Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Burung Cendet gacor dan sehat tiba-tiba mati ? Ini penyebab dan cara mencegahnya.. || Cendeters Indonesia

 Cendet gacor dan sehat tiba-tiba mati ? Ini penyebab dan cara mencegahnya..|| Sobatkicau

 Cendet memang salah satu burung yang banyak di gemari kicau mania di Indonesia. Tidak heran jika harga cendet lumayan mahal dan tidak kalah dengan burung fighter lain seperti kacer,Cucak ijo dan lainnya.Namun merawat burung cendet bisa dibilang gampang-gampang susah.Apalagi jika sudah kena penyakit,jika salah penanganan akibatnya bisa fatal. Tapi jangan khawatir,setiap penyakit ada obatnya. Tinggal kita harus ekstra hati hati menangani burung cendet yang sakit. Kita akan kupas satu-satu penyakit Cendet,namun khusus pada artikel ini akan saya bahas tentang burung cendet yang tiba tiba mati mendadak.


cendet gacorc,cendet nyekukruk, penyakit cendet,cara mengobati cendet sakit,


 Mungkin sobatku semua pernah mengalami, burung cendet kesayangan yang sehat dan gacor tiba tiba mati tanpa sebab? tanpa gejala sakit seperti nyekukruk dll? Tidak perlu kaget karena hal ini memang sering terjadi. Bahkan saya dulu pernah beberapa kali mengalaminya.

 Banyak yang mengalami hal ini yaitu cendet ini tiba-tiba mati mendadak seperti kalau zaman dahulu di 2006 itu seperti terkena flu burung. Tidak ada angin,tidak ada hujan,burung tiba-tiba sakit dan langsung mati. Sering kita temui yaitu Burung Cendet sehat tidak tidak kenapa-napa, awalnya gacor ,makan pun lahap, di kasih extra fooding pun juga dia makan tapi tiba-tiba sore harinya tiba-tiba mati.

Hal ini biasanya terjadi pada musim-musim tertentu. Misalnya mau masuk musim hujan, atau sebaliknya. Di musim pancaroba atau pergantian cuaca ini, sering terjadi burung bisa mati mendadak tanpa gejala sama sekali. Dan hal tersebut memang berkaitan langsung dengan daya tahan tubuh burung cendet itu sendiri. Jadi memang jika daya tahan tubuh burung kita ini tidak tidak kuat dan burung kita tidak dalam kondisi yang Fit ini, banyak terjadi burung bisa mati mendadak. Bahkan jika burung cendet masih punya daya tahan tubuh sekalipun, masih bisa kena penyakit lain seperti Tetelo. Untuk itu kita perlu jeli saat menghadapi perubahan cuaca dan perlu lebih memperhatikan kondisi cendet kita pada saat tersebut. Dan berikut ini beberapa tips agar burung cendet tidak mati mendadak saat cuaca ekstrim.

 PERAWATAN CENDET SAAT MENGHADAPI PERGANTIAN CUACA

Pergantian cuaca  biasanya terjadi di antara bulan 3 sampai bulan 5 untuk untuk awal bulan, dan untuk awal tahun ini biasanya bulan 3 sampai bulan 5 dan juga di akhir tahun ini biasanya seperti saat ini antara bulan 10 sampai bulan 12 dan itupun belum pasti karena beberapa tahun ini, cuaca tidak menentu kadang hujan kadang panas, atau hujan dan panas.

 Cuaca yang mudah berubah-ubah ini membuat kondisi burung kita ini tidak fit. Dan berikut ini tips dan cara merawat burung cendet saat kondisi cuaca tidak menentu:,

1. PENJEMURAN

Saya menyarankan kepada teman-teman Jika dengan kondisi cuaca yang seperti ini temen-temen jangan menjemur burung ini terlalu lama. Ada baiknya jika menjemur tidak terlalu siang dan durainya setengah jam sampai 1 jam. Dalam waktu tersebut saya kira sudah cukup. Seperti yang kita tahu,dalam kondisi cuaca pancaroba, saat cuaca panas maka akan tersa sangat panas. Dan sebaliknya jika cuaca dingin, maka akan sangat dingin. Apalagi jika turun hujan jangan sampai terlalu lama apalagi sampai kehujanan.

2.PEMBERIAN MULTIVITAMIN

Ketahanan tubuh sangat penting pada masa perubahan cuaca karena rentan penyakit. Kita harus mengantisipasi agar kondisi cendet kita tetap vit. Salah satunya dengan memberikan multivitamin di minumnya di air minumnya ini bisa dilakukan setiap hari. Atau paling tidak 2 hari sekali, 3 hari sekali yang penting kita harus sedia vitamin untuk burung. Saya tidak akan merekomendasikan vitamin apa,tetapi intinya vitamin untuk burung supaya burungnya Fit. 

 3.KEBERSIHAN 

Poin ketiga atau yang terakhir adalah kebersihan, salah satunya adalah kebersihan sangkar dan juga tempat pakan dan minum. Air minum pun saya sarankan air mineral yang sudah dimasak terlebih dahulu. Jadi bukan air keran langsung ya. Kemudian pemberian air minum harus diganti setiap hari. jangan sampai nunggu habis baru diganti. 

Baiklah teman teman kicau mania,demikian penyebab dan juga tips mengatasi cendet mati mendadak .Semoga bermanfaat untuk temen semua. salam kicau mania

Posting Komentar untuk "Burung Cendet gacor dan sehat tiba-tiba mati ? Ini penyebab dan cara mencegahnya.. || Cendeters Indonesia"