Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cendet Matahari / Kembang, Habitat,ciri fisik dan perbedaan dengn cendet biasa

Sobatlima.com || Cendet Matahari/ kembang Habitat,ciri fisik,dan perbedaan dengan cendet biasa || Sobat Kicau

Cendet atau pentet Matahari biasa juga disebut cendet kembang. Namun tahukah sobat bahwa cendet matahari yang memiliki nama ilmiah crogias albonotus ini sama sekali bukan sejenis burung cendet. Hanya mungkin karena mirip sekali dengan cendet, maka burung ini disebut cendet. Familinya juga beda,kalau cendet biasa lanidae sedangkan cica matahari ini timaliidae.

cendet matahari,makanan cendet matahari,harga cendet matahari gacor,cendet matahari mp3,cendet matahari betina,burung cendet matahari,burung cendet matahari betina,harga cendet matahari,suara cendet matahari,cendet matahari jantan,pentet matahari betina,suara cendet matahari betina,cendet matahari jantan dan betina,burung cendet matahari jantan,burung cendet matahari gacor,ciri cendet matahari jantan,suara burung cendet matahari,perbedaan cendet matahari jantan dan betina,download cendet matahari,pentet matahari harga,harga cendet matahari gacor,habitat cendet matahari,pentet matahari jantan dan betina,pentet matahari jantan,cara membedakan cendet matahari jantan dan betina,kicau cendet matahari,pentet matahari mp3,pentet matahari muda,suara cendet matahari mp3,suara burung cendet matahari mp3,download suara burung cendet matahari mp3,makanan cendet matahari,suara pikat burung cendet matahari mp3,pentet matahari om kicau,pakan cendet matahari,pasaran cendet matahari,foto cendet matahari,pentet matahari trotol


Cendet kembang banyak juga disukai para kicau mania karena selain fisik yang cantik kicaunya juga bervariasi dan powernya tinggi. Ciri khas suara pentet kembang adalah ngeroll panjang. Jadi sangat cocok digunakan untuk masteran burung murai atau yang lainnya. Jadi kalau misalnya tidak bisa mendapatkan burung cendet kembang ini,sobat bisa download saja suara mp3 burung cendet matahari di pencarian google.

Habitat dan persebaran cendet matahari


Burung cendet kembang atau cica matahari termasuk burung langka dengan status terancam punah. Wilayah persebarnya hanya sedikit di dekat jawa barat itupun sangat terbatas. Selain itu juga ada di sebagian kecil pegunungan sumatera dan beberapa titik di jawa. Pentet matahari umumnya menyukai daerah tropis dan jug subtropis.

Burung ini hidup berpasang-pasangan namun banyak yang menyendiri. Biasanya burung ini berada di pohon-pohon rimbun dan tinggi. Meskipun sangat langka, namun kadang masih ada saja yang memperjual belikan burung ini. Hal ini sangat disayangkan mengingat status burung ini sangat langka dan hampir punah.

Ciri fisik pentet matahari

Seperti yang saya jelaskan awal tadi bahwa cendet matahari berbeda famili dengan cendet biasa. Secara fisik,meskipun sama-sama disebut cendet namun terdapat perbedaan mencolok dengan cendet biasa. Pada bgian sayap pentet kembang memiliki corak seperti trotol fan punggungnya terlihat ada garis-garis. Dan meskipun memiliki pandangan tajam seperti cendet biasa ada corak merah menyala pada bagian iris mata cendet matahari

Makanan Cendet matahari

Berbeda dengan cendet biasa,cendet matahari lebih suka buah- buahan manis seperti pisang ataupun pepaya. Jadi jika suatu saat sobat kicau memiliki burung ini ( meskipun tidak saya sarankan karena langka ) harus telaten dan hati hati. Selain itu burung cendet matahari juga memakan binatang atau serangga kecil seperti jangkrik,ulat bahkan ikan-ikan kecil di perairan dangkal

Cendet matahari memang sulit ditemukan untuk saat sekarang. Hal ini memang karena habitatnya sudah mulai berkurang dan perburuan liar. Untuk harga cendet matahari yang saya lihat di grup-grup media sosial antara 200-350ribu Rupiah. Itupu  sangat jarang karena jika ada yang punya pun hanya segelintir orang yang mau melepasnya. Karena memang burung ini punya suara khas dengan power tinggi. Sangat cocok dijadikan masteran murai dan lainya.

Untuk perawatan burung cendet matahari memang agak sulit dan ketelatenan tinggi.






Posting Komentar untuk "Cendet Matahari / Kembang, Habitat,ciri fisik dan perbedaan dengn cendet biasa"