Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lampu rumah cepat putus...mungkin ini penyebab dan cara mengatasinya

Listrik dan lampu sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak mungkin kita lepaskan. Saya tidak bisa bayangkan jika tidak ada listrik dan lampu, bakal seperti apa gelapnya dunia ini. Sebagai pengguna listrik dan berbagai peralatan elektronik ,tentu akan selalu ada masalah apalagi berkaitan dengan kelistrikan rumahan. Entah itu konsleting,listrik bocor,listrik drop alias tegangan turun dll. Atau bahkan lampu rumah cepat putus. Nah yang terakhir ini akan saya bahas pada kesempatan kali ini. Yaitu penyebab dan cara mengatasi lampu rumah sering putus.

Lampu,lampu rumahan,lampu led,lampu hemat listrik,lampu cepat rusak,


Ada beberapa tipe lampu rumahan yang sering dipakai kebanyakan. Namun semuanya memiliki kelebihan atau kekurangan sendiri-sendiri. Jadi tinggal pilih sesuai kebutuhan saja. Yang mungkin menjadi masalah  tentang lampu rumahan salah satunya adalah lampu cepat putus atau bahkan meletup. Jelas disini ada masalah. Meskipun harga lampu terbilang murah atau terjangkau, namun jika kita harus mengganti 2 minggu atau seminggu sekali tentu akan terasa. Ada baiknya kita secepatnya memperbaiki. Saya sarankan untuk mencari tukang listrik. Namun jika sobat punya waktu ,sobat bisa memperbaikinya sendiri karena untuk masalah lampu ini tidak terlalu sulit. Berikut ini cara mengatasi lampu cepat putus.

Diagnosa penyebab lampu cepat putus

Sebelumnya ada beberapa penyebab utama yang secara singkat akan saya jelaskan. Diantaranya adalah :

1. Merk dan kualitas lampu
2. Fitting lampu kotor dan rusak
3. Saklar lampu rusak
4. Tegangan drop atau turun naik

Paling tidak ada 4 masalah tersebut yang menurut saya sering terjadi. Jadi akan saya jabarkan satu persatu nantinya karena belum tentu kita harus menggantinya.

Penanganan dan perbaikan

Seperti yang saya sarankan terlebih dahulu jika sobat merasa awam tentang kelistrikan lebih baik mencari tukang listrik saja. Namun menurut saya karena masalah lampu cepat putus itu tidak terlalu sulit, jadi saya yakin sobat bisa menanganinya sendiri

Lampu murah / kualitas jelek

Memang seringkali kita tergiur untuk membeli lampu yang harganya murah, namun sebenarnya itu tidak baik untuk kedepannya. Jadi saya sarankan untuk membeli lampu yang berkualitas tinggi dan bermerek meskipun sedikit mahal. Karena Berdasarkan pengalaman saya beberapa kali saya membeli lampu murah lampu LED seharga Rp15.000 sampai Rp20.000 itu tidak bertahan lama. Mending agak mahal tapi awet. Jika sobat membeli lampu yang merk mahal dengan rata-rata pemakaian beberapa ribu jam saya yakin bisa lebih awet dan tidak mudah putus . Ada  beberapa jenis lampu rumahan yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Namun saya sarankan lampu LED saja karena selain irit juga bisa diperbaiki dengan mudah. Selain juga hemat listrik

 Fitting lampu rusak atau kotor

 fitting ternyata menjadi salah satu penyebab lampu cepat putus selain merek lampu yang kurang bagus. Jadi setelah kita memastikan bahwa lampu kita itu cukup bagus tapi masih sering cepat putus maka yang kedua kita harus memeriksa fitting lampu. Apakah itu kotor atau berkarat bahkan pernah suatu kali karena ada kebocoran air sedikit. Jadi solusinya bisa cepat kita bersihkan saja. Tapi kalau misal rusaknya terlalu parah lebih baik diganti dengan yang baru. Dan perlu diingat sebelum mengganti pastikan saklar mcb off atau lepas dulu sekringnya.

 Saklar lampu lembab,kotor dan berkarat

Yang ketiga dan perlu kita periksa adalah saklar lampu serta box saklar. Karena seringkali  saklar lampu yang menempel di tembok itu lembab dan menjadi sarang semut atau cicak dan karena lembab itu juga sering terjadi konsleting ringan tanpa kita sadari. Jadi solusinya adalah kita bongkar dan kita bersihkan segera hal ini bisa kita lakukan secara berkala. Entah satu bulan atau 2 bulan sekali. Kemudian sumpal pada bagian kabel masuk dengan plastik agar tidak ada hewan hewan kecil bisa masuk.

Tegangan listrik sering naik turun / drop

Tegangan listrik kurang, naik turun atau drop juga bisa membuat lampu di rumah cepat putus. Bukan hanya lampu tapi juga semua peralatan elektronik yang ada di dalam rumah. Cara mengeceknya kita gunakan multitester yang bisa didapatkan di toko elektronik seharga 30 ribuan dan ada yang lebih mahal lagi untuk tipe digital. Untuk cara mengeceknya Arahkan jarum dial ke-250. Lalu arahkan jarum tester ke dalam stop kontak. Jika terlihat jarum dial menunjukkan angka Volt atau setidaknya 200 volt maka tegangan normal. Waktu paling baik saat mengukur tegangan adalah saat kondisi menjelang malam hari karena tersebut hampir semua orang menyalakan lampu secara bersamaan atau yang biasa disebut beban puncak. Selain itu bisa kita lihat juga saat malam hari jika lampu kadang redup kadang terang. Karena ini masalah dari distribusi listrik maka solusinya sobat bisa menggunakan Stavolt untuk menyetabilkan arus. Namun bisa juga jika masalah naik turun listrik karena instalasi dalam rumah. Ada baiknya sobat bisa baca artikel cara mengatasi tegangan listrik drop atau naik turun.

Demikian kemungkinan penyebab dan cara mengatasi lampu rumahan sering / atau cepat putus.

Posting Komentar untuk "Lampu rumah cepat putus...mungkin ini penyebab dan cara mengatasinya"