Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Burung cendet Pilis, Sembur dan gondrong...Mana yang terbaik di Gantangan??!

sobatlima.com ||Burung cendet Pilis, Sembur dan gondrong...jenis mana yang paling tepat untuk lomba || Sobatkicau

Jenis burung cendet yang paling banyak disukai cendeters indonesia adalah jenis cendet Pilis,sembur dan juga gondrong. Beberapa waktu yang lalu sudah saya bahas dari segi perbedaaan, kelebihan dan kekurangan Cendet Pilis, sembur
Lalu dari ketiga jenis cendet atau pentet tersebut manakah yang paling bagus dari segi kicauan maupun fighternya..? Baik kita bahas satu persatu.

cendet cendet gacor,cendet madura,cendet betina,cendet macan,cendet banyuwangi,cendet matahari,cendet madura mp3,cendet madura dada putih,cendet madura anakan asli,cendet madura lepas trotol,cendet madura gondrong,cendet madura gacor mp3,cendet blangkon,jenis cendet blangkon,cendet blangkon anakan,cendet blangkon jantan,cendet blangkon muda,cendet blangkon trotol,cendet blangkon full,cendet pilis,cendet pilis jantan dan betina,perbedaan cendet pilis dan sembur,cendet pilis dan sembur,cendet pilis jantan,cendet peles anakan,cendet peles juara


Tiga jenis tersebut sebenarnya sama-sama diminati para cendeters indonesia. Namun masih menjadi perdebatan dikalangan kicau mania, jenis cendet yang mana yang terbaik terutama saat di gantangan.

Cendet Pilis

Baik sobat kicau semua langsung saja kita kupas dari tiga jenis cendet tersebut. Yang pertama adalah cendet pilis. Kebanyakan kicau mania apalagi pemula tidak suka dengan cendet pilis ini. Salah satu penyebabnya adalah dari fisiknya yang seperti cendet betina. Memang cendet pilis ini hanya memiliki sedikit saja warna hitam di kepalanya jadi kesannya kurang ganteng. Namun jangan salah hanya karena penampilan fisik.

Sebenarnya burung cendet pilis ini jika dilombakan cukup bagus dari segi fighter atau mental bertarung. Hanya saja jika sudah memasuki usia matang. Cendet pilis yang masih muda cenderung memiliki fighter yang rendah. Jadi, apakah dengan begitu cendet jenis ini tidak mungkin juara..? Saya katakan tidak juga.

Ada beberapa cendet jenis pilis justru pernah juara. Mainnya nagen,materinya juga bagus. Hanya saja jika punya cendet tipikal pilis ini jika ingin dilombakan tunggu hingga usia matang saja atau sekitar 3-4 tahun.

Cendet sembur

Untuk jenis cendet sembur silahkan sobat kicau semua bisa tanya para suhu cendet dimana saja. Pasti rata rata burung juara atau paling tidak kebanyakan cendet yang diikutkan lomba adalah jenis cendet sembur ini.

Cendet sembur memang memiliki karakter petarung yang sangat kuat. Selain itu burung cendet sembur juga memang mudah bunyi dan cepat gacor. Terlebih lagi jika cendet sembur tersebut berkelamin jantan. Dan memang sangat jarang cendet sembur betina yang ikut gantangan.

Cendet gondrong/blangkon

Jenis cendet blangkon adalah jenis cendet yang paling banyak dicari terutama pemula. Sesuai namanya "gondrong", burung ini memang sangat disukai karena fisiknya yang ganteng dan terkesan sangar. Sering saya temukan di grup-grup jual beli atau forum dan juga obrolan sesama cendet mania

Bulu hitam yang memenuhi bagian kepalanya membuat burung ini dicari banyak kicau mania. Lalu bagaimana performa cendet blangkon ini di gantangan?? Apakah sesuai dengan tampilan fisiknya?? Tunggu dulu boss..

Memang dari ketiga jenis cendet diatas,cendet sembur yang paling ganteng,paling sangar dan juga paling cepat laku. Namun meskipun posturnya bagus, materi juga dapat tapi kalau mental figthternya lemah tentu akan jadi masalah di gantangan. Dan ini memang banyak terjadi pada cendet blangkon. Bisa dibilang sebagian besar cendet blangkon jiwa bertarungnya sangat kurang di banding cendet jenis lain. Jadi saya rasa untuk cendet gondrong ini tidak cocok untuk lomba.

Namun semuanya kembali pada kicau mania semua. Lebih suka jenis cendet yang mana,intinya kita tidak perlu terpaku pada jenis cendet namun pada materi dan lebih penting lagi mental atau fighternya. Demikian sekilas tentang 3 jenis cendet yaitu pilis,sembur dan blangkon. Jika ada saran atau pendapat dari sobat semua silahkan tulis di kolom komentar. Salam kicau mania














Posting Komentar untuk "Burung cendet Pilis, Sembur dan gondrong...Mana yang terbaik di Gantangan??!"