Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menanam Sayuran di Rumah dengan Lahan Terbatas

 Menanam Sayuran di Rumah dengan Lahan Sempit/Terbatas


Apakah anda suka bercocok tanam? Menanam sayuran di rumah namun sisan lahan yang tersedia tidak cukup luas?

menanam sayuran di polybag,menanam sayuran di rumah,menanam sayuran dalam botol bekas,menanam sayuran dengan media air,menanam sayuran di pot,menanam sayuran hidroponik,menanam sayuran di lahan sempit,menanam sayur adalah contoh bentuk interaksi manusia dengan,budidaya sayuran adalah,menanam sayuran di atas kolam ikan,cara menanam sayuran agar tumbuh subur,cara menanam sayuran agar cepat panen,cara menanam sayuran aquaponik,cara menanam sayuran agar subur,menanam sayuran bekas,menanam sayur bayam,menanam sayur bayam di polybag,menanam sayur brokoli,budidaya sayuran bayam,menanam sayuran dengan cara hidroponik,menanam sayuran di paralon,menanam sayuran di gelas plastik,menanam sayuran yang gampang


Tenang saja, pada zaman ini semua sudah lebih mudah untuk kita pelajari bersama. Dengan lahan yang tidak luas, namun tetap dapat meneruskan hobi dan memanfaatkannya.


Berikut ini tips bercocok tanaman yang dapat anda coba sebagai pemula.


Menanam Sayuran di Rumah Secara Mudah


Sebelumnya kita sebaiknya menentukan media yang akan digunakan untuk menanamnya. Sisa lahan yang tersedia seperti apa.


Polybag


Menanam sayuran rumah yang paling mudah adalah menggunakan media yang satu ini. Dengan membeli secara mudah cara menanamnya juga mudah.


Cukup dengan mengisi polybag dengan tanah yang sudah tercampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Setelah itu tanam bibit sayuran yang anda punya.


Anda dapat menarunya pada pinggiran rumah agar terkena sinar matahari. Tidak akan memakan tempat yang luas namun tetap produktif sayuran secara sehat.


Media yang satu ini juga mudah untuk dipindah-pindah tempat. Juga dapat menyesuaikan tempat, baik mau ditata secara vertikal ataupun secara horizontal.


Hidroponik


Menanam sayuran rumah yang satu ini sedang menjadi tren masa kini. Penanaman yang mudah dengan media tanam yang dapat menempel pada suatu bangunan juga menjadi pilihan warga kota.


Dengan pipa yang dapat anda tempelkan pada dinding kosong rumah. Lalu, juga dapat pada pagar rumah anda, hal ini dapat membuat tanaman tetap berkembang dengan sehat terkena sinar matahari.


Cara penanaman hidroponik cukup mudah untuk anda coba sendiri. Berbagai jenis sayuran juga dapat anda tanam secara mandiri.


Membuat Kantong


Menanam sayuran di rumah yang satu ini dapat anda jadikan pilihan. Apalagi jika yang tersisa hanya bagian tembok yang kosong.


Dengan memindahkan benih tanaman yang ada dalam pot lalu masukkan ke kantong yang anda tempelkan pada tembok. Maka akan membuat tanaman berjejer dengan aman dan terkena cahaya dengan baik


Bahan Bekas


Menanam sayuran di rumah yang satu ini dapat anda coba. Dengan memanfaatkan berbagai barang bekas yang tidak terpakai.


Misalnya, bekas toples lama, bungkus sabun cuci, botol bekas, bungkus minyak dan sebagainya. Berbagai alternatif yang dapat anda coba ini akan mengurangi sampah dapur.


Hal ini juga akan ramah lingkungan. Selain mendapat sayur untuk konsumsi anda juga berkontribusi mengurangi sampah plastik.


Gabung dengan Kolam


Apakah rumah anda memiliki kolam ikan? Jika iya, maka anda dapat memanfaatkannya untuk tanaman.


Pertama, memanfaatkan air kurasan kolam ikan. Jika anda melakukan pembersihan air kolam, akan baik jika memanfaatkan air bekasnya untuk menyiram tanaman.


Menanam dalam air, beberapa tanaman yang dapat tumbuh dalam air dapat anda coba. Misalkan kangkung, sayuran yang satu ini akan tumbuh subur dalam air.


Cukup dengan memasukkan batang bekas masakan anda. Namun, usahakan batang masih memiliki akar agar dapat tumbuh dengan subur.


Memanfaatkan Rooftop


Menanam sayuran di rumah juga akan sangat mudah jika anda memanfaatkan rooftop anda. Jika anda biasanya memanfaatkannya untuk menjemur pakaian kini anda dapat membaginya dengan bercocok tanam.


Hal ini tidak akan saling mengganggu, jadi tenang saja. Anda dapat bercocok tanam di bawah jemuran anda, dengan media yang mudah dipindah atau juga dengan media yang tidak terlalu rapat dalam penataannya.


Sehingga anda tetap bisa beraktivitas, melewati sekelili tanaman tersebut. Bertanam di rooftop juga akan membuat tanaman tercukupi cahaya matahari untuk proses fotosintesis.


Namun jika terlalu panas anda dapat menyiasatinya, dengan cara menutupi dengan jaring-jaring tipis yang sering untuk bercocok tanam. Hal ini dapat membantu menghalau sinar matahari yang berlebih.


Pilih Sayuran


Setelah memilih media anda juga menentukan sayuran. Sebaiknya tanam sayuran yang sering anda konsumsi dan mudah dalam perawatannya.



Posting Komentar untuk "Menanam Sayuran di Rumah dengan Lahan Terbatas"