Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CARA MEMBUAT JAMU dan pil EDAN MERPATI los dor

CARA MEMBUAT JAMU MERPATI GIRING KEKET DAN LOS DOR

Burung merpati balap atau kolong memiliki kemampuan khusus yaitu terbang tinggi dan cepat. Dan burung ini memmang sering di lombakan para pecinta merpati tinggian terutama di indonesia. Jika pada beberapa waktu yang lalu telah saya bahas cara memilih burung merpati stut kencang atau losdor, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat jamu merpati agar fit bisa terbang tinggi dan losdor ( bisa turun cepat ) 

Membuat jamu atau yang lazim disebut Pil edan merpati tidak terlalu sulit. Kalau teman-teman semua malas membuatnya,bisa beli di toko online atau toko-toko burung terdekat. Tapi harganya tentu jauh lebih mahal dibanding kita membuat sendiri dengan bahan-bahan dapur yang mudah didapatkan.

jamu agar merpati turun kencang,cara membuat jamu merpati giring keras,jamu merpati los dor tradisional,cara membuat jamu stamina merpati kolongan,cara membuat jamu merpati balap terbang cepat,cara membuat jamu merpati agar terbang tinggi,obat alami agar merpati giring keras,cara membuat jamu pil edan


Khasiat jamu merpati/ pil edan Los dorr

Kandungan Vitamin dan zat-zat lain yang terkandung dalam jamu merpati ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan merpati dan yang penting stamina untuk burung merpati kolongan. Diantara manfaat pil edan ini adalah :
  1. Menambah energi dan mempercepat penyembuhan luka
  2. Menambah kekebalan tubuh
  3. Menyehatkan pencernaan dan meredakan peradangan
  4. Menyehatkan fungsi otak dan memori
  5. Menjaga kesehatan burung merpati

Bahan-bahan jamu merpati tradisional

Bahan bahan tradisiona berikut memiliki kandungan zat dan vitamin yang memiliki khasiat tersendiri apalgi jika dengan takaran yang tepat. Karena dengan beberapa manfaat diatas tentunya burung merpati akan selalu terjaga staminanya dan bisa giring keras atau keket. Berikut bahan-bahan utama dan fungsinya.
  1. Kuning telur ( bisa telur bebek atau telur ayam jawa lebih baik ): Kuning telur mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, vitamin A, vitamin D, dan zat besi. Telur juga mengandung kolin, yang penting untuk fungsi otak dan memori. Dalam jamu tradisional, kuning telur sering digunakan untuk membantu meningkatkan energi dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  2. Madu: Madu memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sifat antibakteri, antiviral, dan antioksidan. Madu juga diketahui dapat membantu mengurangi radang tenggorokan, mempercepat penyembuhan luka, dan memberikan energi yang alami
  3. Kunyit: Kunyit memiliki senyawa aktif yang disebut kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kunyit sering digunakan dalam jamu untuk membantu meredakan peradangan, meningkatkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melindungi organ hati.
  4. Kunir (temulawak): Kunir memiliki kandungan kurkuminoid yang serupa dengan kunyit, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kunir juga dapat membantu meningkatkan pencernaan, meredakan gangguan perut, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  5. Untuk menambah khasiat biasa ditambahkan dengan sarang burung walet dan sarang lebah madu jika ada tapi ini hanya opsional saja

Cara membuat pil edan atau jamu merpati los dor ( cair )

Ada dua jenis jamu merpati, yang pertama bentuk pil dan yang kedua berbentuk cair. Cara membuatnya hampir sama. Untuk takaran bahan sbb :
  1. 3-4 butir telur ( bebek/ayam jawa kampung )
  2. Kunyit diparut atau beli saja yang bubuk 10-12 Sdm
  3. Kencur juga diparut atau bubuk kurang lebih 6 Sdm saja
  4. Madu murni 10 Sdm ( sendok makan biasa )
  5. Jika ada tambahkan sarang lebah dilembutkan

Pil merpati kering

  • Ambil kuning telur atau bebek saja dan masukkan dalam gelas
  • Campurkan madu dan aduk hingga rata 
  • Masukkan kunyit dan kunir bubuk sedikit demi sedikit sambil diaduk dan menjadi adonan
  • Tambahkan sarang burung lebah
  • jemur sebentar setengah kering
  • bentuk menjadi seperti pelet besarnya ( bisa ditelan merpati )
  • Jemur hinga kering
Untuk pil edan merpati yang perlu diperhatikan adalah proses terakhir. Penjemuran harus benar-benar kering karena nantinya akan disimpan untuk besok2. Takutnya jika kurang kering pil tersebut bisa berjamur dan malah membuat sakit burung merpati kesayangan kita.

Jamu merpati ( cair)

Untuk jamu merpati cara membuatnya sama cuma bedanya tidak perlu dikeringkan dan bisa dicampur sedikit air sampai didapat kekentalan yang diinginkan.

Cara memberikan pil dan jamu merpati

Untuk jamu bisa diberikan pada burung merpati balap 2 kali saja satu minggunya. Untuk cara ngasih jamu merpati balap bisa menggunakan injektor lolohan yang banyak dijual di toko burung. Sedangkan pil karena berbentuk pelet berikan tiap dua hari sekali satu butir jadi seminggu 3-4 kali dan berikan jeda hari. Kecuali jika besoknya mau lomba, berikan satu butir pada malam harinya dan biarkan beristirahat. semoga bermanfaat

jamu agar merpati turun kencang,cara membuat jamu merpati giring keras,jamu merpati los dor tradisional,cara membuat jamu stamina merpati kolongan,cara membuat jamu merpati balap terbang cepat,cara membuat jamu merpati agar terbang tinggi,obat alami agar merpati giring keras,cara membuat jamu pil edan




Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT JAMU dan pil EDAN MERPATI los dor"