Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan cara memandikan cendet gacor yang takut air.

sobatlima.com || Penyebab dan Cara memandikan cendet yang takut air || Tips burung kicau》》

Memiliki cendet/pentet gacor memang menyenangkan. Burung cerdas ini mampu menirukan bermacam suara burung lain. Jadi dimasteri kicauan burung apapun pasti masuk. Banyak pecinta cendet menganggap mandi untuk cendet adalah hal sepele dan tidak berpengaruh pada performa burung cendet. Padahal sebenarnya berpengaruh besar.
Seperti yang kita ketahui bahwa sejatinya burung cendet di habitat alaminya sangat suka mandi. Biasanya di kubangan-kubangan air kecil di tanah,dan ini lazim untuk bermacam-macam burung. Namun untuk cendet peliharaaan tetap saja ada yang takut air saat dimandikan,klabrukan bahkan tidak jarang berujung luka pada paruh dsbnya. Agar cendet tidak takut air maka kita perlu melakukan beberapa terapi mandi. Dan pada artikel kali ini akan saya bahas apa penyebab cendet takut air,dan bagaimana caranya...mari kita simak...



PENYEBAB CENDET TAKUT AIR

Paling tidak ada dua penyebab cendet takut air, yang pertama adalah cendet jarang dimandikan sejak kecil. Jadi jika sobat memiliki cendet yang masih trotol atau bahan,biasakan saja sering mandi dan lebih bagus lagi dilatih untuk mandi keramba.
Penyebab yang kedua adalah trauma. Kita tahu bahwa cendet adalah burung yang cerdas dan memiliki daya ingat tinggi. Karena dimasteri burung apapun bisa masuk. Namun jika cendet mengalami kejadian buruk dengan air maka hal tersebut bisa menyebabkan trauma untuk cendet. Contoh, sangkar jatuh saat dimandikan,atau diserang kucing saat mandi dll. Untuk itu kita harus bisa menghilangkan trauma tersebut juga dengan terapi mandi.

CARA MEMANDIKAN CENDET YANG TAKUT AIR

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi cendet takut air. Dan hal ini bisa kita lakukan tiap hari.

1. Biasakan sebelum dimandikan,jemur cendet terlebih dahulu saat matahari masih hangat dan nyaman. Atau antara jam 7 hingga jam 9 pagi. Pada jam jam tersebut matahari yang hangat sangat menenangkan bagi cendet.
2. Jemur paling tidak 1 jam, sambil kita bersihkan kandang. Bersihkan juga cepuk dan tempat minum. Lalu ganti semua pakan dan juga minuman dengan yang baru

CARA PENYEMPROTAN

Setelah dijemur lakukan penyemprotan dari ketinggian. Kurang lebih 1-2 meter diatas sangkar. Untuk semprotan atur atau seting seperti pancuran. Buat semprotan seperti hujan ringan. Lakukan hingga cendet basah kuyup. Biarkan didis dan tenang terlebih dahulu. Cendet akan tenang setelah berhenti mengibaskan sayap dan ekor.

Setelah itu lanjutkan penyemprotan lagi dengan setingan lembut. Lakukan sampai basah kuyup. Setelah itu jemur secukupnya tergantung cuaca. Jangan sampai terlalu terik ( maksimal jam 10 )

Berikan EF jangkrik atau lainnya sesuai kebiasaan burung cendet tersebut. Setelah itu bisa dikrodong dan dimasteri. Mandi adalah salah satu hal yang cukup penting untuk cendet. Karena berpengaruh pada performa saat digantang nantinya.

Lain lagi cara mandi saat cendet over birahi dan juga kurang birahi. Ada beberapa cara khusus untuk memandikan cendet yang over maupun kurang birahi. Beberapa ciri cendet over birahi alias OB adalah :


  • Burung cendet tiba tiba macet dan enggan berkicau
  • Ketika didekati atau digoda jadi giras dan galak
  • Sangat agressif dan ingin menyerang jika ada burung lain
  • Tidak mau ngeplong tapi kebanyakan ngeriwik
  • Jika OB terlalu tinggi akan berlanjut ke ciyan ekor dan cabut bulu.

Sedangkan untuk cendet kurang birahi,ciri cirinya :

  • Burung macet bunyi
  • Tidak agressiff
  • Mbalon 
Untuk cendet kurang birahi,rata rata karena kurang nutrisi, jadi perlu diperhatikan pula EF dan juga pakan cendet. Sedangkan untuk cara mandi cendet Over birahi dan kurang birahi akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan cara memandikan cendet gacor yang takut air."