulisan "PERIKSA " sudah pasti yang terjadi adanya kerusakan pada instalasi listrik. Berikut beberapa penyebab yang biasa terjadi :
    • Terjadi kerusakan pada meteran
    • Instalasi kabel rusak ( kabel lecet, konsleting dll)
    • Kebocoran arus
    • Grounding salah
    • Terbukanya tombol TAMPER
    dan untuk mengatasi masalah ini kita bisa melakukan pengaduan ke kantor PLN terdekat atau menghubungi PLN via Whatsapp, SMS ataupun  telepon agar segera bisa dilakukan perbaikan.

    Sudah di Reset tapi masih GAGAL dalam pengisian token

    Jika yang muncul tulisan "periksa", sudah pasti harus dilakukan perbaikan oleh petugas PLN dan kita tidak boleh melakukan sendiri. Namun jiak tulisan masih  " GAGAL" padahal kita sudah melakukan reset. Maka kita perlu menghubungi PLN dan mereset langsung dari pusat. Berikut ini langkah -langkahnya :

    • Hubungi Call center PLN untuk lewat telepon bisa menghubungi no 123. 
    • Ikuti saja instruksi sampai kita bisa bicara langsung dengan Costumer Service PLN.
    •  Ceritakan saja keluhannya , nanti kita akan diminta 11 digit no meteran dan juga no WA.
    • Setelah itu ( kira-kira 1 jam ) maka PLN akan mengirimkan kode perbaikan yang jumlahnya 20 digit dan ada 4 baris
    • Setelah itu kita masukkan saja 20 digit baris pertama kemudian tekam " ENTER" lanjutkan sampai 4 baris selesai.
    • Tunggu kira kira setengah jam baru kita masukkan kembali token listrik kita. 

    Ada cara lain selain kita menghubungi no PLN, yaitu melalui Whatsapp PLN di nomor 08122123123. Caranya sama saja dan natinya kita juga akan dikirim kode reset langsung melalui WA. Selain itu untuk teman- teman yang sudah mendaftar dan memiliki akun di PLN Mobile juga bisa melakukan pengaduan melalui aplikasi tersebut. Untuk yang belum silahkan daftar PLN Mobile untuk pengaduan, cek tagihan hingga pembayaran Listrik. Terimaksih dan semoga bermanfaat.



    Posting Komentar untuk "Kenapa isi Token listrik Gagal / Periksa padahal token sudah benar? ini cara cepat mengatasinya"