Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips merawat cendet bahan trotolan agar jinak tanpa miyik/mbayi

sobatlima.com || Cara menjinakkan burung cendet lolohan gacor tanpa miyik atau mbayi || Tips burung kicau

Seperti yang kita ketahui bahwa burung cendet itu adalah burung yang bertipe Fighter atau petarung. Karakter galak sudah menjadi bagian dari cendet walaupun sudah dipelihara cukup lama. Jadi tinggal bagaimana cara kita untuk merawat dan meminimalisir karakter dari cendet tersebut. Pertanyaannya adalah bisakah seekor cendet menjadi jinak tapi tetap menjadi Cendet Gacor bermental juara? tentu saja bisa, asalkan kita memelihara dan merawat burung cendet tersebut sedari kecil. Namun sering menjadi masalah adalah jika cendet tersebut menjadi miyik atau mbayi. Burung bertingkah manja dan seperti minta diloloh jika ada orang lewat.Tentu saja dengan perawatan-perawatan khusus selama kita memelihara burung tersebut.Dan kali ini akan saya bagikan beberapa tips untuk memelihara burung cendet lolohan agar super jinak dan gacor tetapi tapi tidak mbayi dan tetap memiliki mental jawara.

  cendet jinak gacor,cendet biar jinak,agar cendet jinak,jinakin cendet,jinakan cendet,cendet susah jinak,cendet terlalu jinak,cendet gacor,cendet madura,cendet betina,cendet kembang,cendet macan,cendet putih,pentet,pentet gacor,pentet jatim,pentet matahari,pentet kembang,pentet macan,pentet jawa timur
Tips burung kicau

Tujuan kita memelihara burung kicau adalah untuk diperdengarkan suaranya ataupun untuk diperlombakan. Memiliki cendet gacor tentu sangat menyenangkan. Ditambah lagi jika cendet tersebut jinak. Jadi berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan agar cendet lolohan/trotolan kita bisa jinak yanpa mbayi....

Memilih cendet trotolan prospek


Hal pertama agar cendet bisa gacor saat dewasa selain kita harus memeliharanya sejak kecil atau masih lolohan adalah kita harus memilih trotolan cendet yang prospek juara ada beberapa ciri-ciri cendet lolohan atau trotolan yang bermental juara yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu. ( Baca : Cara memilih cendet bakalan prospek jawara)

Cara pemberian pakan


Yang kedua adalah Cara memberikan pakan atau meloloh. Dalam pemberian pakan seringkali orang salah mengira bahwa dengan meloloh langsung EF seperti jangkrik dengan tangan akan membuat cendet benar-benar jinak. Namun hal ini justru akan membuat cendet tersebut ketergantungan dan manja. Jadi kurang lebih saat cendet berumur dibawah 5 bulan memang bagus kita meloloh dengan tangan. Tapi setelah itu ( cendet diatas 4-5 julan ) harus kita latih dengan jangkrik atau belalang pelan-pelan. Salah satu tips yang cukup baik adalah setelah kira-kira burung cendet tersebut berumur 5 bulan jangan sekali-sekali memberikan pakan F secara langsung dengan tangan. Kita siapkan wadah yang nantinya untuk tempat cendet tersebut makan EF. Kalau jangkrik misalnya sebelumnya kita bisa patahkan dulu kaki belakangnya agar tidak melompat dan membuat naluri predator cendet bertambah.

Sering berinteraksi


Yang ketiga kita harus sering berinteraksi dengan memegang atau mengelus-elus burung tersebut terutama bagian dada. Tujuannya agar cendet tersebut terbiasa dengan kita dan tidak takut terhadap manusia. Begitu juga saat sudah mulai dimandikan biasakan juga mandi kan dengan ditangkringan pada tangan kiri kita lalu dengan semprotan yang lembut seperti kabut. Saat sudah agak dewasa, bisa kita mulai mandi malam.

Sering taruh di luar kandang


Tipps keempat adalah sering-seringlah meletakkan burung di luar kandang. Bisa di atas sangkar atau di dekat cantolan sangkar sambil kita juga terus berinteraksi dengan bersiul atau dengan melakukan cetetan tangan. Burung cendet adalah burung yang pintar dan memiliki daya ingat yang bagus dengan kode-kode siulan atau Cetetan tangan tersebut nantinya akan menjadi sesuatu yang spesial saat dewasa nanti.

Masteran

Masteran menjadi suatu hal yang wajib untuk mencetak burung gacor, tidak terkecuali untuk burung cendet ini. Sering-seringlah putar suara masteran burung terutama di malam hari sambil di kerodong. Burung cendet termasuk burung yang bisa menirukan bermacam suara burung lain. Suara burung apapun bisa menjadi materi saat cendet dewasa nanti.

Taruh sangkar di tempat ramai

Setelah trotolan sudah agak dewasa nanti atau 5 bulan keatas,biasakan untuk menaruh sangkar di tempat ramai agar burung terbiasa dengan lalu lalang manusia atau bahkan kendaraan bermotor. Burung yang tidak punya rasa takut nantinya akan menjadi memiliki mental yang kuat saat saat dilombakan.



Namun demikian adalah yang paling penting adalah kesabaran dan ketelatenan kita dalam merawat burung. Karena untuk mencetak burung Cendet Gacor jawara saja sudah sangat susah ditambah kita menginginkan burung tersebut jinak. Untuk itu kita harus sabar dan juga jeli terutama saat memilih burung cendet trotolan yang prospek juara. Jika ada pertanyaan atau saran lain yang bermanfaat untuk para Kicau Mania Indonesia silakan tulis di kolom komentar dan jangan lupa berbagi karena berbagi itu indah.... Salam kicau mania

-MASDJO-

Posting Komentar untuk "Tips merawat cendet bahan trotolan agar jinak tanpa miyik/mbayi"