Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips agar kulkas hemat listrik

sobatlima.com || Tips agar kulkas hemat listrik || Tips rumahan

Kulkas baik satu pintu atau dua pintu sistem kerjanya sama. Yaitu menggunakan sensor, dan boros tidaknya pemakaian daya listrik kulkas tergantung kinerja sensor ini. Melanjutkan artikel tips penggunaan kulkas agar hemat listrik,berikut ini tips yang perlu dilakukan.
kulkas mini,kulkas 2 pintu,kulkas,kulkas sharp,kulkas 1 pintu,kulkas polytron,kulkas aqua,kulkas hemat listrik,kulkas hemat listrik 2 pintu,kulkas hemat energi 2 pintu,kulkas hemat listrik 1 pintu murah,kulkas hemat listrik dan harganya,kulkas hemat,kulkas hemat listrik dan berkualitas,

Jangan pernah mengisi kulkas terlalu penuh

Tips pemakaian kulkas agar hemat listrik selanjutnya adalah. Jangan pernah mengisi pulsa secara penuh,jadi kalau kulkas kalian memiliki kapasitas 180 liter maka isi kulkas yang bagus adalah sekitar 160 liter. Untuk mengetahui kapasitas kulkas biasanya tertera di kardus dan juga stiker yang tertempel pada kulkas. Kalau kita mengisi terlalu padat dan penuh,maka sirkulasi udara dingin didalam kulkas akan terhambat. Dan hal ini akan mengakibatkan kinerja kulkas akan lebih dipaksa kerjanya atau diporsir. Karena itulah mesin cepat panas dan overheat. Karena mesin terlalu panas maka sensor panas akan memerintahkan mesin untuk berhenti. Dan pada saat suhu mesin sudah normal maka mesin akan bekerja lagi. Lalu dimana faktor pemborosannya? Nah disinilah.. saat mesin akan hidup lagi atau start maka akan membutuhkan daya yang lebih tinggi. Pada kulkas misalnya yang bertuliskan daya 150 watt, saat mesin start kurang lebih daya yang dipakai sekitar 250 watt.

Jangan memasukkan makanan dan minuman panas ke dalam kulkas

Seringkali kita memasukkan makanan atau minuman panas agar cepat dingin kedalam kulkas. Namun sebenarnya sangat tidak baik untuk kulkas iti sendiri. Apa hubunganya dengan keborosan listrik?
Baiklah saya berikan gambaran...
Makanan atau minuman yang masih panas,jika dimasukkan kedalam kulkas akan membuat sensor dingin menjadi kacau. Suhu kulkas yang tadinya sudah dibaca dingin dan tepat oleh sensor tersebut,akan dibaca panas lagi. Hal ini seperti poin ketiga diatas yaitu kulkas akan bekerja lebih keras lagi dan membuat daya listrik yang digunakan bertambah. Selain itu makanan lain juga nantinya bisa terpengaruh oleh kacaunya sensor pendingin tersebut Jadi jika makanan yang akan dimasukkan kulkas masih panas,lebih baik sebelum dimasukkan biarkan dulu hingga mencapai suhu ruang.

Rutin membersihkan kulkas

Tips terakhir yang ingin saya bagikan adalah rajinlah membersihkan kulkas. Terutama jika kulkas yang kalian miliki baik satu pintu atau dua pintu masih menggunakan sistem frozen alias bunga bunga salju. Karena bunga salju yang menumpuk dan terus menumpuk jika dibiarkan akan membuat sistem pendingin tidak bekerja maksimal. Sensor dingin akan menganggap kulkas sudah dingin padahal baru bunga saljunya. Hal tersebut berpengaruh juga pada makanan yang disimpan.

Sekian tips menggunakan kulkas agar hemat listrik. Jika ada pertanyaan atau komentar silahkan tulis saja. 

Posting Komentar untuk "Tips agar kulkas hemat listrik"