Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri khas Opior jawa jantan dan perawatannya agar cepat gacor

sobatlima.com || Ciri khas Opior jawa jantan dan cara perawatan agar cepat gacor || Sobat Kicau
Opior jawa masih satu famili dengan burung pleci. Kalau opior jawa dari keluarga lophozosterops alias keluarga opior. Sedangkan pleci dari zosterops. Karena itu sangat wajar jika banyak juga yang menyebutnya burung pleci kapur ataupun pleci pupur. Fisiknya memang sekilas bisa dibilang mirip.

Beberapa nama lain Burung opior jawa ini adalah Cucak gentong,cucak jempol,menyok, cipo gunung bahkan ada juga yang menyebut burung piyer. Dan memang banyak jenis burung yang memiliki nama-nama lain di tiap daerah.

Suara burung opior jawa yang juga disebut Robin jawa ini cukup ngeplong. Ropelnya sangat mirip dengan burung robin yang sudah lebih dulu populer. Sangat bagus dijadikan masteran atau tambah koleksi dirumah. Burung fighter seperti murai,kacer dll jika dimasteri dengan opior jawa akan menambah materi dan variasi kicauan.

Ciri fisik Burung opior jawa.

Secara fisik burung opior jawa mirip dengan pleci.  Warna bulu adalah abu-abu,hijau dan sedikit wana kuning dibagian perut. Ukuran tubuhnya pun tidak terlalu besar,hanya sekitar 13 cm untuk burung opior jawa dewasa.

opior jawa,opior jawa jantan,opior jawa gacor,opior jawa betina,opior jawa biar cepat gacor,opior jawa mp3,opior jawa ngriwik


Selain itu burung opior jawa juga termasuk monomorfik. Dalam artian sulit membedakan opior jawa jantan dengan betina. Untuk membedakan opior jawa jantan dan betina biasanya melalui suara burung tersebut. Burung opior jawa betina biasanya hanya berbunyi piya piya jika ada sang pejantan. Dan sebaliknya pejantan akan mengeluarkan bunyi ngeroll. Cara paling tepat adalah meraba ven karena sangat terlihat sekali.

Makanan burung opior jawa

Di alam liar burung opior jawa ini memakan buah buahan manis,nektar dan juga serangga-serangga kecil seperti ulat,laba-laba dan juga jangkrik berukuran kecil. Jadi sobat bisa memberinya buah seperti pisang kepok,potongan pepaya atau melon. Sedangkan EF nya bisa dengan ulat hongkong dengan jumlah secukupnya. Bisa juga ditambah dengan madu.

Perawatan burung opior jawa agar gacor

Jika sobat berminat dengan burung opior jawa,saya sarankan kalau bisa memelihara satu pasang. Agar nantinya rajin bunyi. Atau paling tidak yang jantan saja. Untuk harga juga cukup murah,biasanya burung opior jawa yang sudah bunyi dan voertot berkisar 100 ribuan saja.

Perawatan burung opior jawa tidaklah terlalu sulit. Sama seperti rawatan harian lain. Mandi jemur saja. Paling baik pemandian dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore. Sedangkan untuk menjemur burung ini jangan terlalu lama. Maksimal 1 jam saja, lakukan sekitar pukul 7 pagi hingga jam delapan.

Demikian cara merawat burung opior jawa agar rajin bunyi. Jika dirawat dengan baik,maka suara burung ini cukup merdu untuk koleksi burung kicauan. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Ciri khas Opior jawa jantan dan perawatannya agar cepat gacor"