Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Settingan dan Cara menghilangkan suara burung kutilang/tilang

Burung yang gacor dan merdu menurut kebanyakan penghobi burung akan menjadi kurang bagus jika kicau nya kemasukan suara burung kutilang. Entah apa penyebab,ataupun yang memulai. Tiba tiba burung kutilang menjadi burung perusak dan dianggap menurunkan harga burung yang kemasukan kicaunya. Padahal burung kutilang termasuk burung yang indah dan populer ( dulu ). Apalagi jika dipelihara sejak trotol. Selain mudah jinak,kutilang juga mampu menirukan berbagai suara burung seperti kacer,pentet dll.


Biasanya burung lomba seperti murai ,cendet,kacer,dll yang kemasukan suara kutilang akan ditawar murah jika dijual. Mereka menganggap suara kutilang menjadi nilai minus burung kicau. Namun ada juga suara brebretan kutilang yang bisa masuk nominasi lomba. Walhasil,banyak penghobi burung mencari cara untuk menghilangkan suara kutilang pada burung kesayanganya.

Burung kicau yang sudah terlanjur kemasukan suara kutilang perlu waktu yang tidak sebentar untuk menanganinya. Karena tentu saja sudah terekam dalam memori si burung. Nah khusus untuk sobat kicau,kali ini saya akan berbagi pengalaman pribadi tentang cara menghilangkan suara burung kutilang pada burung cucak ijo. Dan bisa diterapkan pada burung kicau lainya. Karena berdasarkan pengalaman,cara ini cukup berhasil meskipun kita juga harus bersabar.

 Jadi pada beberapa waktu lalu burung cucak ijo kesayangan saya kemasukan suara burung tilang karena di daerah tempat saya tinggal masih banyak pepohonan yang cukup tinggi. Setiap pagi dan sore,banyak burung bermacam jenis ada di depan rumah termasuk juga kutilang. Kicau kutilang di pagi dan sore secara tidak langsung memasteri burung cucak ijo saya. Selama beberapa waktu memang tidak saya sadari karena burung sering saya tinggal bekerja.Akhirnya karena mungkin hampir setiap hari mendengar suara kutilang,maka cucak ijo saya juga ikut menirukan dan saat  mendengarkan memang menyebalkan sekali.  Mau nggak mau kita harus mencoba untuk menanganinya. Beberapa cara saya coba supaya burung itu minimal tidak sering mengeluarkan suara burung kutilang  kalau bisa itu mengeluarkan suara-suara masteran yang lain dan alhamdulillah setelah beberapa waktu saya rawat ada dampak yang signifikan. Meskipun tidak total,tapi suara kutilang sudah mulai menghilang.

Memang butuh waktu yang cukup lama. Dan yang saya tulis pada artikel cara menghilangkan suara burung kutilang ini adalah cara yang paling berhasil dari berbagai macam cara yang saya coba.

Oke...langsung saja. Ada tiga cara atau kita bilang rawatan yang saya ubah kesehariannya untuk mencoba untuk menghilangkan suara kutilang. Paling nggak meminimalisir lah supaya burung itu tidak selalu mengeluarkan suara kutilang. Mungkin bisa dicoba untuk teman-teman kalau burung temen-temen juga ada yang kemasukan burung kutilang.


1.Kurangi EF

 Yang pertama adalah untuk burung cucak ijo, saya kurangi EF jangkrik. Bahkan selama beberapa waktu tidak saya kasih sama sekali. Cara ini adalah terapi lapar agar burung tidak fokus dengan kicau burung lain.

2.Full Kerodong

Cara pertama tentu kita kombinasikan dengan full kerodong. Selama beberapa waktu cucak ijo saya kerodong dan isolasi dan sama sekali tidak saya keluarkan. Jadi hanya saya taruh di ruangan yang cucak ijo tidak bisa mendengar suara tilang atau minimal tidak terdengar telalu jelas.Saya hanya membuka krodong saat akan memberi makan saja. Dan cara ini saya lakukan sekitar 1 bulan atau tidak terdengar lagi suara kutilang pada kicauanya

3.Full Masteran

Yang ketiga ini bertujuan untuk memecah konsentrasi burung agar lupa dan terisi suara burung lain. Masteran saya gunakan mp3 suara cililin,lovebird,kenari,dll. Untuk memutar mp3 bisa gunakan HP atau audiobox.

Setelah 1- 2 Minggu ternyata meskipun masih ada,namun suara kutilang sudah berkurang. Jika biasanya rutin pagi,siang hingga sore,setelah saya lakukan 3 cara diatas,setelah 2 minggu paling cuma 1-2  kali. Dan akhirnya terus saya lakukan hingga suara kutilang hilang sama sekali kurang lebih 1 bulan. Jadi mungkin sobat bisa lakukan cara menhilangkan suara burung kutilang pada burung kicau kesayangan ini. Baca juga cara paling mudah merawat cendet tangkapan liar agar cepat gacor. Hasil mungkin bisa saja bisa berbeda,namun setidaknya kita bisa berusaha. Silahkan berkomentar jika ada saran lain yang lebih baik. Terimakasih

1 komentar untuk "Settingan dan Cara menghilangkan suara burung kutilang/tilang"

Unknown 19.38 Hapus Komentar
Kalo full krodong n gk keluar sma sekali..brrti gk ada namanya di mandikan untuk ijo itu sndiri om.mohon bimbingannya.