Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Opior jambul 100% jantan || sobatlima.com

sobatlima.com || Cara membedakan burung opior jambul/Flores jantan dan betina 》Burung Opior Jambul merupakan jenis burung Opior yang berasal dari family Zosteropidae. Dan masih saudara dekat dengan pleci alias si burung kacamata. Opior jambul termasuk burung endemik yang persebarannya hanya terdapat di kawasan NTT saja. Saudara dekat lain yang cukup populer adalah opior jawa. Dan sebagian besar opior jambul tersebar di area pegunungan Sumbawa, Satonda, dan Flores saja.

opior jambul,burung opior jambul,opior jambul jantan dan betina,opior jambul flores,opior jambul betina,opior jambul gacor mp3,opior jambul kuning,opior jambul jantan,opior jambul jantan,opior jambul jantan dan betina,opior jambul jantan betina,perbedaan opior jambul jantan dan betina,burung opior jambul jantan dan betina,ciri opior jambul jantan dan betina burung,opior jambul jantan,ciri opior jambul jantan,opior jambul gacor mp3,opior jambul omkicau,opior jambul gacor,opior jambul flores,cara merawat opior jambul biar gacor,ciri opior jambul jantan dan betina,opior jambul ntt


Suara opior jambul gacor sangat merdu dan cukup keras meskipun berukuran tubuh kecil. Kicaunya terdengar ramai dan ribut. Suaranya cepat dan nyaring. sekilas memang suaranya terdengar memiliki beberapa lagu walaupun sebenarnya sangat monoton. Secara fisik burung ini terlihat cukup cantik dengan sedikit jambul di atas kepala yang membuatnya berbeda dengan opior jawa atau burung kacamata lainnya. Berikut ini video Opior jambul gacor dari Masdjo Kicau....



Harga burung opior Jambul


Peminat burung opior jambul tidak terlalu banyak. Selain itu burung ini juga endemik dan tidak mudah didapatkan. Bahkan kalau menurut saya popularitasnya masih kalah dengan opior jawa. Namun jika sobat ingin memelihara burung ini,saya kira banyak juga yang jual misalnya di grup2 facebook. Harganya masih sangat murah, untuk bahan biasanya berkisar antara 40-70 ribu saja tergantung kualitas. Swdangkan yang sudah gacor dan voertot mencapai 100 ribu hingga 150 ribu rupiah.

Membedakan opior jambul jantan dan betina

Seperti burung pada umumnya tentu saja yang paling gacor dan berkicau bagus adalah pejantan. Begitu juga dengan opior jambul ini. Hanya saja karena burung ini monomorfik alias jantan dan betina memiliki ciri fisik yang sama. Akan sangat sulit untuk membedakan opior jambul jantan dan betina. Namun jika kita jeli dan sudah terbiasa mengamati kita bisa melihat ciri fisik burung tersebut. Ciri fisik opior jambul jantan adalah tubuh yang lebih ramping dan sedikit lebih panjang. Gerakannya juga lincah dan gesit. Warna bulu lebih cerah dan klimis.

Yang kedua adalah dari kicauan, tapi ini hanya untuk burung yang sudah voertot dan mau bunyi saja. Suara kicau opior jambul jantan nyaring dan banyak variasinya sedangkan betina sangat monoton dan cuma panggilan saja. Orang biasa menyebut " ngecall"

Untuk sobat yang jarang mengamati,2 cara diatas memang agak sulit. Sehingga bisa dikatakan tidak akurat. Nah ,solusinya adalah dengan melihat ven atau bagian anus. Bagian ven jantan terlihat menonjol sedangkan betina tampak rata. Selain itu untuk pejantan,disekitar ven akan terlihat bulu-halus sedangkan pada betina tidak ada.

Demikian cara membedakan opior jambul jantan dan betina. Caranya hampir sama dengan membedakan jantan ,betina untuk burung pleci ataupun opior jawa. Karena memang burung burung tersebut masih satu family dan sama-sama monomorfik.

-MASDJO-

Posting Komentar untuk " Ciri-ciri Opior jambul 100% jantan || sobatlima.com"