Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Burung kicau cerdas di Indonesia

sobatlima.com || 5 Burung kicau cerdas bermacam Materi || A-Z Burung

Tidak dipungkiri lagi bahwa Indonesia adalah salah satu negara pecinta burung kicau. Memang sejak jaman nenek moyang kita sudah banyak yang memelihara Burung kicau untuk dijadikan hobi dan peliharaan. Sebagai negara kepulauan,indonesia termasuk salah satu negara dengan wilayah hutan yang sangat luas. Menurut wikipedia, negara kita berada di peringkat ke 9 dengan wilayah hutan mencapai 884.960 km². Keanekaragaman flora dan fauna sangat melimpah. Termasuk burung kicau yang banyak jenisnya.

burung kicau yang paling cerdas,burung kicau cantik,burung kicau kelas atas,burung cerdas,burung pintar


Burung kicau yang kebanyakan dipelihara biasanya berdasarkan keindahan suara, materi hingga volume burung tersebut. Ada beberapa jenis burung populer yang bisa kita sebut cerdas. Artinya sangat pintar menirukan suara burung lain dan mudah dimasteri. Dan berikut ini daftar 5 burung kicau cerdas yang paling digemari.

1. Burung jalak


Jika sekilas dipandang,memang burung jalak tidak begitu cantik. Variasi warna bulu juga tidak banyak. Burung ini termasuk dalam keluarga sturnidae. Meskipun dari segi fisik kurang menarik, namun dari segi suara burung ini punya kicau yang cukup bagus dan banyak variasinya. Burung ini bisa kita sebut cerdas karena memorinya cukup baik.

Kita bisa mengisi burung ini dengan masteran apa saja. Ada beberapa jenis jalak yang biasa dipelihara kicau mania. Diantaranya adalah jalak bali,putih,abu-abu,jalak sulawesi hingga jalak suren. Dari beberapa jenis jalak tersebut yang paling saya sukai adalah Jall Suren/uren. Perawatanya mudah dan bisa dikasih masteran apa saja. Suara ambulance hingga kucing pun bisa ditiru dengan jelas dan baik.

2.Burung kakatua


Burung ini adalah burung paling terkenal di indonesia. Saya kira hampir setiap orang tentu sangat hapal dengan lagu " burung Kakatua ". Burung kakatua sangat cerdas apalagi jika dipelihara sejak kecil dan dilatih.

Secara fisik juga sangat cantik bahkan ada yang memiliki jambul. Ciri khas burung kakatua adalah 4 jari yang menghadap depan dan belakang. Burung kakatua bisa dilatih menirukan suara manusia dengan baik. Jika dilatih menyanyikan lagu ia juga bisa mengingat nadanya.

Ada beberapa jenis kakatua yang tersebar di beberapa wilayah di indonesia diantaranya adalah Kakatua raja,kesumba,alba,jambul kuning dan kakatua putih yang berukuran lebih kecil

3. Burung Murai batu

Siapa yang tidak kenal dengan burung yang satu ini. Murai batu bisa dibilang burung paling populer untuk saat ini. Ada beberapa jenis murai batu yang banyak di sukai kicau mania dari murai batu aceh ,nias, medan juga borneo. Burung murai memiliki fisik yang indah apalagi jika ekornya panjang. Harganya bisa sangat mahal.

Banyak kicau mania menyukai murai batu karena mudah dimasteri dan dilatih untuk menirukan banyak suara burung lain. Meskipun stok dialam liar semakin menipis,namun banyak penangkar dibeberapa daerah yang membuat burung ini tetap terjaga kelestarianya

4. Burung Beo

Burung Beo mempunyai beberapa nama sebutan di beberapa daerah. Ada yang menyebut Tiung,ada pula yang menyebut dengan Menco. Burung ini sangat cerdas dan mampu menirukan suara manusia sesaat setelah mendengarnya. Dari bunyi siulan hingga lagu berirama. Seperti perekam suara yang langsung bisa diputar.

Fisik burung bernama latin Gracula Religiosa ini tidak terlalu menarik karena warna dominan hitam dengan paruh berwarna kuning. Selain itu beo sangat mudah jinak dan perawatanya tidak sulit.

5.Burung Cendet

Yang kelima ini tentu saja tidak asing lagi di area Gantangan. Burung fighter yang termasuk murah harganya ini cukup populer juga. Jenisnya juga bermacam-macam. Ada cendet Madura, banyuwangi,cendet jateng dll. Jika mendengar suara kicauan burung lain,maka cendet akan mudah mengingatnya. Burung ini juga termasuk burung murah yang mudah perawatannya. Asalkan kita bisa memahami karakter dan disertai settingan tepat maka cendet akan cepat gacor ataupun jawara lomba.

Demikian 5 burung kicau cerdas mudah isian. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Burung kicau cerdas di Indonesia"