Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penyebab tegangan arus listrik rumah turun,drop atau sering ngetrip (njeglek) dan solusinya

Penyebab tegangan arus listrik rumah turun,drop atau sering ngetrip (njeglek) dan solusinya

Listrik merupakan hal penting dalam kehidupan sehari-hari.Tak perlu kita membayangkan jika listrik tidak ada,cukup bayangkan saja ada pemadaman listrik 1 atau 2 jam saja. Kita sudah kebingungan dan panik.Namun itu hanya sekilas untuk menggambarkan betapa pentingnya listrik. Dan Alhamdulillah di negara kita listrik sudah mencapai seluruh pelosok nusantara. Mungkin ada beberapa daerah terpencil yang memang belum terjangkau listrik. Tapi jika sobat sedang membaca artikel ini berarti listrik sudah menjangkau tempat sobat.

penyebab listrik drop,penyebab tegangan listrik rumah drop,penyebab tegangan listrik drop,listrik drop,listrik pln drop,penyebab drop tegangan,penyebab listrik jepret,penyebab listrik jepret terus,penyebab drop voltage,Penyebab tegangan arus listrik rumah turun,drop atau sering ngetrip (njeglek) dan solusinya,




Namun bukan hal tersebut yang ingin saya sharing pada kesempatan ini,tapi pengalaman yang cukup menjengkelkan dan berhubungan dengan listrik. Bukan soal pemadaman atau mati listrik,tapi soal tegangan listrik dirumah saya tiba tiba turun drastis. Untuk menyalakan 5 buah lampu bohlam saja ternyata lemah dan nyala terlihat redup tidak seperti biasanya. Untuk televisi masih bisa nyala meskipun kadang mati. Pompa air tidak mau jalan masak nasi pakai magic jar 4 jam lebih nggak matang-matang. Akhirnya saya langsung lapor PLN. Namun mungkin karena hari minggu jadi sampai agak siang PLN belum juga datang. Akhirnya saya coba menangani sendiri meskipun pengetahuan kelistrikan saya sangat minim. Meskipun saya kerjakan hampir seharian (sambil buka gugel dan tanya tanya) akhirnya normal kembali.Dan sekedar informasi bahwa jika sobat merasa tidak yakin dengan kemampuan sobat dibidang kelistrikan.sobat  bisa menyuruh teknisi kelistrikan atau memanggil petugas PLN untuk menanganinya.
Dan pengalaman tersebut akan saya bagi disini....hanya di sobatlima.com


Berikut ini step by step yang harus dilakukan berdasarkan pengalaman yang saya alami agar penyebab bisa diketahui dan segera bisa diatasi. Dan karena saya bukan ahli kelistrikan saya hanya akan sharing dengan bahasa yang saya pahami sendiri dan tanpa alat alat teknis yang memadai.Untuk tukang listrik biasanya menggunakan alat.....


1.Cek dulu drop listrik di rumah kita dan tetangga


Langkah pertama yang perlu sobat lakukan adalah mengecek apakah drop listrik hanya terjadi di rumah kita atau juga rumah rumah lain.Kita bisa tanyakan ke tetangga,apabila rumah mereka mengalami drop listrik maka bisa di pastikan penyebab ada pada PLN.Bisa jadi trafo PLN mengalami gangguan dalam distribusi listrik.Atau juga bisa langsung dari pusat tenaga listrik.Jika ini terjadi,maka bisa langsung menghubungi Hotline PLN setempat agar bisa segera dilakukan perbaikan.
Nah jika di rumah lain (tetangga) tegangan listriknya normal,tentu saja permasalahan ada pada instalasi listrik di rumah kita bermasalah. Sobat bisa menghubungi tukang listrik atau yang ahli dalam instalasi listrik (tentu saja mengeluarkan ongkos jasa) dan mungkin juga akan membutuhkan penggantian kabel dsb jika dibutuhkan. Namun jika sobat ingin menangani sendiri jika ada waktu luang maka berikut ini langkah langkah yang perlu dilakukan.Dan perlu diperhatikan keselamatan terutama memutus aliran listrik saat mengecek kabel atau menyambung.


2.Periksa instalasi listrik


Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah memeriksa instalasi listrik terutama kabel kabel.Salah satu penyebab dropnya tegangan listrik adalah kabel yang terlalu kecil atau diameter tidak standar,konsleting ringan atau kesalahan penyambungan kabel.Mari kita kupas satu persatu.

Kabel

Kabel listrik yang tidak standar dapat menyebabkan arus menjadi lemah apalagi kabel serabut.Kabel standar untuk instalasi rumahan adalah 1,5 mm dan usahakan kabel kawat.Jadi step pertama adalah menganti kabel yang terlalu tipis dan tidak standar.


Konsleting ringan

sobat pasti tahu yang dinamakan konsleting sehingga tidak perlu dijelaskan.Karena jika konsleting terjadi dapat dipastikan listrik akan ngetrip (njeglek) atau paling parah sekring putus.Namun ternyata ada juga konsleting ringan( menurut istilah saya).Konsleting ringan ini juga disebabkan salah satunya karena kabel yang tidak standar.Kabel yang terlalu kecil akan cepat panas dan biasanya kulit kabel akan meleleh dan membuat tembaga sedikit menempel.Sehingga listrik tidak langsung anjlok( njeglek) namun berakibat kurangnya daya listrik.Biasa pada sambungan lampu,jika hal ini terjadi lampu akan terlihat redup kadang terang.Bahkan pernah bohlam pijar berbunyi "blug" dan terlihat kehitaman.Solusinya adalah ganti kabel.


Cek instalasi

cek kembali semua instalasi kelistrikan.memang listrik rumah menggunakan arus AC (alternating curent) dan meskipun colokan alat listrik dibolak balik tetap akan menyala.Namun tetap saja untuk instalasi rumah ada - dan + .Hal tersebut bisa ditandai dengan kabel merah dan hitam.Karena pernah suatu ketika saya memasang instalasi lampu dapur dan melakukan kesalahan.Saat itu saya menggunakan 2 buah sakelar untuk 3 buah lampu bohlam.Kesalahan terjadi saat sebuah lampu mendapatkan dua arus - (kabel hitam).Jadi listrik tidak konsleting namun begitu lampu dinyalakan ,tiba tiba lampu meletup(tidakpecah) dan berwarna kehitaman.Saya ganti lampu baru ternyata beberapa hari kemudian terjadi hal yang sama.Setelah saya periksa,itulah yang terjadi.Dan akhirnya instalasi diperbarui.


Konsleting ringan oleh air.

Hal ini bisa terjadi pada sambungan isolatip yang kurang rapat dan terkena air(bisa karena kebocoran genteng).Atau pada pompa air listrik.Hal ini juga perlu diperiksa kembali.


3.Terlalu banyak perangkat elektronik

Jika 2 cara diatas memang karena ada permasalahan instalasi kelistrikan. Untuk bagian ketiga ini adalah tentang alat kelistrikan yang kita pakai. Seringkali kita memakai disaat bersamaan alat listrik semisal magic jar,kulkas,setrika dan bisa menyebabkan arus listrik menjadi tidak setabil atau naik turun. Biasanya ditandai dengan lampu yang kadang terang kadang redup,tapi setelah dicek atau saat membayar listrik sama saja atau bahkan lebih mahal daripada bulan sebelumnya.  Solusinya adalah mengurangi pemakaian seminimal mungkin untuk waktu yang bersamaan. Karena bagaimanapun juga sumber kelistrikan ada batas kemampuanya. Untuk melihat grafik penggunaan listrik bulanan saya biasa mengecek melalui aplikasi android PLN Mobile. Di aplikasi tersebut sobat bisa cek penggunaan listrik tiap bulan dan juga membayar secara online.

4.Menambah alat penyetabil tegangan.


Untuk beberapa perangkat elektronik seperti kulkas ,Tv dll  sobat bisa memasang sabilizer atau biasa disebut stavol untuk menyetabilkan arus sekaligus menghemat listrik.Teruutama pada perangkat yang  menggunakan sistem komputer agar perangkat tidak cepat rusak jika terjadi turun naik tegangan listrik. Stavol banyak dijual di toko toko listrik dengan harga terjangkau. Jangan lupa untuk memilih stavol yang ber merk dan kualitas yang baik agar awet dan tahan lama.
Selain itu Ada juga alat canggih yang bernama UPS . Alat ini berfungsi sebagai cadangan listrik saat terjadi naik turun arus tegangan listrik. Namun karena saya sendiri belum pernah memakai  dan pengetahuan tentang UPS sangat kurang jadi mungkin akan saya bahas di lain kesempatan.

Itulah beberapa cara mengatasi salah satu masalah kelistrikan dirumah kita. Tetap terus ikuti update artikel informatif dan menarik lainya hanya di sobatlima.com