Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian mabung/molting pada Cendet lama mabung,dan cara perawatan yang tepat

Sobatlima.com || Pengertian mabung pada cendet dan cara perawatan yang paling tepat || Sobat kicau

Semua Kicau mania tentunya sangat menginginkan burung gacoannya itu selalu tampil bagus dan maksimal saat di gantangan. Berbagai macam perawatan,settingan dll perlu dilakukan agar burung tetap dalam performa terbaik. Salah satu burung yang saya gemari adalah cendet alias pentet. Salah satu alasan saya menyukai burung cendet adalah karena burung ini cukup cerdas dan bisa dimasuki suara apapun.

Merawat cendet memang gampang-gampang susah. Kadang kalau kita baca-baca di internet atau nonton video di youtube tentang perawatan cendet terlihat mudah. Tapi jika diaplikasikan ke burung cendet kesayangan kita,belum tentu berhasil. Ada baiknya kita kenali dulu karakter burung cendet kita. Lakukan eksperimen terutama jika burung kita masih bahan dan belum jadi. Atau kalau beli burung cendet yang sudah jadi dan gacor, ada baiknya kita tanyakan bagaimana perawatan hariannya, setingan EF, kapan waktu dimandikan dll.

MABUNG PADA BURUNG CENDET


Membahas perawatan burung,maka kita tidak akan lepas dari istilah mabung. Itupun terjadi pada burung cendet. Proses mabung adalah rontoknya bulu tua secara perlahan dan memerlukan beberapa waktu. Periode burung mabung atau molting 1 tahun sekali. Bahkan pada beberapa burung lain ada juga yang sampai 2-3 kali mabung. Lalu berapa lama burung cendet selesai mabung? Cendet mengalami proses mabung sekitar 2 sampai 3 bulan. Dan hal ini adalah siklus wajar dan normal. Jadi nanti tinggal bagaimana kita merawat dengan baik agar cendet tetap memiliki performa terbaik saat selesai mabung nanti.

Cendet gacor,cendet mabung,cendet mabung pertama,cendet mabung berapa lama,cendet mabung tidak tuntas,cendet mabung jadi galak,cendet mabung macet bunyi,cendet mabung biar cepat selesai,cendet ngurak,perawatan cendet ngurak,merawat cendet ngurak,burung cendet ngurak,cendet ngurak tidak tuntas,ciri2 cendet ngurak,mengatasi cendet ngurak,cendet mabung berapa lama,pengembunan cendet mabung,penjemuran cendet pasca mabung,ciri-ciri cendet mabung,cendet gacor,cendet mabung dimandikan,perawatan cendet dorong ekor,burung cendet susah mabung,cendet menggembung,cendet tua,cendet bulu rusak,perawatan cendet dorong sayap,master cendet


CIRI AWAL CENDET MABUNG / MOLTING


Cendet yang akan memasuki fase mabung akan terlihat pada perubahan tingkah laku dan performa burung. Wajar saja karena pada masa ini afalah masa paling tidak mengenakakkan bagi cendet fan juga burung lain yang sedang mabung. Burung yajg biasanya giras akan mulai sering diam bahkan nyekukruk, jarang berkicau bahkan diam sama sekali. Dan jika kita lihat dibawah sangkar mulai ada bulu-bulu halus yang rontok,maka sudah jelas burung tersebut mulai dalam proses mabung.

PERAWATAN CENDET MABUNG


Ada beberapa tips untuk merawat cendet mabung. Dan memang kita harus telaten karena masa mabung cendet,dari mulai hingga rontok semua dan selesai cukup lama yaitu sekitar 2-3 bulan. Dan selama itu pula kita berikan perawatan khusus untuk cendet kesayangan kita.

Pemberian pakan


Untuk pemberian pakan cendet saat masa mabung harus diperbanyak proteinnya. Untuk hematnya campur saja voer harian dengan pakan ayam pedaging BR-1 ,Tapi yang ukuran kecil saja. BR-1 ini proteinnya sangat tinggi dan bagus untuk proses perontokan bulu cendet. Selain itu EF ( ekstra fooding ) tetap harus kita berikan namun dosisnya bisa diperbanyak dari biasanya. Jangkrik, kroto, atau ulat hongkong seperti biasanya. Dan khusus ulat hongkong jangan terlalu banyak karena berpengaruh pada mata burung. Sebagai contoh misal jangkrik biasanya pagi 3 dan sore 3, maka bisa kita rubah pagi 5 dan sore 5.

Multivitamin


Untuk multivitamin banyak dijual di toko burung. Biasanya harag 30 an ribu. Tujuannya tetap menjaga kondisi cendet fit dan tidak stress. Selain itu multivitamin atau suplemen bisa mempercepat proses rontok bulu cendet.

Mandi dan penjemuran


Mandi dan penjemuran lebih baik tidak usah dilakukan. Apa sebabnya?? Salah satunya akan menghambat proses rontok bulu. Saat proses mabung, jika burung dimandikan maka bulu burung yang hampir rontok justru kuat kembali jika kena air dan juga matahari. Akibatnya proses mabung jadi kurang sempurna. Jadi jika ingin dimandikan maka sebaiknya kita tunggu hingga rontok selesai

Posting Komentar untuk "Pengertian mabung/molting pada Cendet lama mabung,dan cara perawatan yang tepat"