Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan cara Mengatasi Tindihan ( sleep paralysis ) menurut ilmiah

Assalamualaikum sobat lima,semoga selalu berbahagia. Pernahkah sobat mengalami ketindihan/tindihan..?? Bagaimana bisa kita mengalami tindihan...Dan benarkah mitos kita diganggu jin,hantu dsb. Apakah tindihan berbahaya dan bisa mematikan?Pertanyaan-pertanyaan tersebut kadang muncul saat kita mengalaminya.
Mengalami tindihan itu rasanya benar-benar sangat tidak mengenakkan,rasanya sadar namun tidak bisa menggerakkan anggota tubuh. Kadang kalian bisa melihat semua ruangan saat kalian tidur, tapi bener-bener nggak bisa bergerak dan rasanya tubuh itu terpaku di atas tempat tidur. Mau teriak juga susah karena mulut juga susah digerakkan.


Menurut banyak mitos dan kepercayaan di Indonesia bahkan di banyak negara, Tindihan banyak dikaitkan dengan mahkluk halus,jin,hantu dsb. Di barat biasa disebut mimpi buruk inkubus atau old hag. Di indonesia namanya juga macam-macam. Tindihan,ketindihan,Tindisan,eurep-eurep di sunda. Pada kesempatan kali ini akan saya bahas cara mengatasi tindihan,bagaimana pandangan medis dan penjelasan ilmiah tindihan dan juga tindihan menurut islam.

Dalam segi medis maupun ilmiah,fenomena tindihan disebut sleep paralysis. Secara sederhana dalam otak kalian itu sangat banyak sekali gelombang-gelombang aktivitas saraf yang terus-menerus bekerja tanpa henti, saat kalian beraktivitas maupun saat kalian beristirahat. Jika mengalami sleep paralysis ini tubuh kalian benar-benar sudah terlalu lelah untuk bekerja maupun beraktivitas sedangkan otak kalian masih terus menerus on untuk menggerakkan anggota tubuh maupun Indra kalian. Dan menurut peneliti dari Universitas Waterloo Al cheyne, proses tidur itu terbagi dalam 4 proses dan tahap, tahap ringan,dalam,lebih dalam dan terakhir REM atau Rapid eye Movement. Pada tahap REM biasanya mimpi terjadi.
Jadi tindihan biasanya karena proses tahapan tidur tidak teratur dari tahap ringan langsung ke REM. Biasanya hal ini karena kelelahan,stress. Pada tahap ringan kita masih setengah sadar namun tubuh kita sudah pada posisi REM dan bermimpi. Biasanya halusinasi bermacam-macam dan berhubungan dengan mahkluk-mahkluk aneh. Jadi tidak salah jika banyak orang mengkaitkan dengan hal hal mistis.

Proses tadi sangat ilmiah dan sudah diteliti banyak ahli. Paling tidak 1-2 kali banyak orang pernah mengalaminya.Untuk menghindari tindihan berulang sebaiknya jangan terlalu memaksakan tubuh terlalu lelah. Istirahatlah yang cukup, tidur rata2 selama 8 jam perhari dan jangan paksakan tubuh untuk beraktivitas lebih dari biasanya. Karena hal tersebut bisa membuat kalian semakin mudah terkena tindihan. Apalagi jika tubuh kalian terasa sangat capek dan lelah ditambah banyak pikiran. Otak kita tidak berhenti untuk berpikir, tentu saja kalian akan semakin mudah terserang.

 Tips yang ke dua minimalkan stres. Nah ini agak susah ya karena setiap orang pasti punya pikiran dan masalah masing-masing yang terus-menerus dipikirkan. Sehingga membuat otak mereka tidak berhenti untuk bekerja. Untuk mengatasi kalian bisa refreshing ,rileks atau sebelum tidur melakukan yoga maupun berdoa terlebih dahulu agar tidur kalian menjadi lebih nyaman dan nyenyak. Jadi saat kalian mau tidur tidak ada hal-hal yang terus-menerus kalian pikirkan hingga terbawa mimpi sampai kalian mengalami sleep paralysis.

Yang ketiga jangan panik maupun takut saat kalian mengalami tindihan dan bermimpi bertemu hantu dsb. Kondisi tubuh kalian benar-benar lelah dan lemas itu membuat kalian sulit bernafas dan semakin ketakutan. Kunci utama untuk membebaskan diri dari tindihan ini adalah kalian harus rileks dan tenang. Memang sangat sulit, tapi anggaplah bahwa semua setan setan itu hanya halusinasi kalian akibat otak kalian yang terlalu lelah untuk berpikir. Pertama-tama kalian bisa mencoba untuk menggerakkan anggota tubuh yang paling sederhana yaitu jari-jari kaki maupun jari-jari tangan selain bisa. Tarik nafas yang sangat panjang dan menghadapi sleep paralysis dengan tenang. Sampai jari-jari kalian bisa digerakkan lalu jika kalian sudah bisa terbangun tenangkan tubuh kalian, jangan panik, jangan kaget dan jangan takut karena itu akan semakin membuat pikiran kalian terganggu.

 Yang keempat hindarilah posisi tidur terlentang atau posisi tidur yang bikin kalian bisa langsung terlelap. Kenapa ?! kalian sudah beristirahat dengan bebas namun otak kalian masih bekerja, jelas akan semakin memudahkan kalian terkena sleep paralysis.

Jika suatu saat mengalami tindihan ini secara berulang terus menerus lebih dari 3 kali per minggu dan bener-bener membuat kita semakin stres sampai mengganggu aktivitas ,segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui permasalahan kalian. Dan menemukan penyebab yang bikin kalian terus-menerus mengalami tindihan.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan cara Mengatasi Tindihan ( sleep paralysis ) menurut ilmiah "