Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara menyambungkan HP android ke Tv Led/Lcd dengan kabel dan tanpa kabel

sobatlima.com || Cara menyambungkan HP android ke Tv Led/Lcd dengan kabel dan tanpa kabel || Tips & trik
Jika sobat sedang dirumah main game, streaming youtube,atau melakukan aktivitas seperti biasanya dengan hp kesayangan,tentu akan melelahkan dengan layar HP sobat yang terlalu kecil. Karena rata rata ssmartphone populer hanya berukuran 5,5 inch. Ada sih yang besar berbentu tablet. Nah jika sobat sedang di rumah tentu akan lebih mengasyikan jika bisa bermain game atau yg lain namun dengan layar yang besar. Jangan khawatir,dengan teknologi yang terus update kita bisa menghubungkan HP android ke layar TV agar tampilan lebih besar. Yaitu dengan cara mengkoneksikan HP sobat ke TV LED / LCD. 

Caranya mudah sekali karena TV LED maupun LCD sudah dibekali dengan fitur HDMI.High definition multimedia interface (HDMI) adalah fitur koneksi transfer data multimedia (audio,visual,file dll) yang bisa dimanfaatkan sebagai proyektor hp sobat. Ada beberapa cara  untuk menyambungkan hp android sobat ke TV Lcd. Bisa dengan kabel ataupun tanpa kabel. Tapi kita  mulai dari yang termudah dulu dengan kabel. Namun ada sedikit kelemahan pada koneksi dengan kabel yaitu jika terlalu panjang maka akan mengurangi kecepatan transfer data. Karena memang pada situs resmi HDMI menetapkan batasan standar panjang kabel hanya 10 meter maksimum.

Langsung saja kita persiapkan alat kelengkapan dan caranya:

1.Alat yang diperlukan

Tidak banyak alat yang diperlukan.Namun perlu diperhatikan apakah spesifikasinya sudah sesuai..
-TV Lcd dan Hp android
-Kabel HDMI/HMI
Untuk Tv lcd bisa dipastikan ada konektor HDMI biasanya terletak disamping atau dibawah. Sedangkan kabel HDMI untuk hp terbaru, biasanya sudah dilengkapi kabel tersebut. Jika belum ada bisa membeli kabel HMI di konter. Dan pastika colokan pas untuk hp atau bisa dicoba terlebih dahulu

2.Instalasi

Sebelum memasang kabel,matikan dulu Tv.Ujung kabel HDMi untuk TV lebih lebar pasang dan dengan hati-hati. Selanjutnya pasang juga pada port HP. Nyalakan TV. Jika sudah terdeteksi maka akan muncul notif di HP, setelah itu klik connect.

3.Setting pengaturan HDMI

Jika sudah terkonek maka setting  pada TV Lcd pengaturan HDMI .Sedangkan pada hp setting tampilan landscapee agar fit dengan layar LCD.
Selesai,dan siap digunakan.

Untuk pengaturan dengan kabel HDMi memang bisa dibilang sangat mudah asalkan perangkat memadai dan kabel HDMI ada.

Menyambungkan tanpa kabel

Nah untuk bisa menggunakan fitur koneksi nirkabel ini maka Hp dan Tv sobat harus memiliki fitur miracast. Pada dasarnya fitur miracast adalah sistem koneksi nirkabel pada tv maupun hp android terbaru dan high-end. Nama fitur pun berbeda pada tiap merk, ada all shared dan samsung link untuk hp samsung,ada juga wirelles display atau tv network.

Untuk menyambungkan tanpa kabel kita tidak perlu lagi menggunakan alat tambahan kecuali tv dirumah sobat tidak support miracast. Maka diperlukan miracast tv dongle. Nah jika dipastikan kedua perangkat siap dan support untuk dikoneksikan maka bisa kita mulai pengaturanya. Untuk LG smart tv masuk ke menu home kemudian network dan on-kan miracast. sedangkan samsung smart tv pada remote tekan tombol source lalu klik scan mirroring. Nah saat proses scan dimulai, aktifkan fitur miracast pada Hp android sobat. 

Untuk mengaturnya pada umumnya masuk ke setting dan netwok,untuk samsung tersedia menu all shared dan samsung link,untuk hp lain wirreles display. Biasanya proses scan oleh tv hanya 2 menit. Jika terkoneksi dan di hp terlihat daftar tv maka kita tinggal klik conect  dan proses selesai. Demikian 2 cara mudah menyambungkan hp ke TV oleh sobatlima.com jangan ragu untuk komen dan share ya....baca juga cara menyambungkan hp android ke layar komputer atau laptop tanpa kabel

Posting Komentar untuk "Cara menyambungkan HP android ke Tv Led/Lcd dengan kabel dan tanpa kabel"