Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara paling mudah Menghemat Listrik di Rumah

 

Cara Menghemat Listrik di Rumah Secara Simple

Salah satu kebutuhan rumah tangga yang satu ini sering kali membengkak dan kita sering pusing karenanya. Yah...listrik dan juga Air/PDAM. Lalu bagaimana cara menghemat listrik di rumah?

Bisa dipastikan bahwa seiring berkembangnya teknologi juga membawa beberapa dampak. Misalnya teknologi elektronik yang menggunakan listrik.

Peralatan masa kini yang praktis dan ekonomis juga banyak menyedot listrik. Tenaga inilah yang membuat tagihan naik. Apalagi listrik non subsidi ( Baca : cara pindah tarif non subsidi ke subsidi )

Anda pasti sering mengalami hal ini bukan? Berikut ini merupakan tips dan trik menghemat listrik untuk menghindari anggaran boros bulanan rumahan anda.


Inilah Cara Menghemat Listrik di Rumah

cara menghemat listrik,cara menghemat listrik elektrik,cara menghemat listrik dan air,cara menghemat listrik di rumah,hak menghemat listrik,hak menghemat energi listrik,hak dan kewajiban menghemat listrik,hak dalam menghemat listrik,hak menghemat energi,artikel menghemat listrik,3 cara menghemat listrik ketika menggunakan mesin cuci,cara menghemat listrik,cara menghemat listrik di rumah,cara menghemat listrik 900 watt,cara menghemat listrik token,cara menghemat listrik ac,cara menghemat listrik brainly,cara menghemat listrik di sekolah,cara menghemat listrik token 900 watt,cara menghemat listrik pada pemakaian pompa air,cara menghemat listrik yang benar adalah,cara menghemat listrik pada pemakaian lampu di rumah adalah


Penggunaan energi listrik yang ada di rumah sering kali tidak terkontrol. Hal ini juga sering kita abaikan awalnya.

Semua belum terasa ketika tagihan belum jatuh tempo. Tapi sebelum tagihan yang membengkak sebaiknya segera perbaiki cara penggunaan secara bijak.

Beralih Listrik Prabayar

Cara yang satu ini dapat anda coba sebagai solusi listrik anda. Dengan beralih ke listrik prabayar, anda tidak perlu khawatir terhadap pemakaian yang boros dan tidak terkontrol.

Pasalnya, secara otomatis kita akan membatasi penggunaan sesuai dengan kapasitas. Pembelian token prabayar juga mudah untuk kita dapatkan menjadikan pelanggan beralih ke sistem ini.

Cabut Steker

Cara menghemat listrik di rumah yang satu ini sangat sering diabaikan. Pasalnya, semua terasa biasa saja dan membiarkannya tercolok bahkan hingga 24 jam non stop.

Tahukah anda ketika steker tercolok, maka arus akan tetap terkonsumsi? Ketika steker tertancap, namun tidak digunakan sekalipun tetap mengkonsumsi listrik.

Hal inilah yang membuat boros listrik anda, apalagi tidak mencabut steker juga berbahaya. Bisa mengakibatkan korsleting dan berakhir terbakar.

Lampu LED

Cara menghemat listrik di rumah, gunakan lampu LED. Lampu masa kini yang satu ini memberikan banyak keunggulan bagi penggunanya.

Meskipun harganya relatif mahal dari lampu biasa, namun kelebihannya sangat banyak. Misalnya, lebih tahan lama, lebih terang, tidak mudah panas, dan tidak boros energi.

Penggunaan lampu LED dapat anda jadikan jalan keluar penghematan listrik anda. Apakah anda masih memakai lampu biasanya?

AC Hemat Listrik

Misalnya anda salah satu pengguna perabot pendingin ruangan yang satu ini. Maka sebaiknya segera anda ganti ke yang lebih hemat.

Perkembangan yang membuat beragam inovasi apalagi AC, beragam variasi yang dapat anda pilih untuk menghemat listrik anda.

Pakai AC yang mengonsumsi rendah listrik agar tagihan listrik tidak membengkak. Namun tetap nyaman berada dalam ruangan anda.

Mematikan Alat Elektronik

Cara menghemat listrik di rumah yang satu ini sangat direkomendasikan. Apalagi saat malam hari setelah semua aktivitas telah selesai.

Sebelum beristirahat tidur, alangkah lebih baik jika semua aktivitas listrik juga ikut rehat. Matikan semua peralatan elektronik anda.

Baik televisi, lampu, PC, rice cooker, kipas, dan alat lain yang sudah tidak terpakai. Hal ini juga menghindari risiko terjadinya kebakaran arus pada listrik. Tidak hanya makhluk hidup, alat juga membutuhkan istirahat dalam penggunaannya.

Memanfaatkan Ventilasi Ruangan

Cara menghemat listrik di rumah yang satu ini ramah lingkungan. Dengan mengurangi penggunaan AC ataupun kipas angin.

Dalam rumah atau ruangan pasti terdapat sebuah ventilasi udara. Namun terkadang justru malah sengaja tertutup.

Penggunaan AC yang mengharuskan ruangan tertutup. Namun sebaiknya anda coba membuat ventilasi terbuka, jadi anda bisa mengurangi pemakaian alat pendingin anda.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap pembengkakan tagihan listrik anda. Lalu juga mendapat udara segar dari lingkungan sekitar.

Tips Rice Cooker

Cara menghemat listrik di rumah dapat anda coba ketika menggunakan rice cooker. Memasak dengan menggunakan alat elektronik yang satu ini cukup menguras listrik.

Maka untuk mempercepat penggunaannya, sebaiknya anda memasaknya menggunakan air panas. Jadi, saat memasukkan beras yang sudah dicuci ke dalamnya, sebaiknya air yang anda pakai memiliki suhu panas. Hal ini akan mempercepat proses memasak. Maka akan lebih hemat listrik tentu saja.

Sumber Alternatif

Cara menghemat listrik di rumah yang dapat anda coba ini lebih kembali ke alam. Hal ini akan mengurangi penggunaan listrik rumah anda.

Misalnya alat pengering pada mesin cuci, gunakan sewajarnya. Apabila cuaca sedang terik, maka sebaiknya anda tetap menggunakan pengering matahari secara langsung.

Penggunaan ventilasi, seperti yang tadi sudah dibahas hal ini dapat mengurangi penggunaan AC. Sumber alternatif lain yang dapat anda coba yaitu panel surya.

Mencoba Panel Surya

Cara menghemat listrik dengan penggunaan panel surya. Tahukah anda salah satu sumber alternatif yang satu sedang berkembang.

Penggunaan panel surya sendiri tidak memerlukan bahan bakar, sehingga dalam prosesnya tidak menghasilkan emisi gas yang dapat menimbulkan sampah ataupun polusi lingkungan.

Kapasitas dalamnya dapat diatur menyesuaikan penggunaan listrik masing-masing. Anda yang tertarik mencoba tidak perlu khawatir untuk kekurangan listrik. Tetap bisa ikut menjaga lingkungan dengan menerapkan cara menghemat listrik di rumah ini.

Cara menghemat listrik di rumah

Posting Komentar untuk "Cara paling mudah Menghemat Listrik di Rumah "