Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menghemat Air di Rumah dengan bijak Agar Tagihan Tidak Membengkak

 Cara Menghemat Air di Rumah Agar Tagihan Tidak Membengkak


Air adalah salah satu kebutuhan dalam rumah tangga. Ada banyak kegiatan rumah tangga yang memanfaatkan air. Mulai dari minum, mencuci pakaian, mandi, dan masih banyak lagi. Mengingat kegunaan air sangat penting, maka pemakaiannya harus dilakukan secara bijak. Terutama untuk teman teman semua yang menggunakan PDAM atau membayar tagihan bulanan untuk air. Dalam hal ini, cara menghemat air di rumah perlu dipahami dengan baik agar kita bisa menghemat air di rumah. Simak tips berikut ini...

cara menghemat air di rumah,kran aerator cabang,cara membuat cabang aerator,cara mencabang selang aerator,fungsi aerator 2 lubang,aerator untuk banyak aquarium,cara memasang aerator yang benar,filter aquarium paralel,cara mengecilkan tekanan aerator,cara menghemat air pelajaran sd kelas 1,cara menghemat air brainly,cara menghemat air dengan bijak,contoh perilaku menghemat air bersih,manfaat menghemat air,menggunakan air bersih dengan bijaksana adalah upaya untuk


Inilah Cara Menghemat Air di Rumah yang Efektif




Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat air dirumah agar tagihan tidak besar. Adapun beberapa diantaranya yaitu:




Pemanfaatan Keran Aerator




Salah satu cara agar hemat air yaitu memanfaatkan keran aerator. Apa itu keran aerator? Perlu untuk anda tahu, keran aerator adalah alat yang menghasilkan gelembung udara. Jika dilihat sekilas, fungsi alat ini mirip dengan penghasil oksigen yang biasa ditemui pada akuarium.




Dengan memanfaatkan keran aerator, maka anda bisa membatasi jumlah air yang mengalir dari keran. Oleh karena itu, anda tak akan boros air. Lebih hemat air lagi apabila anda selalu mematikan keran saat sudah tak digunakan.




Tidak Mengabaikan Pipa yang Bocor




Pipa yang bocor tak bisa dianggap sepele. Mungkin pipa hanya bocor sedikit, namun jika tak segera diatasi akan semakin bertambah parah. Maka dari itu, jangan menunda untuk memperbaiki pipa yang bocor.




Dalam mengantisipasi atau upaya pencegahan pipa yang bocor, alangkah lebih baik jika anda mengecek saluran air secara rutin. Cermati dengan detail sampai ke celah-celah terkecil pun. Jangan sampai anda merugi karena keteledoran diri anda sendiri.




Mencuci Dalam Jumlah Banyak



Cara menghemat air di rumah yang tak kalah penting untuk anda perhatikan lainnya yaitu mencuci dalam jumlah yang banyak. Misalnya mencuci pakaian. Anda jangan mencuci pakaian setiap hari. Terlebih bagi anda yang menggunakan mesin cuci.




Penggunaan mesin cuci setiap hari tentu saja boros air. Akan lebih baik apabila anda mencuci pakaian saat sudah menumpuk sehingga limbah airnya bisa berkurang. Hal ini juga bisa anda terapkan dalam aktivitas mencuci peralatan makan.




Mengurangi Aktivitas Menyiram Tanaman




Penyiraman merupakan salah satu hal yang diperhatikan dalam merawat tanaman. Tanpa menyiraminya, tentu saja tanaman akan layu dan bahkan bisa mati. Namun bukan berarti tanaman harus disiram dengan banyak air dalam kurun waktu berdekatan. Hal ini tentu saja tak baik bagi pertumbuhan tanaman.




Sebagai upaya merawat tanaman dengan baik, anda bisa menyiraminya saat pagi saja. Kemudian dalam cara menghemat air di rumah tanpa mengabaikan perawatan tanaman, anda bisa menyiraminya dengan semprotan selang yang dapat dimatikan.




Penggunaan semprotan selang yang bisa dengan mudah dimatikan memungkinkan air tak akan terus-menerus keluar. Aktivitas penyiraman juga perlu anda kurangi. Seperti dua hari sekali dengan senantiasa memantau kondisi tanaman. Lalu saat hujan turun, anda tak perlu menyiram tanaman.




Mengatur Jadwal Mencuci Kendaraan




Jika biasanya anda mencuci kendaraan setiap hari, maka anda harus tinggalkan kebiasaan tersebut. Agar pemakaian air tak terlalu boros, anda bisa jadwalkan waktu mencuci kendaraan. Misalnya seminggu sekali atau saat kendaraan benar-benar kotor saja.




Ketika mencuci kendaraan pun, anda jangan menghambur-hamburkan air. Sebaiknya anda gunakan mesin penyemprot bertekanan. Bagi sebagian orang, penggunaan mesin penyemprot bertekanan terkesan boros air.




Namun anda perlu tahu bahwa tekanan dari mesin penyemprot ini memungkinkan air yang keluar mengenai kendaraan bisa lebih besar. Dengan demikian, kendaraan akan lebih mudah dan cepat bersih. Cara menghemat air di rumah dengan penggunaan mesin penyemprot bertekanan lebih disarankan daripada selang biasa.




Mandi Dengan Shower




Anda juga bisa hemat pemakaian air saat mandi. Bagaimana caranya? Cukup dengan memanfaatkan shower. Penggunaan shower bisa memudahkan dalam membersihkan badan secara menyeluruh. Selain itu, shower juga bisa mengendalikan jumlah air yang terpakai saat mandi. Berbeda dengan bak mandi yang membiarkan air menggenang meski tak digunakan.




Memanfaatkan Limbah Air




Seringkali limbah air dibuang begitu saja. Padahal limbah air masih bisa dimanfaatkan kembali. Misalnya saja air bekas mencuci buah dan sayur anda gunakan untuk menyiram tanaman. Tentu hemat air bukan? Oleh karena itu, terapkan cara menghemat air di rumah yang satu ini.




Menampung Air Hujan




Musim hujan bisa anda manfaatkan untuk menghemat air di rumah. Caranya, anda buat tampungan air hujan. Air hujan ini bisa anda gunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti mengepel hingga menyiram tanaman.




Pemanfaatan Filter Air




Cara lainnya untuk menghemat pemakaian air yaitu menggunakan filter air. Dengan filter air, maka anda tak perlu membeli air galon. Anda bisa manfaatkan air keran untuk menjadi air minum yang layak konsumsi berkat penggunaan alat filter air.




Mengenai biaya, harga filter air memang tidak murah. Hanya saja, jika melihat kedepan, pemanfaatannya jauh lebih menguntungkan karena awet untuk jangka waktu lama.




Cara menghemat air di rumah bisa anda terapkan mulai dari sekarang dan buktikan sendiri keuntungannya.

Posting Komentar untuk " Cara Menghemat Air di Rumah dengan bijak Agar Tagihan Tidak Membengkak"