Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Burung Hantu Tyto Alba Berwajah Lucu Dengan Bulu Putih, Ciri dan harga

Burung Hantu Tyto Alba Berwajah Lucu Dengan Bulu Putih || Sobat kicau

Ada banyak jenis burung hantu di Indonesia yang lazim dipelihara.Burung hantu bahasa inggrisnya Owl ,masing masing memiliki ciri khas tersendiri. Ada burung hantu celepuk,burung hantu putih dan salah satu yang juga saya gemari adalah burung hantu tyto alba. Nah pada kesempatan kali ini akan sobatlima bahas secara spesifik burung hantu Tyto Alba,makanan dan juga harganya.

burung hantu bahasa inggrisnya,burung hantu putih,burung hantu celepuk,burung hantu tyto alba,burung hantu makan apa,burung hantu kartun,burung hantu menurut islam,burung hantu surabaya,burung hantu adalah,burung hantu animasi,burung hantu alba,burung hantu anakan,burung hantu angka togelnya,burung hantu buboburung hantu bahasa inggrisnya,burung hantu tyto alba makan apa,burung hantu tyto alba javanica,burung hantu tyto alba anakan,burung hantu tyto alba harga,burung hantu tyto alba anakan harga


Burung hantu Tyto alba atau lebih dikenal dengan Serak Jawa tersebut memiliki ukuran yang besar hingga 34cm. Bahkan burung tersebut disebut dengan burung hantu putih.

Burung tersebut memiliki keindahan tubuhnya yang dapat dinikmati. Burung ini sebagai pengendali hama seperti tikus atau hama lainnya yang mengganggu pertanian. Bahkan ia dijuluki sebagai predator malam yang handal.

Ciri-ciri Burung Hantu Tyto Alba  

Serak Jawa tersebut memiliki wajah bentuk jantung dengan warna putih dan tepi berwarna coklat. Mata menghadap ke depan dengan bulu lembut berwarna samar. Pada bagian atas berwarna kelabu terang dengan garis gelap dan bercak pucat tersebar pada bulu-bulunya.

Terdapat tanda mengkilat pada sayap dan punggung. Sedangkan bagian bawah atau perut memiliki warna putih dengan bercak hitam yang sedikit. Dengan paruh tajam menghadap ke bawah dan warna keputihan. Burung tersebut dengan kaki berwarna putih kekuningan sampai kecoklatan.

Burung tersebut baik jantan maupun betina, tidak ada perbedaan dalam ukuran dan warna. Hanya saja, betina memiliki badan lebih besar 25%. Namun untuk membedakan betina lebih memiliki bercak yang rapat.

Burung ini memiliki kemampuan terbang yang dahsyat. Dengan penglihatan tajam dan peredaman kepakan sayap.

Selain itu, burung hantu Tyto Alba tersebut memiliki susunan letak lubang telinga yang unik dan tidak simetris dengan letak kepala antara satu dengan lainnya tidak sama tinggi. Lubang tersebut dilapisi bulu-bulu pendek yang menyelimuti lingkar mukanya. Fungsinya sebagai keping pemantul suara.

Memiliki pendengaran yang peka membuatnya mengarah terhadap sumber bunyi. Pada bagian tengah telinganya berfungsi mengirim getaran dari membran timpani ke bagian telinga dalam.

Serak Jawa atau jenis Tyto Alba termasuk jenis burung yang pemeliharaannya lebih sulit dibandingkan jenis lainnya. Selain itu, burung ini termasuk jenis burung pemburu dalam hening. 

Mereka mampu terbang dan menyerang mangsanya tanpa mengeluarkan suara. Bahkan kepakan sayapnya sangat hening dan sangat efektif dalam memperoleh mangsanya.

Habitat dan Persebaran

Tyto Alba ini secara umum didapati di wilayah pepohonan dengan ketinggian 1600 m dpl. Seringnya di tepi hutan, pekarangan, perkebunan, hingga taman kota besar. Selain itu, sering bertengger di tajuk pepohonan dengan bunyi memilukan dan bersahutan.

Sewaktu-waktu burung hantu Tyto Alba dapat menyambar mangsanya di permukaan tanah. Burung ini aktif pada malam hari. Terkadang juga bisa terbang di siang hari. Burung ini biasanya berdiam diri di lubang pohon, sumur, gua atau bangunan tua dengan pohon yang berdaun lebat.

Penyebarannya hampir ke seluruh bagian dunia. Burung jenis ini dapat ditemukan di seluruh benua, kecuali antartika. Termasuk Australia dan Tasmania.

Selain itu, dapat ditemukan di Inggris Raya dan sebagian besar Eropa daratan. Begitu juga sebagian wilayah di Asia Selatan, Tenggara dan Barat. Bahkan di Amerika utara, Amerika Selatan, dan padang rumput Kepulauan Oceania.

Makanan burung hantu Tyto Alba

Serak Jawa ini memiliki kebiasaan makan yang unik. Tergantung mangsa yang ditangkapnya. Bahkan ia dapat menelan utuh mangsanya dan membagi dengan ukuran yang lebih kecil sebelum ditelannya. Daging dan sisi yang lunak mangsanya akan dicerna, sedangkan tulangnya akan dimuntahkan dalam bentuk pellet.

Burung hantu Tyto Alba memiliki metabolisme tinggi dan membutuhkan banyak makanan. Para petani menilai burung ini lebih efektif daripada pemakaian racun dalam mengatasi hama pertanian.

Burung ini memburu tikus dan hewan perusak pertanian lainnya. Sedikitnya 20 ekor tikus dapat dimangsanya setiap minggu.

Dalam periode waktu 2,5 bulan, satu keluarga Tyto Alba mampu memangsa hingga 1080 ekor tikus. Tentu saja jauh lebih banyak dibandingkan dengan spesies burung hantu yang lainnya.

Banyaknya populasi burung hantu jenis ini tentu saja menguntungkan para petani karena dapat mengurangi jumlah tikus pada area pertanian mereka.

Burung ini memiliki kemampuan untuk mengenali dari mana arah datangnya mangsa dan mengingat suara yang ia pernah dengar sebelumnya.

Burung hantu Tyto Alba menjadi salah satu satwa yang ada di puncak rantai makanan. Memiliki kelebihan peredaman kepakan sayap membuatnya selalu mendapatkan makanan dengan cepat dan tepat.

Selain itu, kepala burung ini dapat diputar hingga 270 derajat dalam empat arah sehingga memudahkannya melihat dan mendeteksi lingkungan. Kemampuannya melihat lebih besar 3-4 kali kemampuan manusia saat gelap. Jelas membuatnya membidik mangsa lebih akurat.

Kisaran harga burung hantu Tyto Alba

Burung ini cukup diminati banyak orang. Tak heran burung ini memiliki harga jual yang tinggi. Tyto alba berkisar harga 100 ribu hingga 450 ribu. Seringnya burung ini dipelihara dan dicari untuk dijadikan penjaga sawah.

Petani menggunakannya untuk menghalau tikus yang merusak tanaman padi. Sehingga permintaan akan burung ini sangat tinggi. Dengan kelebihan yang dimiliki burung hantu Tyto Alba, membuatnya menjadi burung yang istimewa. Dengan mengetahui informasi yang lebih lengkap tersebut, anda semakin kenal baik dari ciri, makanan, hingga harganya. 



Posting Komentar untuk "Burung Hantu Tyto Alba Berwajah Lucu Dengan Bulu Putih, Ciri dan harga"