Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Resep/Racikan Umpan Lele untuk Kolam dan Sungai

 Racikan Umpan Mancing Lele di Kolam dan Sungai

Racikan umpan mancing lele cukup beragam. Siapa yang tidak mengenal jenis ikan air tawar satu ini. Dengan bentuk seperti jenis ikan ada umumnya, namun lele memiliki tubuh yang lebih memanjang, licin serta tidak memiliki sisik. Selain itu, ikan lele memiliki sepasang patil bagian sirip dadanya. Patil tersebut berupa duri tulang yang cukup tajam.

Sirip ini mempunyai fungsi untuk melindungi diri dari musuhnya. Habitat ikan lele pada umumnya di sungai dengan arus air yang tidak terlalu deras, waduk, rawa, telaga, serta sawah yang tergenang dengan air. Bahkan, jenis ikan air tawar satu ini mampu hidup pada air tercemar sekalipun, seperti got serta selokan.

Racikan umpan mancing lele,umpan galatama lele,umpan mancing lele siang hari,umpan mancing lele liar.umpan mancing lele kolam,umpan mancing lele galatama,umpan mancing lele yg jitu,umpan mancing lele di sungai,umpan mancing lele paling jitu,umpan mancing lele air keruh,umpan mancing lele ampuh,cara mancing lele agar cepat dapat,umpan ikan lele malam hari,umpan mancing ikan lele di kolam harian,umpan mancing lele siang hari,resep umpan mancing lele di sungai siang hari,umpan lele harian paling galak,umpan ikan lele stres,racikan cacing umpan lele,umpan mancing lele lomba


Mengenal Racikan Umpan Mancing Lele

Selain bercirikan dengan kumis serta senjata patil, ikan lele juga memiliki gerakan yang sangat gesit. Jenis ikan ini suka hidup berkelompok dengan cara perkembangbiakan cukup cepat.

Maka lele sering dipilih menjadi salah satu jenis usaha yang cukup prospektif. Dengan gerakan yang meliuk-liuk tentu sangat membuat penasaran bagi para pemancing untuk menangkapnya.

Ikan lele merupakan salah satu ikan dengan kandungan protein yang sangat tinggi, dengan demikian sering dibudidayakan untuk konsumsi.

Lele adalah ikan nokturnal yang pada habitat alamiahnya melakukan aktivitas pencarian makan yang cukup agresif pada malam hari. Sedangkan untuk siang hari lebih berdiam diri serta berlindung ditempat yang gelap dan teduh.

Bagi penghobi mancing, lele juga salah satu ikan yang sering dilombakan. Kali ini sobatlima.com akan berbagi resep umpan racikan untuk mancing lele kolam maupun sungai. Dan sebelum berangkat mancing jangan lupa membaca doa memancing agar dapat banyak.

Berikut ini racikan umpan mancing lele terbaik antara lain:

Campuran Daging Sapi

Racikan umpan lele pertama adalah  menggunakan daging sapi giling. Sedangkan untuk campuran yang diperlukan adalah 2 ons daging sapi halus, 5 cc Essen Aquatic. Campurkan semua bahan tersebut hingga tercampur merata hingga siap digunakan.

Selain cukup simpel pembuatannya, racikan umpan lele satu ini sangat ampuh untuk memperoleh hasil yang cukup banyak. Agar lebih maksimal lagi, anda dapat menggunakan umpan ini saat cuaca sedang panas supaya aroma amis daging sapi dapat merata, sehingga menarik perhatian para ikan lele.

Campuran Cacing Sutra

Resep umpan mancing ikan lele selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan dasar cacing sutra. Cacing sutra merupakan salah satu makanan favorit bagi ikan lele. Dalam pembuatannya, anda dapat mencampurkan dengan 0,5 sendok teh cairan vanili, telur bebek sebanyak satu butir, bubuk garlic setengah sendok teh, 5 ss Essen Aquatic, serta pelet udang.

Cara meraciknya cukup mudah. Anda tinggal mencampurkan cacing sutra sekitar satu genggam keseluruhan bahan. Untuk bahan Essen dapat anda perkirakan dengan keperluan, seperti 5-10 cc dalam sekali adonan.

Racikan Serangga

Dalam membuat racikan umpan memancing ikan lele, anda juga dapat menggunakan variasi campuran serangga yang merupakan umpan favorit ikan lele. Serangga tersebut seperti laron, jangkrik dan yang lainnya.

Pada umumnya pemancing hanya menggunakan serangga saja tanpa mencampurkannya dengan bahan-bahan tertentu. Dengan memberikan umpan serangga sebagai campuran adonan, tentu akan membuat umpan mancing lele akan semakin maksimal untuk memancing.

Menggunakan Katak Kecil

Selain serangga dan jangkrik, ternyata katak kecil juga dapat digunakan sebagai umpan ikan lele. Dengan menggunakan hewan satu ini, anda tidak perlu repot untuk membuat racikannya.

Anda hanya memerlukan beberapa ekor katak kecil, yang kemudian anda kaitkan dengan kail pancingan. Menggunakan katak kecil sebagai umpan memancing lele di sungai atau di kolam tidak serepot dengan menggunakan umpan racikan lainnya.

Racikan 1 (Kuning Telur + Terasi)

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain kuning telur, terasi, tepung ikan teri, air secukupnya, bawang putih, serta pelet PF 1000 + 781-2 SP. Pada pilihan racikan satu ini , anda dapat menambahkan Essen agar lebih mantap dan maksimal.

Setelah semua bahan sudah siap semua, maka langkah berikutnya, siapkan wadah untuk membuat adonan umpan. Kemudian tuangkan semua bahan ke dalam wadah. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit kemudian aduk hingga rata dan mengental. Selanjutnya buat bulatan-bulatan seukuran dengan mata kail pancing yang anda gunakan.

Racikan 2 ( Usus Ayam + Telur Ayam)

Bahan yang diperlukan terdiri dari:

Usus ayam satu genggam

Keju kraft 1 lembar

Telur ayam 1 butir

Indomie blender

Cara membuatnya yang pertama usus dikukus hingga matang lalu diblender. Kemudian campur semua bahan menjadi satu. Lalu, campur dengan indomie blender hingga umpan menjadi lebih kalis.

Racikan 3 (Telur + Madu)

Bahan-bahan antara lain kuning telur, terasi, madu asli, pelet PF 1000, serta air secukupnya. Untuk cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan ke dalam semua wadah.

Selanjutnya aduk hingga rata, serta uleni hingga mengental. Setelah kalis atau mengental, kemudian potong-potong dengan bentuk sesuai dengan ukuran mata pancing.

Racikan 4 ( Hati Ayam + Madu)

Untuk racikan umpan mancing lele satu ini bahan yang anda perlukan antara lain pelet udang, terasi, bawang putih, madu, hati ayam, kuning telur serta air hangat secukupnya. Cara membuatnya adalah langkah pertama rebus terlebih dahulu hati ayam hingga matang.

Kemudian hancurkan hingga lembut. Campurkan semua bahan lalu aduk sampai rata serta nampak mengental dan kalis. Seperti racikan umpan lele lainnya, anda dapat membentuk umpan tersebut seukuran mata pancing.

Dengan adanya pilihan racikan umpan mancing lele baik untuk kolam atau sungai di atas, diharapkan ikan yang akan anda peroleh menjadi lebih banyak. Tips bagi anda dalam memancing ikan lele adalah sebaiknya anda lakukan pada sore atau malam hari. Ikan lele akan lebih sulit jika anda pancing pada siang hari saat cuaca panas dengan sinar matahari yang langsung memancar ke habitatnya. Dalam kondisi ini, ikan lele lebih suka bersembunyi serta tidak nafsu untuk makan.



Keyword 4: 


Posting Komentar untuk "Resep/Racikan Umpan Lele untuk Kolam dan Sungai"