Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Burung Hantu Strix Seloputo, Kenali Ciri, Jenis, Hingga Makanannya

 Burung Hantu Strix Seloputo, Kenali Ciri, Jenis, Hingga Makanannya

Burung hantu strix seloputo juga dikenal dengan kukuk seloputu dan spotted wood owl. Sama halnya dengan jenis burung hantu lainnya, kukuk seloputu juga aktif di malam hari. Hal inilah yang membuat strix seloputo jarang ditemukan.


burung hantu berkembang biak dengan cara,burung hantu strix seloputo,burung hantu strix nebulosa,burung hantu strix leptogrammica,burung hantu strix owl,harga burung hantu strix seloputo,makanan burung hantu strix seloputo,harga burung hantu strix,cara merawat burung hantu strix seloputo,burung hantu memiliki bulu yang lembut hal ini menyebabkan burung hantu putih,burung hantu hk,burung hantu celepuk,burung hantu tyto alba,burung hantu adalah,burung hantu bubo,burung hantu buffy


Mengenal Lebih Dekat Burung Hantu Strix Seloputo

Bagi anda para pecinta fauna yang ingin lebih mengenal strix seloputo, pastikan anda tak melewatkan ulasan berikut ini. 

Ciri-Ciri Strix Seloputo

Karakteristik yang dimiliki strix seloputo bisa membedakannya dengan beragam jenis burung hantu lainnya. Adapun ciri strix seloputo yaitu ukuran tubuhnya yang bisa dibilang berukuran besar. Pada umumnya, jenis burung hantu ini bisa tumbuh sampai berukuran 47 cm. 

Beralih ke bagian mukanya. Burung strix seloputo memiliki piringan muka yang terlihat kuning. Akan tetapi, warna sebenarnya yaitu merah bata pucat tanpa adanya berkas telinga.

Selanjutnya untuk karakteristik mata, burung hantu strix seloputo memiliki iris mata yang berwarna coklat tua. Mata yang tajam diimbangi dengan kaki abu-abu dan paruh berwarna kehijauan.

Masih berkaitan dengan ciri khasnya, kali ini mengintip bagian tubuh atas dan bawahnya. Pada tubuh bagian atasnya, anda bisa temukan warna coklat merah bata yang ada tanda tebal bintik putih lengkap dengan pinggiran hitam.

Sementara untuk bagian tubuh bawahnya, tersirat warna putih, merah mata, dan garis coklat tua. Warna tubuhnya tampak semakin memikat jika melihat dagunya yang berwarna keputih-putihan.

Jenis Strix Seloputo

Berbicara mengenai jenis, burung hantu strix seloputo memiliki 3 sub-spesies yang menarik untuk diketahui. Adapun ketiga jenisnya yaitu strix seloputo seloputo, strix seloputo baweana, dan strix seloputo wiepkini.

Ketiga jenis strix seloputo memiliki daya tarik dari segi suaranya. Suara yang dikeluarkannya berupa geraman yang dalam, gaung, lantas meninggi. Suara burung inilah yang menghidupkan suasana di malam hari.

Habitat dan Persebaran Strix Seloputo

Habitat strix seloputo ada di hutan dataran rendah. Pada umumnya, burung ini ditemukan di pepohonan dekat dengan kawasan perkampungan. Sementara untuk wilayah persebarannya, bisa berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.

Untuk strix seloputo seloputo, area persebarannya di Myanmar, Thailand Tengah, hingga Singapura. Sedangkan untuk wilayah di Indonesia, strix seloputo seloputo biasa terlihat di Jawa dan Jambi (Sumatera).

Kemudian burung hantu strix seloputo baweana. Sesuai dengan namanya, jenis burung hantu ini menjadi endemik Pulau Bawean. Terakhir, strix seloputo wiepkini. Burung ini bisa anda temukan di kawasan Pulau Calamian dan bahkan Palawan (Filipina).

Makanan Strix Seloputo

Perlu untuk anda ketahui bahwa strix seloputo termasuk salah satu jenis burung dengan tingkat kesulitan dalam memeliharanya tinggi. Oleh karena itu, pemeliharaan strix seloputo tak disarankan untuk anda yang masih pemula.

Dalam memelihara strix seloputo pun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu segi makanan. Burung hantu ini memiliki makanan khusus yang tak boleh dilewatkan. Makanannya seperti burung emprit, tikus putih, burung puyuh, ikan lele, dan tidbits.

Bagi anda yang sudah profesional dan merasa tertantang ingin memelihara burung ini, anda juga wajib memperhatikan cara pemberian makanannya. Anda dapat memberi makanan secara langsung dengan tangan. Namun sebelum memberikannya, anda bisa memanggil nama burung hantunya.

Lain halnya jika anda ingin memberi makan burung hantu yang ada di alam bebas, anda cukup meletakkan makanan di bawah. Burung hantu strix seloputo pasti akan menerkamnya sendiri.

Masih berkaitan dengan segi makanan strix seloputo. Pastikan anda memperhatikan takaran dan waktu pemberian makanannya. Untuk takaran, anda bisa berikan burung puyuh sekitar 10 ekor.

Supaya tahu apakah strix seloputo sudah kenyang atau belum, anda bisa pegang perutnya. Burung strix seloputo yang terlalu kenyang bisa membuatnya obesitas dan malas.

Setelah memberinya makan, jangan lupa untuk menyiapkan minumnya. Anda bisa berikan makanan pada burung strix seloputo setiap 2 kali sehari.

Bisa pagi dan malam hari, namun bisa juga sore dan malam hari. Semakin disarankan apabila pemberian makan dilakukan saat strix seloputo dijemur.

Saat mengamati burung hantu strix seloputo lebih detail, anda juga akan sering melihat kebiasaannya memuntahkan sesuatu dari paruhnya. Namun, anda tak perlu khawatir.

Sesuatu yang dimuntahkan tersebut hanyalah sisa-sisa tulang makanan. Hal ini dikarenakan sisa tulang tersebut tak dapat dicerna oleh tubuh strix seloputo.

Harga Strix Seloputo

Harga strix seloputo bermacam-macam. Harganya dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari ukuran, hasil perawatan, usia, dan lain sebagainya.

Namun pada umumnya, harga strix seloputo relatif mahal. Untuk strix seloputo anakan maupun dewasa harganya bisa sampai 2 jutaan.

Setelah anda tahu ciri, jenis, habitat, persebaran, makanan, hingga harganya, kini anda sudah bisa mengenal burung hantu strix seloputo secara lebih mendalam. Hal yang pasti, strix seloputo termasuk salah satu jenis burung yang menarik untuk dipelajari.


Posting Komentar untuk " Burung Hantu Strix Seloputo, Kenali Ciri, Jenis, Hingga Makanannya"