Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan khasiat Minyak burung Bubut untuk Pengobatan

sobatlima.com Burung Bubut yang memiliki nama ilmiah centropus cuculidae tersebar hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Burung bubut atau butbut juga di temukan di beberapa negara Asia seperti India, Tiongkok dan juga Filipina. Di Indonesia sendiri ada 12 jenis Burung bubut menurut Wilayahnya. Salah satu yang cukup populer dipelihara adalah Bubut Pacar Jambul. Namun terkhusus untuk Bubut Jawa,populasinya cukup langka bahkan bisa dikatakan endemik. Salah satu penyebabnya adalah Burung bubut banya diburu untuk dijadikan obat penyembuhan berbagai macam penyakit. Nah,khusus untuk artikel kali ini akan membahas khasiat dan fungsi Minyak Burung bubut sebagai obat.

minyak bubut hpai,minyak but but,minyak bubut adalah,minyak but but asli dan palsu,minyak but but asli kalimantan,minyak but but asli cap 3 tangan,minyak but but anak,minyak burung bubut asli,minyak bubut untuk ambeien,minyak bubut burung,minyak bubut berasal dari,minyak bubut buat luka,minyak burung bubut kalimantan,minyak bubut dayak,minyak bubut hpai untuk eksim,efek samping minyak but but,minyak herba sinergi untuk eksim,fungsi minyak bubut,fungsi minyak bubut hpai,minyak but but untuk gatal minyak but but jerawat,minyak but but untuk jerawat,minyak but but kegunaan,minyak but but kalimantan,khasiat minyak but but,manfaat minyak but but kalimantan,minyak but but merah,minyak bubut untuk mata,nama lain minyak but but,minyak but but patah tulang


Mengenal sekilas Burung Bubut

Burung bubut memang sekilas menyeramkan. Apalagi ada beberapa jenis yang memiliki iris mata merah menyala,tatapanya tajam sekilas mirip Predator yang siap mencabik mangsa. Tapi jangan salah sob...Burung bubut hanya memakan serangga kecil seperti belalang dan juga ulat. Beberapa memiliki ukuran tubuh yang cukup besar hingga 50 cm sampai ekor. Bubut juga memiliki suara khas yang terdengar ngebass. But...but...buuuttt karena itu disebut burung Bubut,Butbut atau bobot. Ada juga di sunda sering disebut Lontrok Sunda.

Benarkah minyak Bubut berkhasiat untuk beberapa macam penyakit?

Belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa minyak bubut memiliki kandungan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun kepercayaan masyarakat yang sudah membuktikan bahwa memang Minyak bubut mampu menyembuhkan beberapa penyakit ringan dan memang sudah digunakan turun-temurun. Diantara manfaat minyak bubut untuk obat penyakit adalah:

  • Obat gusi bengkak
  • Sariawan
  • Obat sendi yang sakit
  • Luka bakar
  • Perut kembungb
  • Obat Masuk angin
  • Wasir/Ambeien dan beberapa penyakit lainnya.

Minyak bubut banyak dijual di toko Jamu dan toko herbal. Jadi fungsi dan juga cara pakainya mirip dengan minyak kayu putih atau urut. Tapi cukup sulit untuk mendapatkan minyak burung bubut yang asli. Memang di toko belanja online banyak tersedia. Tapi coba lihat komposisi bahan pada botolnya kebanyakan bahan herbal biasa.

Minyak Bubut untuk Pengobatan Patah tulang

Minyak bubut sudah sangat lama digunakan untuk pengobatan patah tulang atau sekedar terkilir. Dan memang sudah banyak yang membuktikan. Untuk Patah tulang cukup parah biasanya diurut dengan minyak bubut ini.

Kisah dibalik Minyak bubut sebagai obat patah tulang

Sarang bubut

Ada cerita unik mengapa minyak bubut digunakan untuk pengobatan patah tulang. Konon untuk berburu minyak bubut,maka pemburu harus mencari sarang burung bubut tersebut. Hal itu sangat sulit karena kebanyakan burung bubut membangun sarang si semak belukar yang rata rata memiliki tinggi 1,5 m. Saat pemburu menemukan sarang yang berisi anakan bubut maka mereka akan mematahkan kaki anakan burung tersebut. Beberapa hari kemudian mereka akan datang lagi dan ternyata kaki anakan sudah kembali sembuh. Entah bagaimana induk bubut menyembuhkan kaki patah anakan bubut.
 Hal tersebut dliakukan sampai 3 kali baru anakan burung bubut diambil. Anakan bubut akan digoreng untuk diambil minyaknya. Penasaran kan?? coba saja,tapi apa tega...?

Sebenarnya tulang yang patah mampu menyembuhkan secara alami walaupun tanpa minyak bubut. Tulang yang patah biasanya akan mengalami proses penyembuhan dwngan tumbuhnya sel tulang baru yang semakin memadat seiring waktu. Tinggal bagaimana perawatan yang digunakan.

Burung bubut semakin langka

Akibat perburuan burung bubut terutama bubut Jawa semakin langka bahakn menyandang status endemik. Bahkan Badan Konservasi Dunia memberika status rentan atau Vulnerable untuk kelangkaan burung ini. Jadi seandainya sobat memiliki burung bubut lebih baik kalau bisa diternakan. Budidaya Burung bubut juga sudah mulai dilakukan beberapa orang. Jika auatu saat sobat menemukan atau memiliki anakan Burung bubut yang masih bayi sobat bisa pelajari cara merawat Burung bubut anakan.

-Terimakasih

Posting Komentar untuk "Manfaat dan khasiat Minyak burung Bubut untuk Pengobatan"