Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga dan jenis Burung Hantu paling dicari Di indonesia 2020 ..!

sobatlima.com ||Jenis dan harga burung hantu peliharaan di Indonesia || A-Z Burung 》 Mendengar kata-kata burung hantu, mungkin sobat akan berfikir tentang cerita-cerita seram dan menakutkan. Memang secara fisik burung hantu Terlihat agak menyeramkan. Dan memang di Indonesia, beberapa daerah mengaitkannya sebagai pertanda pembawa maut. Dan Karena itulah burung ini disebut burung hantu. Namun di beberapa negara barat, justru burung ini disebut sebagai burung kebijaksanaan.

Burung hantu termasuk burung nocturnal yang hanya melakukan aktivitas di malam hari. Pada malam hari burung hantu berburu binatang-binatang kecil seperti tikus, katak, serangga dan lain-lain. Meskipun berburu pada malam hari dan kegelapan, namun burung ini dapat melihat mangsanya dengan baik karena dibantu dengan pendengaran juga. Salah satu keunikan dari burung hantu, adalah ia mampu terbang di kegelapan malam tanpa suara sedikitpun. Selain itu burung ini memiliki leher yang luar biasa karena bisa memutar kepala mereka hingga 180 derajat.

Meskipun menyeramkan ternyata banyak juga yang memelihara burung ini sebagai hobi. Bahkan ada yang melatih burung ini untuk mengusir hama tikus di sawah. Burung hantu yang sudah terlatih memiliki harga yang cukup tinggi. Terdapat lebih dari 222 spesies burung hantu di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri pun ada beragam jenis burung hantu. Burung unik yang di Sulawesi Utara disebut Manguni ini, akhir akhir ini mulai populer dan Banyak dipelihara oleh penghobi burung eksotis . Ada sekitar 5 jenis burung hantu yang banyak dipelihara di Indonesia. Khusus untuk artikel kali ini saya akan membahas beberapa jenis burung hantu populer di Indonesia yang sering dipelihara. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Berikut adalah 5 jenis burung hantu peliharaan di Indonesia, harga dan ciri khasnya.


1. Tyto Alba/ serak jawa

tyto alba,serak jawa
Pic source from pixabay


Burung yang dalam bahasa Inggris disebut barn owl ini memiliki tubuh yang cukup besar. Ukuran tinggi tubuhnya sekitar 35 cm. Warna bulunya cukup eksotis, di bagian atas memiliki warna kuning tua dengan bercak-bercak halus yang menarik. Ada keunikan tersendiri pada burung tyto Alba ini yaitu memiliki wajah berwarna putih dan berbentuk seperti love atau hati. Karena itulah burung ini juga disebut burung hantu putih. Burung hantu jenis inilah yang juga sering dimanfaatkan para petani untuk menjaga sawah dari serangan hama tikus. Untuk harga burung ini di pasaran biasa dijual antara rp300.000. hingga Rp400.000. Pakan untuk burung yang sangat terlatih harganya bisa lebih dari itu.

2. Celepuk reban

Celepuk reban adalah burung hantu yang paling mudah ditemukan di Indonesia karena banyak tersebar di pulau-pulau di Indonesia. Bulu tubuh celepuk reban didominasi dengan warna gelap yang bagian atas tubuhnya berwarna coklat sedikit abu-abu. Fisik burung celepuk reban juga kecil antara 18 hingga 20 sentimeter saja.Burung ini memiliki beberapa nama lain seperti beuek di Sunda, biasa juga disebut manuk kuwek. Ada banyak jenis burung celwpuk di indonesia.Celepuk merah,reban celepuk gunug dan lainya.Untuk harga di pasaran burung hantu celepuk reban biasa dijual antara Rp70.000 hingga Rp120.000

3. Bubo ketupu /buffy fish owl

Burung ini juga cukup populer untuk dipelihara di masyarakat ada beberapa nama lain yaitu diantaranya. Blok ketupu, ketupa ketupu, beluk ketupa dan dalam bahasa Inggris buffy fish owl. Ukuran burung ini adalah sedang dengan panjang untuk dewasa sekitar 40 cm-50cm. Salah satu ciri khas dari bubo ketupu bagian kepala memiliki bulu unik yang seperti telinga. Untuk harga, bubo ketupu memiliki kisaran harga antara 800 - 1 jutaan.

4.Bubo sumatranus

Bubo sumatranus


Barred eagle owl alias Bubo sumatranus menurut saya adalah burung paling cantik yang populer di Indonesia hantu. Memiliki bulu yang mayoritas berwarna putih dengan strip hitam dan keabu-abuan, burung ini sekilas mengingatkan kita pada Elang Putih. Burung ini cukup langka dan jarang ditemukan. Nama lain burung ini adalah beluk jampuk dan hingkik.Dan harganya pun lumayan mahal antara satu juta hingga satu setengah juta .

5 Strix seloputo

Strix seloputo sangat jarang ditemukan di Indonesia. Meskipun ada hanya ada pada daerah tertentu saja. Burung ini juga populer untuk dipelihara dan banyak yang menginginkannya. Adalah seorang pemula dalam memelihara burung hantu, jangan coba untuk memelihara burung ini karena sangat susah dipelihara dan mudah stres. Harga strix seloputo atau spotted wood owl berkisar antara Rp500.000 hingga Rp800.000.


Itulah 5 burung hantu peliharaan paling di cari fi Indonesia.Untuk harga hanyalah sekedar kisaran harga.Harga sebenarnya tergantung penjual karena juga tergantung dari kualitas burhan tersebut.Sumber harga adalah dari beberapa grup jual beli khusus burung hantu dari berbagai daerah.Artikel berikutnya adalah Tips memelihara burung hantu.Untuk pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah yaa...sobatlima.com

Posting Komentar untuk "Harga dan jenis Burung Hantu paling dicari Di indonesia 2020 ..!"