Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara mengajukan subsidi listrik secara online terbaru 2024

Cara mengajukan subsidi listrik secara online 2024

Sobatlima.com Subsidi listrik untuk tahun ini memang hanya diperuntukkan untuk warga masyarakat kurang mampu dengan Daya listrik 450 VA saja. Dan sebagian untuk pelanggan 900VA yang terdaftar subsidi listrik ( R1). Untuk mendaftar atau melakukan pengajuan subsidi listrik 900VA masyarakat bisa melalui kantor Desa setempat yang nanti akan diproses sesuai ketentuan yang berlaku. Sedangkan untuk mengajukan subsidi listrik secara online bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile atau kunjungi situs resmi PLN.co.id.

Syarat pengajuan subsidi listrik secara online

Berdasarkan Pada pasal 2 ayat 1 peraturan meteri ESDM nomor 29 tahun 2016, subsidi tarif ini hanya diberikan kepada pelaggan rumah tangga ( R1 ) dengan daya 450 volt dan 900 volt yang termasuk masyarakat prasejahtera yang terdaftar dalam DTKS. Dan biasanya untuk pelanggan 900VA yang tidak mendapatkan subsidi pada setruk dan meteran listrik terdapat tanda R1M. Jadi untuk mendapatkan subsidi listrik harus merubah golongan R1M ke R1. Dan seandainya tidak bisa, ada alternatif lain yaitu merubah tarif dari rumah tangga ke tarif bisnis R1 ke B1, agar mendapatkan tarif yang lebih murah.

listrik,listrik statis,listrik statis adalah,listrik dinamis adalah,listrik prabayar,listrik pintar,listrik pascabayar,listrik subsidi,listrik subsidi adalah,listrik subsidi 900,listrik subsidi 2019,listrik subsidi 450,listrik subsidi corona,listrik subsidi gratis,listrik murah untuk rumah,formulir pengajuan subsidi listrik


Cara pengajuan subsidi listrik secara online

Baik teman - teman kita lanjutkan pembahasan pengajuan subsidi listrik secara online. Namun syaratnya tentu saja kita harus terdaftar di DTKS. Untuk caranya adalah sbb:

  1. Kunjungi web resmi PLN di www.pln.co.id
  2. Pada menu beranda klik saja “Diskon Stimulus Covid-19”
  3. Isikan no ID pelanggan / nomor meteran
  4. Token listruik akan tampil di layar 
  5. Masukkan token ke meteran yang sesuai dengan ID dan klik enter

Pelanggan juga bisa mengakses subsidi listrik melalui whatsapp di 081-221-231-23. Dengan cara sbb:


  1. WhatsApp/ Chat saja ke 08122-123-123  ( tulis saja "stimulus"
  2. Tekan 1 lalu Masukkan ID Pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul
  4. Masukkan Token tersebut sesuai nomor pelanggan
Jika melalui Wa biasanya banyak sekali antrian, saya sarankan melalui aplikasi PLN mobile yang bisa didownload melalui aplikasi Playstore.

  1. Download aplikasi PLN Mobile
  2. Login/daftar aplikasi
  3. daftarkan no pelanggan
  4. Pilih menu ' lainnya"
  5. klik "info stimulus" ( menu paling bawah )
  6. Masukkan no Pelanggan
  7. Setelah token muncul, msukkan token tersebut
Demikian cara daftar dan pengajuan subsidi listrik secara online, natinya untuk pelanggan pascabayar akan menerima subsidi saat pembayaran listrik. Sedangkan prabayar atau listrik token akan mendapatkan diskon saat pengisian token listrik.

Posting Komentar untuk "Cara mengajukan subsidi listrik secara online terbaru 2024"