Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi cendet gacor susah mabung/gagal mabung dengan tuntas

Sobalima.com || Cara mengatasi cendet gacor susah mabung/gagal mabung dengan tuntas || Tips burung kicau 》

Cendet gacor sehebat apapun suatu saat akan mengalami apa yang disebut sebagai mabung, Ada yang menyebut molting,ada juga yang menyebut ngurak ( jawa). Proses mabung pada cendet paling tidak setahun sekali, dan biasanya waktu normalnya 2-3 bulan. Itupun kalau tuntas karena juga tergantung bagaimana perawatan kita saat cendet mulai mabung dari awal hingga fase-fase berikutnya. Dan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya merawat cendet mabung selama beberapa kali hingga tuntas dan lebih cepat.

Cendet gacor,cendet mabung,cendet mabung pertama,cendet mabung berapa lama,cendet mabung tidak tuntas,cendet mabung jadi galak,cendet mabung macet bunyi,cendet mabung biar cepat selesai,cendet ngurak,perawatan cendet ngurak,merawat cendet ngurak,burung cendet ngurak,cendet ngurak tidak tuntas,ciri2 cendet ngurak,mengatasi cendet ngurak,cendet mabung berapa lama,pengembunan cendet mabung,penjemuran cendet pasca mabung,ciri-ciri cendet mabung,cendet gacor,cendet mabung dimandikan,perawatan cendet dorong ekor,burung cendet susah mabung,cendet menggembung,cendet tua,cendet bulu rusak,perawatan cendet dorong sayap,master cendet
Tips burung kicau


Seperti yang kita ketahui,burung cendet itu meskipun mentalnya mental petarung, tapi ternyata juga mudah stress. Akibatnya bisa macet bunyi dan juga tidak agresif atau banyak orang bilang nyekukruk. Namun beda saat akan mengalami mabung, tanda tandanya tidak langsung macet begitu saja. Biasanya diawali dengan mulai jarang berkicau,burung lebih tenang dan diam lalu diikuti dengan bulu halus yang mulai rontok ( cek didasar sangkar ). Nah saat itulah dimulai proses mabung cendet. Maka kita juga harus memulai perawatan khusus burung cendet mabung. Permasalahan kadang muncul cendet susah mabung. Atau mabung tapi tiap hari hanya 1 helai, 2 helai bulu yang rontok. Dan akhirnya mabung selesai dalam waktu yang lama dan tidak tuntas. Burung cendet jadi tersiksa. Dan mungkin metode pada artikel ini sedikit berbeda,namun tujuanya tetap sama yaitu menjaga performa cendet setelah mabung nanti dan juga mempercepat proses mabung. Karena mabung terlalu lama itu tidak baik,apalagi jika sampai tidak tuntas.

Apalagi jika burung terlihat tanda-tanda akan mabung tapi kita lakukan perawatan cendet mabung seperti biasanya tapi tidak kunjung rontok bulunya. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar cendet cepat mabung dan benar benar tuntas. Tidak cuma nyulam saja,tapi bener benar habis bulu tuanya. Dan saya hanya sharing pengalaman saja karena cara ini cukup berhasil.


Pakan harian


Yang pertama adalah beri saja pakan voer yang tidak biasanya. Misal vampur saja voer kuning dengan voer hijau. Lalu hari berikutnya ganti dengan voer lain. Tujuanya adalah membuat cendet menjadi sedikit stres. Ingat ya " sedikit stress "......Tapi stres disini bukan stres macet bunyi,tapi stres karena pergantian voer. Selanjutnya jika setiap hari menggunakan voer berprotein tinggi, maka ganti saja yang berprotein rendah. Dan ganti lagi hari berikutnya. Memang sedikit jahat, tapi cendet akan lebih cepat merontokkan bulunya saat kondisi stres.


Ganti sangkar


Tips uang kedua adalah ganti-ganti lah sangkar, jadi temen-temen yang awalnya menggunakan sangkar warna hitam pindahlah burungnya ke sangkar yang berwarna merah dan juga sebaliknya yang awalnya berwarna merah gantilah di sangkar yang berwarna hitam. Atau bisa juga dicoba dengan warna lain. Lakukan hal ini setiap seminggu sekali atau 5 hari sekali tidak masalah. Jika teman-teman sudah melihat ada bulu halus yang rontok dibawah sangkar maka hentikan saja mengganti sangkar karena pada fase ini cendet mulai membutuhkan ketenangan.


Pindah tempat


Selain mengganti sangkar, maka cobalah untuk memindahkan tempat menggantung sangkar. Setelah bulu bulu mulai rontok,ketenangan sangat diperlukan untuk cendet. Tujuannya agar saat selesai mabung cendet benar benar fit dan kondisinya sama seperti saat sebelum mabung. Misal cendet biasa ditaruh diruang tamu,maka bisa kita pindah ke dapur. Atau titipkan saja ke tetangga yang tidak punya burung.

Daun pandan dan potongan kulit jeruk


Burung mabung itu harus tuntas,dalam artian harus semua rontok total. Kenapa? karena jika ada 1-2 helai bulu sayap atau ekot yang gagal rontok akan membuat cendet tidak nyaman terutama saat di gantang. Seperti burung fighter lainnya,kacer murai termasuk cendet jika mabungnya tidak tuntas itu akan berpengaruh pada performa burung saat selesai mabung.
Jadi cara efektif yang sering saya lakukan adalah dengan meletakkan potongan daun pandan dan potongan kulit jeruk di sangkar. Potong saja ukuran kecil dan taruh di dasar sangkar. Selain itu juga pembersihan kandang jangan terlalu sering, paling tidak seminggu sekali atau bisa lebih.

Nah itu tadi 4 tips membuat burung cendet cepat mabung dan tuntas. Kalau masih susah juga maka kita lakukan cara yang lebih ekstrim lagi agar burung cendet cepat mabung yaitu bom kroto.


Bom kroto untuk cendet susah mabung


Untuk tips keempat ini saya tidak menyarankan untuk cendet yang bulu-bulunya masih banyak yang bagus tapi terlihat akan mabung. Jadi kita bisa lakukan bom kroto jika bulu cendet sudah banyak yang tua dan kusam sekali. Bom kroto maksudya adalah memberikan kroto dalam jumlah yang banyak. Berikan kroto 1 cepuk full. Tujuannya adalah membuat burung cendet over birahi dan membuat badannya panas. Saat badannya panas maka pori pori akan menjadi terbuka sehingga bulu bulunya juga cepat rontok. Tapi ingat tidak saya sarankan untuk cendet yang bulu-bulunya masih banyak yang belum tua. Karena metode ini juga lumayan berbahaya,namun bisa juga sangat efektif

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi cendet gacor susah mabung/gagal mabung dengan tuntas"