Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membedakan ulasan asli / palsu di situs belanja online!!

Sobatlima.com||Tips membedakan ulasan palsu saat belanja online||Tips & trik 
Dunia digital online memang memiliki banyak sisi positif namun banyak juga sisi negatif. Salah satu yang kita sorot ada banyaknya penipuan jual beli online. Di medsos atau bahkan di situs E-commerce terkenal pun kita masih bisa tertipu,entah dari segi kualitas barang atau yang lainnya.

Jual beli online untuk saat ini semakin menjangkau banyak lapisan masyarakat. Banyak marketplace resmi yang tentu saja sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Untuk lokal misalnya, ada Bukalapak,Tokopedia,OLX,Sophee dan lainnya. Konsep mereka juga sama dengan Ebay atau alibaba. Berkaca dari pengalaman,ada beberapa hal tidak menyenangkan yang pernah saya alami. Misalnya,barang berkualitas jelek tidak sesuai yang dipesan,cacat dll padahal jika dilihat dari review atau testimoni produk bagus dan banyak komentar positif. Untuk itu kita juga harus jeli dalam memilah barang dan juga seller. Jangan tergiur harga murah dan foto barang yang terlihat bagus.

cendet gacor,cendet betina,cendet madura,cendet banyuwangi,cendet semi,cendet kepala hitam,cendet kembang,cendet anakan,cendet alas,cendet agar gacor,cendet agar cepat mabung,cendet biar gacor,cendet bahan,cendet biar gacor terus,cendet cuma bunyi toet toet,cendet coklat gacor,cendet diam membisu,jenis cendet di indonesia,burung cendet di alam liar,cendet full isian mp3,cendet full tembakan gereja tarung panjang,cendet full tembakan kasar,masteran cendet,harga cendet terbaru   ulasan palsu tokopedia ulasan palsu di shopee ulasan palsu bukalapak ulasan palsu di tokopedia penipuan bukalapak 2019,ciri penipuan bukalapak,celah penipuan bukalapak,modus penipuan lewat bukalapak,lapor penipuan bukalapak,penipuan mengatasnamakan bukalapak


Dalam situs belanja online seperti yang saya sebutkan diatas,pada tiap proguk biasanya memiliki rating atau bintang yang pastinya kamu lihat saat akan melihat-lihat barang. Hal tersebut menjadi sebuah catatan bahwa produk tersebut bagus dan sudah banyak yang beli sehinhga menimbulkan kesan terpercaya. Dan selain itu akan ada ulasan produk langsung oleh konsumen. Komentar bermacam macam mengenai harga,kualitas produk,lama pengiriman dll. Dan pasti kita akan melihat bagaimana ulasan-ulasan produk sebelum membeli. Tapi genks... saya sarankan jangan langsung percaya dengan ulasan produk tersebut. Kita harus jeli dan jangan langsung transaksi setelah melihat ulasan hebat dari banyak pembeli. Bisa jadi itu ulasan palsu yang memang digunakan seller untuk meningkatkan exposure produk yang dijualnya. Lalu bagaimana sebagai pembeli kita bisa memastikan itu ulasan palsu atau bukan..??? ok genks simak beberapa tips berikut ini

Cek tanggal ulasan

Yang pertama coba lihat dengan jeli tanggal kapan ulasan itu di buat. Contoh,sebuah sepatu mendapatkan ulasan positif sebanyak 150 orang,dan scroll terus kebawah hampir 100 ulasan memiliki tanggal yang sama that's normal??? tenti tidak kan. Sudah jelas itu ulasan palsu yang dibuat untuk meningkatkan rating produk. Atau bisa juga ulasan terorganisir dari segi waktu dan jumlah. Misal produk ada ulasan 100 tapi tanggal dan jarak ulasan sangat berdekatan dan memiliki pola tertentu. Tanggal 1 ada 20 orang kemudian tanggal 2 mendapatkam 25 ulasan dst...janggal bukan??


Tidak ada foto profil

Sudah hukan rahasia lagi ada jual beli ulasan oleh oknum tertentu. Setiap pesanan mereka tentu harus bergerak cepat membuat banyak akun palsu. Misalkan mereka mendapat pesanan 200 ulasan, pasti tidak sempat mencari 200 foto profil palsu kan?? kalau memang ada foto profilnya,pasti mereka akan bekerja sangat keras yang pastinya merugikan dari segi waktu.

Lihat nama profil si pemberi ulasan

Biasanya profil pemberi ulasan palsu hanya memberikan ulasan pada satu pedagang dengan beberapa produk. Perhatikan nama mereka pasti sangat janggal. Misal Budi , james,david julian, dll



Lihat Gaya Tulisan

Gaya tulisan ulasan palsu biasanya sangat singkat tapi kasih rating atau bintang 5....contoh



"barang bagus banget"
"recommended!!"
"wahh keren banget,sangat recommended,rapi kualitas bagus!!"

Ulasan asli biasanya lebih detil dan biasanya disertakan kekuranganya apa contoh :



" Sepatunya udah nyampe,kualitas bagus sesuai pesanan,packing bagus dan rapi,tidak ada cacat sama sekali cuma pengirimannya telat,tapi nggak apa2 saya puas "

Bintang 3 atau 4 biasanya asli

Sebagus apapun suatu produk pasti ada saja orang yang kurang suka. Kalau ada suatu produk dengan ulasan 500 bintang 5 semua patut dipertanyakan. Menurut saya bintang 3-4 lebih rasional.

Ulasan sampah??

Tiap seller pasti bersaing dari segi harga maupun kualitas jika produknya sama. Namun yang bikin jijik jika ada pedagang curang yang meberikan ulasan jelek pada pesaingnya padahal barang sama. Tapi ini sangat jarang.

Tips ini bisa kamu terapkan bukan hanya di marketplace online terkenal saja tapi juga bisa digunakan di facebook dan yang lainnya. Sebenarnya akan lebih baik jika tiap aplikasi belanja online memiliki pendeteksi ulasan palsu mirip fakespot-nya amazon.

 

Posting Komentar untuk "Cara membedakan ulasan asli / palsu di situs belanja online!!"