Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bubo sumatranus, burung hantu cantik yang banyak diminati

Ciri-Ciri, Habitat, Makanan, dan Harga Burung Hantu Bubo Ketupu 

Burung hantu bubo ketupu memiliki nama dalam bahasa Inggris yaitu Buffy Fish Owl atau Malay Fish Owl. Beragam jenis dan ciri-ciri burung hantu berbeda-beda. Semua pun memiliki habitat yang tidak sama. 

Dari banyaknya jenis burung hantu salah satunya yaitu Bubo Ketupu atau Sumatranus. Jenis burung di Indonesia atau bahkan di dunia memang cukup beragam. Salah satunya yaitu burung hantu bubo sumatranus. 

burung hantu,bubo sumatranus,bubo sumatranus putih,bubo sumatranus harga,bubo ketupu,burung hantu bubo sumatranus juve,burung hantu bubo harga,burung hantu bubo sumatranus dan harga,burung hantu bubo dan harga,makanan burung hantu bubo,jenis burung hantu bubo,usia burung hantu bubo sumatranus,harga burung hantu bubo anakan,burung hantu bubo sumatranus,burung hantu bubo putih

Burung hantu yang satu ini banyak dijumpai di wilayah Indonesia. Nama ilmiah dari jenis yang satu ini yaitu ketupa ketupu atau Buffy Fish Owl. Tidak hanya itu saja, burung hantu bubo ketupu juga dikenal dengan sebutan Malay Fish Owl

Burung hantu memiliki anggapan sebagai hewan misterius dan gaib. Sehingga ada anggapan jika burung yang satu ini pembawa sial. Banyaknya jenis burung hantu anda bisa tahu tentang habitat dan bagaimana cara hidupnya. Sebab, setiap jenis memiliki perbedaan masing-masing.

Ciri-Ciri Burung Hantu Bubo Ketupu

Indonesia kaya akan satwa yang memiliki ciri dan habitat masing-masing. Begitu juga dengan burung hantu yang bisa anda jumpai di beberapa wilayah Indonesia. Salah satu jenis burung hantu yang bisa dijumpai yaitu Bubo Ketupu atau sumatranus. 

Indonesia memiliki spesies burung yang satu ini. Jenisnya termasuk yang memiliki tubuh terbesar. Spesies yang satu ini termasuk dalam genus Bubo dari keluarga Strigidae. Bubo ketupu menjadi salah satu burung dengan ukuran besar dari berbagai jenis lainnya. 

Burung hantu memang memiliki banyak sekali perbedaan antara satu dengan yang lain, terutama pada jenis yang satu ini. Selain ukurannya yang berbeda, bentuk tubuh dan bagian kepalanya pun tidak sama. Ada beberapa ciri dari burung hantu yang satu ini. 

Burung hantu bubo ketupu atau sumatranus menjadi ukuran yang paling besar di dunia. Bahkan ukuran dewasanya mampu mencapai ukuran kurang lebih 45-50 cm. Sayap burung hantu ini sekitar 295-390 mm dengan ekor panjang berukuran 160-181 mm. 

Sedangkan untuk berat tubuh burung ini mencapai 1-2 kg. Namun, saat burung bubo ketupu ini kecil memiliki bulu berwarna putih. Ketika mulai beranjak dewasa, burung hantu ini bulunya berubah berwarna coklat kehitaman. Selain itu, ada ciri khusus dari burung terbesar ini yaitu pada bagian alisnya panjang sejak usianya masih kecil.

Alis tersebut akan semakin panjang hingga usianya dewasa. Bahkan karena ukurannya yang panjang, sering dikira jika alis tersebut telinga atau alat pendengaran. Namun, kenyataannya alis tersebut sebagai penunjuk mood atau perasaan burung itu sendiri. Tidak hanya itu saja, ada beberapa ciri-ciri yang lain. 

Burung jantan dan betina tampak sama. Padahal yang betina memiliki ukuran lebih besar dari jantan. Dan uniknya,Kepala burung ini dapat berputar 270 derajat. hal tersebut adalah untuk mempermudah jangkauan penglihatan.

Posisi telinga burung tidak sejajar. Paruh bengkok ke bawah, kuat dan tajam. Mata besar dan tajam. Bulu jambul lembut. Burung tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Memiliki suara berbeda-beda sesuai dengan kondisinya.

Habitat dan Persebaran Burung Bubo Ketupu

Burung sumatranus ini memiliki habitat di wilayah dekat sumber air. Bahkan sering juga berada di sekitar area pemukiman warga dan hutan mangrove. Burung ini banyak tersebar di wilayah selatan Burma, Bali, Semenanjung Malaysia, Semenanjung Thailand, Kepulauan Riau, Bangka, Belitung, Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. 

Makanan Burung Hantu Bubo Ketupu

Burung hantu termasuk hewan pemangsa yang cukup cerdik. Makanan burung yang satu ini sama seperti jenis lainnya. Makan hewan mamalia kecil antara lain tikus, burung kecil lainnya, dan masih banyak lagi. Di alam liar, burung terbesar di dunia ini biasa makan berbagai jenis reptil, ikan, katak, dan serangga.

Saat burung hantu mencari mangsa, maka akan bertengger pada ranting pohon menunggu mangsa datang. Bahkan sering juga dijumpai berjalan pada perairan yang dangkal untuk mencari ikan, katak, kepiting, bahkan serangga lainnya yang hidup di air.

Harga Burung Hantu Sumatranus

Dengan bentuknya yang besar dan unik, membuat harga burung sumatranus memiliki harga yang cukup mahal. Meski terkadang menjadi burung yang diburu, namun ada juga yang tidak bisa merawatnya. Karena diburu banyak orang, harganya pun sangat mahal. Bubo sumatranus ini dibandrol dengan harga berkisar Rp 1 juta hingga Rp 1,2 juta.

Burung hantu ini termahal dari jenis lainnya. Sebab jenis lainnya hanya dibandrol dengan harga Rp 125 - Rp 850 ribu saja. Meski harganya cukup mahal, namun banyak sekali orang yang ingin memilikinya. Bahkan jadi incaran beberapa kolektor burung karena bentuknya yang unik.

Beragam jenis burung memiliki ciri-ciri, habitat, makanan, dan dibandrol dengan harga yang berbeda. Hal ini juga terjadi pada burung hantu Bubo Ketupu atau Sumatranus. Burung terbesar di dunia yang unik dan menarik.

Keyword 2: 


Posting Komentar untuk "Bubo sumatranus, burung hantu cantik yang banyak diminati"