Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

sobatlima.com || Tips pemakaian kulkas untuk menghemat listrik || Tips rumahan

sobatlima.com || Tips pemakaian kulkas untuk menghemat listrik || Tips rumahan

Kulkas memang sudah menjadi kebutuhan penting dalam sebuah rumah,terutama bulan puasa ini. Tentu akan sangat menyegarkan jika berbuka dengan minuman dingin yang selalu tersedia siang malam. Selain itu fungsi penting lain adalah menjaga keawetan bahan dapur seperti sayuran,daging dll. Apalagi di tengah pandemi covid19 ini. Kita harus seminimal mungkin keluar rumah. Dengan adanya kulkas kita bisa menyimpan bahan sayuran dan makanan lain untuk persediaan beberapa hari. Hanya saja kulkas memang menyedot daya listrik yang cukup lumayan karena menyala terus.

kulkas mini,kulkas 2 pintu,kulkas,kulkas sharp,kulkas 1 pintu,kulkas polytron,kulkas aqua,kulkas hemat listrik,kulkas hemat listrik 2 pintu,kulkas hemat energi 2 pintu,kulkas hemat listrik 1 pintu murah,kulkas hemat listrik dan harganya,kulkas hemat,kulkas hemat listrik dan berkualitas,


Memang dewasa ini banyak produsen seperti Sharp,polytron,sanyo,Samsung dll berlomba-lomba memproduksi kulkas yang hemat energi dan harganya terjangkau. Namun tetap saja akan terasa sekali penggunaan listriknya. Kita ambil contoh,rata rata kulkas satu pintu membutuhkan daya listrik 70 watt. Belum lagi yang dua pintu. Untuk harga kulkas saat ini cukup murah karena dengan harga 1,3-1,5 saja kita sudah bisa memilih kulkas satu pintu dengan merk terkenal.


Cara menghemat pemakaian listrik kulkas.



Karena kulkas adalah salah satu perangkat yang memakai listrik terus menerus tentu akan mengakibatkan pembengkakan tagihan listrik. Namun ada beberapa tips pemakaian kulkas yang bisa kita lakukan agar bisa lebih hemat.

Di dalam perangkat elektronik kulkas terdapat 2 sensor yang mengatur kinerja kulkas. Yaitu sensor panas dan sensor dingin. Sensor panas berfungsi untuk mengistirahatkan mesin jika mesin terlalu panas. Dan sensor dingin hampir sama fungsinya yaitu saat suhu dingin dalam kulkas sudah seperti yang diatur maka sensor tersebut akan memberikan perintah agar mesin berhenti. Dan sering nya hidup mati elektronik kulkas sangat berpengaruh pada pemakaian daya listrik. Karena saat akan memulai kinerja pendinginan,akan membutuhkan daya listrik yang lebih tinggi dibandingkan saat sudah menyala.


Jangan sering sering buka tutup kulkas dalam waktu lama.



Tips yang pertama adalah jangan terlalu sering atau paling tidak minimalkan buka tutup kulkas. Biasanya jika dirumah banyak sekali anak anak yang suka sekali dengan minuman atau makanan dingin. Selain itu pastikan kulkas tidak terlalu lama terbuka. Alasanya adalah,saat posisi pintu kulkas terbuka maka suhu didalam kulkas yang sudah dingin akan bercampur dengan suhu diluar kulkas. Alhasil, suhu kulkas akan menjadi tinggi lagi dan membuat kulkas bekerja lebih keras dan membuat pemakaian daya listrik lebih tinggi.


Atur suhu sesuai kebutuhan



Tips yang kedua adalah aturlah suhu kulkas secara tepat. Untuk penyetelan paling gampang dengan mengetahui terlebih dahulu isi frezer yang kita taruh. Jadi kita tinggal setel saja,kalau isi sedikit maka kita atur ke minimal,begitu juga sebaliknya. Jika isinya penuh maka kita putar setelan suhu ke maksimal. Karena kalau misal terbalik, isinya sedikit tapi di setel maksimal,bunga bunga es akan lebih cepat terbentuk. Dan apa hubungannya..?  Tentu salah satunya akan mengacaukan kerja sensor dingin di dalam kulkas
 

Posting Komentar untuk "sobatlima.com || Tips pemakaian kulkas untuk menghemat listrik || Tips rumahan"