Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surga Tersembunyi,Curug Bolang Desa Bengkal,Kranggan Temanggung

Sobatlima.com Asalamualaikum sobat dimanapun berada. Menikmati keindahan alam Indonesia seakan tiada habisnya. Meskipun banyak spot wisata yang sudah mendunia, ternyata masih banyak juga tempat tempat indah yang belum diketahui bahkan dijamah manusia.
Temanggung yang terkenal dengan sebutan Negeri Tembakau juga memiliki keindahan alam yang belum banyak diketahui orang. Dari pemandangan pegunungan Sindoro-sumbing, Tradisi sadranan seribu tenong yang pernah diliput media luar negeri hingga yang sedang viral,yaitu Pasar Papringan Ngadiprono yang instagramable. Salah satu yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini adalah curug Mbolang yang terdapat didesa Bengkal Kranggan Temanggung. Seperti yang kita ketahui temanggung juga memiliki curug yang sudah terkenal seperti curug Lawe ataupun seperti curug Onje dll. Namun tidak ada salahnya sobat mencoba wisata alam original curug Mbolang dan gua Lowo.

wisata temanggung kota,wisata temanggung hits,wisata temanggung terbaru,wisata kranggan temanggung,wisata temanggung yang lagi hits,lokasi wisata temanggung,wisata alam curug lawe temanggung,wisata alam sewu ngadirejo temanggung,wisata curug onje temanggung,curug bolang bengkal,curug mbolang,bengkal kranggan,alamat desa bengkal,temanggung


Desa Bengkal di Kecamatan Kranggan, tentu tidak asing lagi bagi warga Temanggung karena menjadi jalur utama saat hendak menuju Magelang maupun Semarang. Tapi tahukah anda jika anda menelusuri jauh kedalam Desa Bengkal Anda dapat menemukan sebuah pesona alam yang bahkan bagi masyarakat Temanggung sendiri masih belum begitu dikenal. Adalah Curug bolang, air terjun yang masih tersembunyi ini terletak tidak jauh jalan desa Bengkal. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 menit perjalanan dari jalan utama. Dalam perjalanan ke Curug Bolang ini, anda bisa menikmati panorama indah Kabupaten Temanggung. Jalan-jalan desa dan sebuah arsitektur pengairan tua peninggalan zaman penjajahan Belanda menghiasi perjalanan menuju curug bolang. Setelah menempuh perjalanan hingga ke satu titik pemberhentian bagi kendaraan roda empat, anda bisa berjalan kaki menuju Curug Mbolang melewati sistem pengairan tua tersebut. Desa Bengkal ini dilewati oleh dua anak sungai dari dua sumber yang berbeda dan dengan fungsi yang berbeda. Juga aliran dari kali Progo digunakan dalam sistem pengairan irigasi yang digunakan,hingga Kabupaten Magelang. Sedangkan aliran sungai Murung dari Kecamatan Kaloran mengalir menuju Curug Bolang tersebut. Menurut warga sekitar , debit air Curug Bolang pada saat musim kemarau pun tetap besar.

source: pemdes Bengkal


Setelah sampai di Curug anda akan mendapatkan sebuah pemandangan dan pengalaman yang luar biasa. Selain Pesona Curug sendiri, kondisi alam sekitar juga akan memanjakan mata anda.  Bagi penggemar wall climbing, di sekitar Curug juga terdapat tebing-tebing yang dapat anda panjat untuk mencapai gua Lowo. Yaitu Goa yang konon menurut warga sekitar dihuni oleh banyak kelelawar. Meskipun menyuguhkan panorama pemandangan yang sangat indah, masih banyak warga Temanggung yang belum tahu keberadaan curug Bolang ini. Terlihat dari suasana Curug Bolang yang masih apa adanya dan belum banyak terjamah tangan manusia. Dalam hal ini Pemerintah Desa setempat saat ini sedang mengupayakan pengembangan baik dari segi promosi dan juga infrastruktur. Dikarenakan masih minimnya petunjuk jalan dan fasilitas pendukung di lokasi itulah yang membuat surga tersembunyi ini masih belum banyak diketahui. Dengan mengangkat Curug Bolang,harapan Pemerintah desa  ke depan Curug ini akan dapat menjadi salah satu tujuan wisata di Temanggung dan dapat meningkatkan tingkat ekonomi warga sekitar.



Posting Komentar untuk "Surga Tersembunyi,Curug Bolang Desa Bengkal,Kranggan Temanggung"