Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips memandikan cendet yang paling tepat,sesuai kondisi

sobatlima.com || Tips memandikan cendet yang benar sesuai kondisi || Tips burung kicau

Cendet memang burung fighter yang cukup populer. Namun kita perlu berhati-hati dalam perawatan apalagi jika burung cendet sudah jadi dan gacor. Burung cendet yang sudah gacor,perlu dilakukan perawatan dan settingan agar bisa stabil dan mapan. Salah satu rawatan penting dalam merawat cendet adalah terapi mandi. Mandi menjadi salah satu hal yang menentukan untuk burung cendet gacor agar tetap stabil. Kapan waktu yang tepat,baik malam atau siang dan juga bagaimana cara penyemprotan yang benar akan saya kupas tuntas pada artikel ini..

cara memandikan cendet malam hari,memandikan cendet malam hari,memandikan cendet saat mabung,memandikan cendet trotol,memandikan cendet dengan air es,memandikan cendet dengan cara dipegang,memandikan cendet


Baik langsung saja,saya akan mencoba menjelaskan untuk yang pertama adalah seperti apa mandi untuk burung cendet sampai dia benar-benar puas atau secara klimaks. Karena mandi itu mempunyai peranan sangat penting untuk performa baik atau buruk kita saat di gantang di lapangan,maka dari itu saya mencoba menjelaskan untuk teman-teman terutama yang masih belajar atau masih pemula dalam bermain cendet.

Kita tidak boleh sembarangan dalam memandikan cendet dan jangan sampai salah saat memandikan. Dalam pemandian burung itu tidak ditentukan seberapa banyak botol air yang bisa semprotkan ke burung cendet atau seberapa lama kita memandikan. Klimaks, mungkin untuk sebagian besar orang yang bermain burung lain hal mandi, semprot sampai basah kuyup dan jemur....

Sebetulnya bukan seperti itu, lebih baik yang kita cari adalah titik kepuasannya. Klimaksnya burung kita kita bisa lihat dari mandinya burung kacer, burung cucak ijo, dan juga burung Murai Batu. Jadi cara mandi seperti burung fighter tersebut yang akan kita terapkan kepada burung pentet, karena mayoritas burung pentet ini bersifat galak.

Alat spray

Untuk alat memandikan sobat bisa gunakan yang manual atau otomatis. Yang terpenting adalah bisa disetel semprotan airnya sesuai kebutuhan. Kalau saya lebih suka yang manual saja karena menurut saya lebih mudah untuk mengira-ngira tekanan seperti apa yang akan saya semprotkan ke burung cendet.

Cara penyemprotan

Nah dalam hal penyemprotan kita juga harus berhati-hati. Setel saja semprotan menggunakan layer yang lembut atau lebih jelasnya seperti kabut. Semprot dari atas sangkar dibagian atas burung. Lakukan sampai burung bener-bener basah kuyup yang penting mulai dari kepala sampai ekor. Setelah semua terlihat basah diamkan sejenak,lalu mulai semprot lagi seperti semula seperti ini mulailah menyemprotnya lagi dengan dari atas atau dari samping atau dari depan itu tidak masalah yang penting sampai dia benar-benar puas. Bagaimana mengetahui dia benar-benar puas? Indikasinya adalah sampai dia berhenti mengibas-ngibaskan sayapnya turun dan diam ,makanya di sinilah titik klimaksnya. Jadi seperti burung cucak ijo mandi di cepuk setelah dia puas, dia pasti akan berhenti mengibaskan sayapnya.

Penjemuran

Mandi pagi dan juga penjemuran untuk cendet,yang paling bagus adalah jam 7.30 sampai jam 09.00. Saat itu marahari masih hangat dan tidak terlalu panas. Untuk penjemuran cendet sebenarnya tidak terlalu lama jika burung tidak OB atau memiliki masalah lain. Sebelum dijemur biarkan dulu sejenak sampai pada bagian sayap dan ekor tidak ada air yang menetes. Jadi untuk menjemurnya sekitar 10-15 menit saja sudah cukup. Setelah itu kita bisa memberikan EF jangkrik 2-3.

Mandi malam


Untuk pemandian malam caranya hampir sama namun tidak boleh terlalu basah kuyup. Atau bisa dibilang yang penting basah saja. Dan waktu memandikan cendet yang tepat adalah sekitar pukul 7 malam hingga jam 9. Dan ingat hanya basahi saja.

Tips memandikan cendet yang takut air.
Di alam liar,cendet terbiasa mandi di kubangan kubangan kecil air. Artinya sebenarnya cendet sama sekali tidak takut air. Namun cendet yang sudah lama dipelihara apalagi sejak trotol,jika jarang dimandikan maka bisa saja cendet akan takut air. Namun ada beberapa tips agar cendet yang takut air dan ngelabrak saat dimandikan agar bisa tenang....

Posting Komentar untuk "Tips memandikan cendet yang paling tepat,sesuai kondisi"