Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Versi legal pertamini,ini syarat dan kisaran modal membuka SPBU mini/Pertashop

sobatlima.com Peluang bisnis usaha pertamini resmi | Pertashop/SPBU mini untuk UMKM,syarat dan modal yang dibutuhkan. Usaha pertamini memang cukup marak di berbagai tempat. Hanya dengan modal dibawah 20 jutaan sudah bisa memiliki pertamini. Namun memang usaha tersebut ilegal dan hingga saat ini belum ada izin resmi untuk usaha tersebut. Atau dengan kata lain bensin eceran modern.

pertashop,pertashop pertamina,modal pertashop,pertashop biaya,pertashop adalah,pertashop 2020,spbu mini,spbu mini legal,spbu mini exxon,spbu mini pertamina,spbu mini g lite,spbu mini resmi,spbu mini pertashop,pom mini,pom mini digital,pom mini manual,pom mini terdekat,pom mini bekas,pom mini harga,pom mini terbaru,modal pertashop,syarat menjadi mitra pertashop,berapa modal usaha pom bensin mini
pic : pertamina

Memang sekilas pertamini terlihat resmi karena nozzle dan tampilan fisik peralatan mirip dengan SPBU pada umumnya. Tapi sebenarnya tidak karena pihak Pertamina hanya menyalurkan Bahan bakar hingga SPBU. Kabar baiknya, Pertamina telah membuka pintu untuk usahawan yang ingin bergelut di bisnis SPBU mini ini secara legal. Dalam arti kita bisa menjadi mitra resmi pengecer bbm.  Lalu berapa modal usaha pom bensin mini ini kita akan bahas pada artikel ini.

SPBU mini ini nantinya dapat kita miliki secara resmi. Tentu ada beberapa syarat untuk membuka usaha ini, apa saja syarat yang dibutuhkan dan berapa kisaran modal yang harus di keluarkan? sobatlima.com akan membahas secara tuntas syarat dan modal yang dibutuhkan untuk membuka pertashop atau SPBU mini.

Antara Pertamini dan pertashop

Sebelum kita membahas lebih jauh ada baiknya kita ketahui apa kelebihan dan kekurangan pertashop dibandingkan pertamini.
Secara sistem dan alat hampir sama,hanya saja pertamini kapasitasnya hanya sekitar 200 liter berupa drum yang ditanam dan bagian atas ditutup beton. Berbeda dengan pertashop yang kapasitas penyimpanan lebih besar. Pertashop digadang-gadan akan menggeser bisnis pertamini. Namun belum tentu juga karena untuk UMKM bermodal kecil belum tentu mampu untuk membuka usaha pertashop.

Dilihat dari segi keamanan pertashop lebih terjamin karena semua sistem baik peralatan maupun tempat akan distandarkan oleh pertamina. Dan juga takaran sangat akurat dibanding pertamini.

Kekurangan pertashop adalah kita harus mematuhi semua persyaratan yang ditentukan pertamina,baik desain maupun standar operasional keselamatan bahkan hingga ukuran luas lahan. Sedangkan pertamini bebas dan tidak perlu lahan luas. Syarat juga tidak terlalu rumit karena hanya cukup meminta izin dari polsek atau desa setempat untuk bisa membeli BBM yang akan dijual dari SPBU.

Syarat dan kisaran "modal Pertashop"

Pertamina bekerja sama dengan tiga BUMN lain yaitu Len Industri,PT Pindad dan PT barata untuk mewujudkan Pertashop. Ada tiga jenis pertashop yang bisa kita pilih sesuai luas lahan dan kisaran modal. Sedangkan keuntungan bisa diperkirakan Rp 3-7,5 juta untuk Gold, Rp 4,75-12,5 juta untuk mitra Platinum, dan Rp 14-28 juta untuk Diamond ( sumber detik.com) . Jadi paling tidak memerlukan beberapa tahun untuk balik modal. Nantinya SPBU mini / Pertashop tersebut akan menyalurkan BBM sesuai dengan SPBU pada umumnya yakni oktan atau RON 92 setara Pertamax. Dari segi harga juga  sama dengan yang dipasarkan di SPBU Pertamina lain. Berikut 3 jenis mitra pertamina berdasalkan nilai modal investasi.

1. Gold

Pertashop gold berkapasitas 400 liter perhari untuk distribusinya. Luas lahan yang dibutuhkan paling tidak 144 m3. Dan minimal berjarak 10 km dari SPBU terdekat.

sebagaimana SPBU Pertamina pada umumnya.[3][6] Harga satu alat Pertamini manual adalah sekitar 6,5 juta sementara alat Pertamini digital adalah sekitar 15-17 juta rupiah. Untuk pertashop gold ini paling tidak kita harus menyiapkan modal 300 jutaan.

2.Platinum

Sedikit lebih besar,Platinum memiliki kapasitas penyimpanan hingga 10 kl liter. Selain itu pertashop ini mampu menyalurkan 1000 liter perhari. Luas lahan yang perlu kita sediakan adalah 200 m3 dan tidak tanggung tanggung,kita harua merogoh kocek sekitar 500 jutaan untuk investasinya. Selain itu lokasinya harus di sebuah kecamatan yang belum ada SPBU.

3. Diamond

Namanya saja diamond... Modal 700 juta dan semuanya berbentuk uang adalah harga untuk mitra Diamond. Kapasitas penyaluran hingga 3000 liter perhari dan paling tidak lokasinya ada di satu kecamatan yang belum ada SPBU. Paling tidak dibutuhkan luas lahan 500 m persegi untuk tangki timbun 10 kilo liter

Cara mengajukan dan persyaratan

Untuk luas dan kisaran modal sudah saya jelaskan diatas. Sedangkan persyaratan lain adalah :

1. Siapkan lahan dan lokasi

Pemilik pertashop harus menyiapkan lahan/lokasi yang lengkap dan akan disurvei pihak pertamina dari luas,lokasi hingga jarak ke SPBU terdekat.

2. Mengurus izin
Setelah itu, lakukan pengurusan administrasi perizinan ke pemda setempat jika lokasi sudah fix

3. Desain
Selanjutnya dapat mengajukan rancangan atau desain pembangunan.

4. Kontrak kerja mitra pertamina
Jika semua syarat terpenuhi maka kita bisa melakukan kontrak kerja sama dengan Pertamina dengan durasi 10-20 tahun.

Demikian sekilas syarat dan cara kerja serta modal yang dibutuhkan untuk usaha pertashop atau SPBU mini. Untuk lebih detai akan aaya bahas pada artikel berikutnya.

diolah dari berbagai sumber




Posting Komentar untuk "Versi legal pertamini,ini syarat dan kisaran modal membuka SPBU mini/Pertashop"