Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips memilih dan cara cek mobil bekas berkualitas dengan harga murah

 Sobatlima .com Membeli mobil baru tentu saja harapan kita yang menginginkan alat transportasi ini. Namun mobil di Indonesia hargnya memang relatif mahal dan tidak semua orang bisa menjangkau. Salah satu alternatif populer adalah membeli mobil bekas. Yups seperti saya contohnya. Namun membeli mobil bekas tidak boleh sembarangan, apalagi jika kamu awam soal mesin mobil. Bisa-bisa kamu cuma buang uang saja. Saya akan sedikit cerita pengalaman membeli mobil bekas beberapa tahun lalu. Alkisah,budget yang saya miliki adalah 30 juta up sedikit. Saya menginginkan mobil yang simple dan cukup untuk keluarga kecil saya (4 0rang) Browsing sana-sini,keluar masuk dealer mobil bekas,sampai lewat makelar akhirnya pilihan jatuh pada Timor DOHC 2001 yang akhirnya menjadi kesalahan besar. Karena memang saya kurang pengalaman waktu itu,alhasil biaya perbaikan saja mencapai 20 an juta. (tepuk jidat) Akhirnya mobil saya jual murah 22,7 juta. Hal tersebut menjadikan saya lebih teliti dalam memilih mobil bekas dan mau belajar sedikit demi sedikit soal mesin. Nah khusus sobat akan saya sharing tips apa saja yang paling penting untuk membeli mobil bekas. Namun sebelumnya saya sarankan jika sobat masih sangat awam soal mobil,lebih baik uangnya kamu tabung dulu paling tidak cukup untuk beli avanza/xenia bekas,sukur mobil baru. Atau jika dibawahnya sedikit bisa cari sedan2 keluaran toyota. Untuk penggemar solar bisa memilih si harimau hitam panther yang katanya "nyaris tak terdengar".


TERKAIT cara mengecek mesin mobil bekas,tips membeli mobil sedan tua,pengalaman beli mobil bekas di showroom,cara negosiasi mobil bekas,yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas,tips membeli mobil bekas honda accord,tips membeli mobil bekas tahun 90an,tips membeli mobil bekas xenia,mobil bekas olx,mobil bekas avanza 2012,kredit mobil a bekas,mobil bekas cicilan 1 jutaan,mobil bekas dibawah 50 juta,mobil bekas dibawah 70 juta,mobil bekas honda city,mobil bekas harga 70 jutaan,mobil bekas harga 100 jutaan,mobil bekas hyundai,mobil bekas honda civic,mobil bekas honda brio,mobil bekas harga 60 jutaan,mobil bekas harga 30 juta
foto: timor dohc 2001


Tips memilih mobil bekas untuk pemula.

Pengalaman saya memiliki mobil bekas Timor dulu membuat saya mengerti permesinan sedikit-sedikit. Karena tentu saja banyak yang sudah saya perbaiki hingga menghabiskan total 20 juta.

Budget harga

Yang pertama kita harus menyesuaikan kemampuan finansial kita,berapa budget yang kita miliki untuk membeli mobil bekas. Apakah mobil bekas dibawah 70 juta,dibawah 50 juta atau 30. Sehingga kita bisa mencari referensi terlebih dahulu. Misal bisa kita lihat-lihat di mobil bekas OLX misalnya. Atau grup-grup Facebook mobil bekas. Nah setelah itu perburuan dimulai,tentu dengan harapan tidak kemahalan karena paling tidak kita punya sedikit perkiraaan harga mobil bekas. Atau mungkin kamu ingin membeli mobil bekas kredit dengan DP berapa? dll Mari kita ikuti langkah2 berikut ini

Cek body mobil keseluruhan

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dan cek betul-betul adalah body mobil. Cek bagian luar dulu keretakan pada cat,masih kaleng atau tidak. Periksa bagian kolong juga apakah ada karat atau tidak,hingga buka semua karpet bagaimana tingkat karatnya jangan sampai beli mobil bekas kebanjiran

Cek chasis

ini juga penting lihat bagian kolong sasis kelurusan sasis,sambungan sambungan hingga sudut roda yang lurus atau miring. Cek juga suspensi dengan mencoba mengendarainya terlebih dulu.

Kondisi mesin

Nah setelah body tentu saja kita periksa mesin. Yang pertama jangan terkecoh saat kita buka kap mesin. Mesin yang bersih dan kinclong belum tentu mesin tersebut terawat. Bisa saja mesin dibersihkan terlebih dulu sebelum ditawarkan (bukan suudzon).


Nyalakan dulu paling tidak 10-15 menit sambil ngobrol sana-sini. Lalu buka lagi kap mobil periksa apa ada rembesan oli di area mesin. Jika ada,tak usah tanyakan sebabnya tapi langsung pending saja cari yang lain.
Cek ketinggian oli berapa lama terakhir diganti,jika baru satu bulan diganti tapi sudah banyak berkurang berarti mesin kurang sehat. Mesin sehat bisa dilihat saat pagi dipanaskan,lihat melalui kenalpot,coba gas jika keluar embun sedikit dan tidak keluar asap yang membuat pedih mata,berarti meain sehat.

Kabel kelistrikan

Cek juga kabel kabel kelistrikan jangan sampai ada yang di selotip. Jika perlu ganti saja kabel nya. Cek aki,masa berlaku dan bagaimana pengisiannya.
Nyalakan semua lampu dari depan hingga belakang apakah berfungsi normal atau tidak.

Cek Radiator

Radiator adalah elemen penting,jangan sampai terjadi kebocoran. Tanyakan pakai coolant atau air biasa? kalau pakai air biasa jika jadi dibeli kuras saja dan ganti dengan air coolant. Untuk cek radiator.
Buka tutup radiator dulu nyaalakan mesin sampai ada air keluar dari lubang radiator. Matikan mesinnya,kalau air keluar dari lubang dengan cukup besar muncratannya berarti radiator tidak bocor. Tapi tetap saja periksa apakah ada rembesan kecil pada radiator apalagi jika sudah ada tambalan.

Cek Power steering

Nyalakan mesin biarkan pada posisi diam,lalu putar setir hingga mentok! perhatikan dan dengarkan ada atau tidak bunyi aneh seperti mendengung. Kalau ada berarti power steering bermasalah dan perlu pemeriksaan lebih lanjut.

AC

Untuk memeriksa AC nyalakan saja AC sambil perhatikan rpm pada speedo,bila naik turun maka ada masalah pada kabel-kabel dan juga setelan mesin. Angin yang keluar harus cesss dingin. Periksa pipa Ac di kap mobil,pegang dan jika dingin juga berarti AC normal.

Rem dan kopling

Terakhir cek Rem,tanyakan kapan kampas kopling diganti dll. Lalu hitung kira-kira akan banyak perbaikan atau tidak. Ingat juga TEST DRIVE adalah hal wajib. Sekalipun kamu tidak tahu menahu soal mesin,jangan dengarkan saran atau cerita penjual meskipun mereka seorang ahli mesin.Cukup rasakan dan periksa sendiri. Coba bawa mobilnya,rasakan dengan feeling. Sekecil apapun masalah pada mobil akan terasa meskipun kita awam. Entah itu getaran mobil,setir kurang anteng dll. Namun yang lebih saya sarankan kalau bisa beli mobil baru ( he..he..he..) amin,saya doakan pembaca semua tidak perlu beli mobil bekas tapi langsung buka bungkus di dealer....Terimakasih.



 

Posting Komentar untuk "Tips memilih dan cara cek mobil bekas berkualitas dengan harga murah"