Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pertolongan pertama dan cara Mengatasi gigitan dan racun ular Weling

Ular Weling berukuran kecil namun cukup panjang. Ular Weling berwarna putih dengan belang strip hitam ini merupakan salah satu ular berbisa dengan tingkat bisa nomor tiga paling mematikan di dunia. Ular berbahaya ini memiliki nama latin Bungarus candidus atau biasa disebut ular belang. Seberapa bahayakah ular weling ??? Menurut Buku tentang racun atau bisa ular Poisonous Snake Karya Tony Phelps,bisa ular weling dapat membunuh manusia hanya dengan 1mg bisa ular saja. Bandingkan dengan ular Cobra yang harus mengeluarkan sekitar 15mg bisa untuk dapat membunuh seorang manusia. Atau bisa dibilang,ular weling hanya memerlukan sekali gigitan untuk dapat membunuh manusia. Dalam sekali gigitan,ular ini megeluarkan Bisa sebanyak 4,5 mg. Atau bisa juga dengan racun ular black mamba yang paling tidak 2 tetes untuk bisa mematikan.


racun ular weling,bisa ular weling,bahaya ular weling belang,pertolongan pertama digigit ular berbisa,


Ular inilah yang menewaskan Iskandar,seorang satpam di Cluster Michela,Serpong beberapa waktu yang lalu. Diketahui berdasarkan penuturan warga, Iskandar memang menangkap ular tersebut dengan tangan kosong. Ular tersebut berhasil menggigit telunjuk kiri iskandar setelah ditangkap. Mungkin Iskandar tidak mengetahui betapa bahayanya bisa ular weling tersebut,dan memang gigitan ular ini tidak menimbulkan rasa sakit atau bengkak seperti gigitan ular lainya. Bahkan,Iskandar sempat memainkan ular setelah digigit. Dan direkam melalui ponsel dalam format video yang tersebar luas di Facebook. Dalam video itu terlihat juga,Iskandar mencoba menghisap bisa ular tersebut. Namun,sekitar setengah jam kemudian Iskandar merasa lemas,mual dan pusing. Oleh warga langsung dilarikan ke Rumah Sakit,namun sekitar pukul 5.30 Iskandar meninggal dunia.

Dari kejadian diatas tentu saja ular weling tidak boleh dianggap remeh.

Pertolongan pertama

 Orang yang terkena bisa ular weling sangat fatal akibatnya jika tidak cepat di tangani. Biasanya setelah digigit ular berbisa orang cenderung menghisap darah bekas gigitan yang terbukti hanya mitos, atau mengikat area bagian tubuh yang terkena gigitan. Menurut Dr Wisnu pramudito D pusponegoro SPP cara di atas kurang tepat karena justru bisa memperparah kondisi korban, mengikat lengan misalnya itu pun harus dengan cara tertentu. Mengikat bagian tubuh tidak boleh terlalu kencang agar darah tetap bisa mengalir. Agar tidak merusak jaringan syaraf yang bisa berakibat amputasi. Cara tepat pertolongan pertama digigit ular sejenis ini yang pertama adalah tetap tenang dan jangan panik. Bisa ular jenis ini bersifat neurotoksin atau merusak jaringan saraf. Selain itu bisa jenis ini juga tidak menimbulkan sensasi sakit panas dan lain-lain seperti bisa ular pada umumnya. Jika sobat melihat korban gigitan ular ini,segera tenangkan korban. Korban gigitan ular weling harus dibaringkan, pada posisi ini bisa tersebut tidak akan menyebar secara sistemik. Setelah itu cari bantuan medis secepatnya.
 Jika sobat sendiri yang digigit perhatikan bagian mana terlebih dahulu. Yang paling utama adalah jangan panik!! kepanikan akan membuat racun ular weling cepat tersebar. Jika yang digigit bagian tangan,ikat dengan tidak terlalu kencang dan cari bantuan secepatnya,usahakan jangan sampai tangan bergerak. Atau lebih baik lagi berbaring. Setelah gigitan, efek racun fatal dan memiliki resiko kematian yang tinggi adalah diatas 5 jam. Jadi sebelum itu harus segera diberi pertolongan medis.

Lalu Bagaimana jika kita sendirian di hutan atau area perkebunan??.  Menurut dokter Tri Maharini, cara terbaik adalah tetap berbaring dan menunggu pertolongan datang,jika tidak ada pertolongan tetaplah diam dan jangan bergerak sampai pertolongan datang. Bisa atau racun ular weling akan keluar dengan sendirinya dalam waktu 2 kali 24 jam. Apalagi jika digigit bagian kaki, Jangan pernah sekalipun mencoba untuk berjalan atau berlari .

Posting Komentar untuk "Pertolongan pertama dan cara Mengatasi gigitan dan racun ular Weling "