Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Primbon mancing...Hari baik memancing menurut budaya jawa

Sobatlima.com|| Primbon mancing,,Hari baik memancing menurut budaya jawa || waton mancing

Halo sobatku semua,semoga selalu sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini akan saya sharing tentang salah satu kebudayaan jawa kuno yang mungkin untuk orang jawa tidak asing lagi. Sejak dulu kala,orang jawa selalu memperhitungkan baik buruk dalam beraktifitas biasanya berhubungan dengan neptu ( hari kelahiran ). Atau yang biasa disebut primbon. Primbon ini biasa digunakan dalam menentukan hari baik, misalnya pernikahan bahkan hingga potong bambu pun ada perhitungan harinya. Semuanya bertujuan agar mendapatkan kebaikan dan keberuntungan. Jika beberap waktu lalu sudah saya bahas tentang doa mancing ikan menurut islam,maka pada edisi kali ini akan saya jelaskan tentang primbon mancing atau hari baik untuk memancing menurut kebudayaan jawa. Dan sebelumnya niat saya hanya untuk hiburan saja dan ikut melestarikan kebudayaan nenek moyang saya. Bukan berarti kita harus percaya sepenuh hati dengan hal-hal seperti ini.

primbon mancing,primbon mancing lele,primbon mancing april 2020,hari baik memancing,hari baik memancing menurut tanggal lahir,hari yang baik untuk memancing,hari baik memancing di sungai,hari baik memancing ikan,hari yang baik untuk memancing di laut,hari baik memancing menurut primbon jawa


Primbon mancing yang saya bahas pada artikel kali ini berkaitan dengan hari baik untuk memancing berdasarkan hari kelahiran atau neptu dan juga arah yang tepat saat memancing ikan.

Primbon dan hari baik memancing agar dapat banyak ikan.

Untuk menentukan hari baik mancing ikan lele ataupun ikan lain berdasarkan primbon jawa,maka kita harus mengetahui neptu atau angka kelahiran terlebih dahulu. Cara mengetahui neptu adalah dengan menjumlahkan hari lahir dan juga hari pasaran jawa saat lahir. Berikut tabel neptu kelahiran..

Hari Neptu Pasaran Neptu
Senin 4 Pon 7
Selasa 3 Wage 4
Rabu 7 Kliwon 8
Senin 4 Pon 7
Selasa 3 Wage 4
Rabu 7 Kliwon 8
Kamis 8 Legi 5
Jumat 6 Pahing 9
Sabtu 9
Minggu 5

Jadi misalkan sobat lahir pda hari minggu wage berarti neptu-nya 5 + 4 = 9. Dan angka ini digunakan dalam perhitungan apapun yang berhubungan dengan Primbon. Sedangkan untuk menghitung hari baik memancing juga menggunakan tabel ini. Misalkan sobat memancing hari ini tinggal melihat tanggal dan pasaran jawa. Jika hari ini kamis kliwon maka angkanya adalah 16.

Rumus penghitungan Primbon mancing

Kita ambil contoh,misalkan sobat lahir pada minggu wage ( 9 ) dan akan memancing pada hari  senin pon ( 11 ). Maka tinggal jumlahkan saja angka tersebut kemudian dibagi 5. Lalu angka hasil dari pembagian tersebut kita cocokkan dengan primbon berikut ini. Hasil dari 9 + 11 = 20 kemudian 20 dibagi 5 = 4. Hasil dari pembagian tersebut adalah Temil ( lihat tabel dibawah ) yang artinya sulit dapat ikan.
Angka istilah Artinya
1 Mentek Artinya adalah hari paling tepat untuk memancing. Ikan yang didapat besar-besar dan jumlahnya banyak
2 Rijek Artinya bisa mendapatkan ikan dalam jumlah yang banyak,tetapi biasanya ukuran ikan kecil-kecil
3 Joka Joka berarti ikan yang akan kita dapat tidak terlalu banyak. Tapi kalau hanya untuk lauk sehari cukup
4 Temil Temil artiny hari yang kurang bagus untuk mancing ikan. Biasanya sulit, umpan tidak mau disambar dll. Paling jika dipaksakan memancing cuma dapat beberapa ekor.
0 Nol Nah kalau ketemu angka ini tidak perlu berangkat mancing. Bisa jadi malah kesialan yang kita dapat


Baik sobatku,sangat mudah bukan cara menghitung primbon mancing ikan. Boleh percaya atau tidak kembali pada pribadi masing-masing. 

Kebudayaan jawa sudah sangat kuno dan tergerus zaman. Sejak dulu orang jawa menggunakan hitung-hitungan primbon ini agar tidak menemui kesialan. Dan meskipun kita tidak perlu mepercayai ramalan,primbon dsb.Ada baiknya kita ikut melestarikan kebudayaan nenek moyang kita dna juga sebagai hiburan saja.

Posting Komentar untuk "Primbon mancing...Hari baik memancing menurut budaya jawa"