Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Temanggung Jawa Tengah

4 Tradisi Ramadhan di Temanggung dan Jadwal Puasa Jawa Tengah 2022

Menurut Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0?E/2022 tentang penetapan hasil hisab bulan Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah tahun Islam 1443 Hijriah, jadwal puasa Jawa Tengah (Temanggung) 2022 akan dimulai pada tanggal 2 April. Dengan kata lain, shalat tarawih pertama akan dilakukan pada Jumat malam tanggal 1 April 2022, dan 1 Ramadhan 1443 Hijriah atau jadwal puasa Jawa Tengah 2022 jatuh pada tanggal 2 April 2022. Sedangkan hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah akan dilaksanakan pada Senin, 2 Mei 2022. Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, tiap-tiap daerah pastinya punya tradisi masing-masing yang rutin diselenggarakan. Lalu tradisi apa yang umum dilakukan orang-orang di Temanggung dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan? Berikut ulasannya.

Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan di Temanggung

Tak terasa bulan puasa sebentar lagi akan tiba dan semua orang sudah tidak sabar untuk menyambutnya. Jadwal puasa Jawa Tengah 2022 di Temanggung memiliki tradisi yang tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Umumnya, orang-orang akan pergi untuk melakukan tradisi megeng, padusan, nyadran, dan juga punggahan. 

1. Tradisi Megeng

Tradisi megeng ditandai dengan keluarnya sebagian masyarakat ke pasar-pasar terdekat pada akhir bulan Sakban. Hal tersebut dilakukan untuk berbelanja atau memenuhi kebutuhan pokok di bulan Ramadhan yang akan segera tiba. Umumnya orang-orang juga turut serta mengajak anaknya dan membelikan mereka berbagai barang dan makanan sebagai tanda kegembiraan akan datangnya bulan suci Ramadhan. Selain membeli kebutuhan pokok dan perlengkapan untuk ibadah, tradisi megeng biasanya ditutup dengan acara makan bersama keluarga di warung makan langganan atau di tempat yang jadi favorit.

2. Gebyar Padusan

Padusan adalah tradisi mandi dan keramas dalam rangka menyucikan diri sebelum melaksanakan puasa Ramadhan keesokan harinya. Sebenarnya ritual padusan ini bisa dilakukan secara pribadi di rumah masing-masing. Namun, antusiasme warga yang tinggi membuat banyak orang yang melakukan gebyar padusan di tempat-tempat pemandian umum, objek wisata wahana air, atau water park yang ada di Temanggung.

3. Ritual Nyadran

jadwal puasa ramadhan, puasa ramadhan 2022, bulan ramadhan 2022, tradisi ramadhan, tradisi ramadhan di temanggung


Masyarakat Jawa khususnya Jawa Tengah selalu menggelar ritual Nyadran menjelang bulan Ramadhan. Nyadran merupakan tradisi membersihkan makam para leluhur sebagai bentuk penghormatan dan juga rasa syukur kepada Tuhan. Tradisi Nyadran juga sering disebut dengan istilah Ruwahan karena dilakukan pada bulan Ruwah menurut kalender Jawa.

4. Tradisi Punggahan

Jadwal puasa Jawa Tengah 2022 di Temanggung juga diisi dengan ritual unik lainnya seperti tradisi Punggahan di Pasar Legi, Parakan. Dalam ritual ini, sejumlah pedagang akan membawa nasi tumpeng sambil berjalan melewati lorong-lorong yang ada di pasar. Tradisi dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan sekaligus memohon doa supaya selalu mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam aktivitas berdagangnya.

Tags: jadwal puasa ramadhan, puasa ramadhan 2022, bulan ramadhan 2022, tradisi ramadhan, tradisi ramadhan di temanggung


Posting Komentar untuk "Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Temanggung Jawa Tengah"