Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang usaha cuci motor steam...Stabil dan nggak ada matinya

Peluang usaha cucian motor steam . Mencuci motor adalah sebuah pekerjaaan simple yang siapa saja bisa melakukan. Apalagi jika itu motor kesayangan. Namun seringkali hal-hal kecil seperti ini berbenturan dengan waktu. Mungkin karena kesibukan, banyak orang merasa malas untuk mencuci motor. Padahal setiap orang pasti ingin motor kesayangannya selalu mengkilap dan bersih.Selain itu motor akan selalu kotor karena pemakaian sehari-hari.Terutama di musim hujan,jadi paling tidak 2-3 hari sekali motor harus dicuci. Untuk orang orang yang kreatif maka hal seperti ini bisa menjadi ide untuk berwira usaha yang sangat menjanjikan. Apa saja yang diperlukan untuk membuka usaha cuci motor steam profesional , berapa kisaran modal usaha dan keuntungan....silahkan baca sampai tuntas peluang usaha cuci motor steam....stabil,nggak ada matinya...

peluang usaha cuci motor otomatis,modal usaha cuci motor,modal usaha cuci motor hidrolik,modal usaha cuci motor sederhana,peluang usaha cuci motor,peluang usaha cucian motor,peluang usaha cuci motor salju
foto : ilustrasi
Prospek usaha cuci motor

Usaha cucian motor adalah salah satu peluang usaha dengan modal kecil. Hanya dengan modal awal kurang lebih 5 jutaaan,usaha ini sudah bisa dijalankan. Yang paling utama adalah prospek usaha cuci motor tersebut yang sangat bagus.. Peluang usaha cuci motor memang tidak terlalu banyak peminatnya. Padahal jika dihitung dengan cermat,usaha cucian motor juga sangat potensial. Sebagai gambaran sekilas dengan ongkos cuci motor antara Rp. 5000 - 7000 dan dengan rata-rata mencuci setidaknya 25- 30 motor dalam sehari maka potensi pendapatan sudah lumayan. Paling tidak kita akan mendapat keuntungan bersih 70ribu hingga 90 ribu. Kok bisa ya....? bagaimana tips menjalankan usaha cuci motor dan perhitungan modalnya... baca sampai selesai peluang usaha cuci motor.

Pemilihan tempat/lokasi

Untuk memulai usaha cucian motor dengan modal kecil kita harus betul betul memperhitungkan segala sesuatunya dengan cermat. Hal pertama yang perlu kita prioritaskan adalah tempat. Karena hanya motor yang akan kita layani , tempatnya tidak perlu luas. Yang penting adalah strategis.

Beberapa tips untuk tempat usaha cucian motor adalah :

Letak mudah dijangkau di tepi jalan tapi jangan tepi jalan besar . Seringkali banyak orang berfikir bahwa tepi jalan yang ramai bagus untuk setiap usaha. Dekat jalan kampung justru lebih baik. Kita juga bisa mencari tempat yang dekat dengan bengkel yang sudah ramai. Perhatikan ukuran tempat jangan terlalu kecil agar tempat cuci dan pengeringan agak jauh. Jika tidak kamu bisa berikan sekat pembatas.
Yang ketiga perhatikan pasar,mana yang ingin kamu sasar. Warga kampung atau bisa juga area dekat kampus dan industri yang kira2 banyak orang yang terlalu sibuk untuk mencuci motor
Keempat kebersihan,tempat harus rapi dan bersih agar kita punya pelanggan tetap

Peralatan lengkap

Dalam segala hal tentu saja harus ditunjang dengan peralatan lengkap. Untuk mengawali usaha cuci motor steam paling tidak kita harus memiliki perlengkapan berikut :

1 set Mesin Cuci Steam ,Tabung Salju Steam 20L,  Kanebo, Spons halus , lap mikrofiber (bisa handuk halus kecil),kompressor 1HP ( bisa listrik atau mesin bensin.

set peralatan cuci steam
Sedangkan untuk sabun cuci kamu bisa beli per liter, sediakan juga semir ban dan silikon yang juga bisa dibeli per liter. Dan dengan perlengkapan diatas paling tidak membutuhkan modal awal sekitar 3-4 jutaan tergantung merk peralatan yang kamu beli. Dan untuk lebih detail kamu bisa baca modal awal dan analisa penghasilan usaha cuci motor steam sederhana.

Service dan pelayanan memuaskan



Pelayanan dan keterampilan yang baik akan membuat pelanggan mau kembali lagi saat ingin mencuci motor. Kita juga harus ramah dan berinteraksi agar pelanggan betah. Saran saya belajarlah terlebih dahulu dengan melihat-lihat tempat cucian yang sudah punya banyak pelanggan.

Promosi

Promosi adalah hal penting yang tidak bisa kita abaikan. Buatlah baliho atau spanduk nama usaha kita dan jangan lupa tambahkan slogan. Mirip kampanye gitulah....contoh
" masdjo cuci motor steam .... Cuci 5 kali gratis cuci 1 kali"
Dan cuci gratis 1 kali adalah metode ampuh untuk mendapatkan pelanggan setia. Selain itu standarkan harga dengan tempat cuci motor lain. Jangan terlalu mahal agar pelanggan tidak kabur.

Kenyamanan pelanggan


Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha cucian motor adalah kenyamanan. Tentu saja seseorang harus menunggu saat motor dicuci hingga di keringkan. Saat itulah kenyamanan dari tempat tunggu hingga aksesoris lain seperti musik,koran dll akan menentukan maju atau tidak nya usaha cuci motor kita. Tentu kamu ingin usahamu terus berkembang bahkan mungkin memiliki karyawan. Kita harus selalu inovatif dan berfikir kedepan melihat peluang lain. Misal, kita bisa menambah untuk berjualan minuman atau rokok. Bisa juga mengembangkan usaha dengan cuci helm,tambal ban dll.  Jadi... selamat mencoba, jangan lupa membaca tips agar usaha cucian motor tetap laris dan mendatangkan pelanggan setia.

Posting Komentar untuk "Peluang usaha cuci motor steam...Stabil dan nggak ada matinya"