Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat,jenis dan Cara memilih buah mangga yang baik dan manis

Assalamualaikum sobat lima semua Semoga selalu sehat dan berbahagia. Sobat mungkin tidak asing lagi dengan satu nama buah di negara kita. Ya...Mangga salah satu varian drupa atau kelompok buah batu (buah dengan 3 lapisan dinding pada bagian buahnya). Rasanya manis dengan bau yang khas. Cocok untuk dimakan langsung ataupun dibuat juz. Selain itu banyak juga makanan berbahan dasar mangga yang sedang hits seperti desert dari buah mangga,pancake,puding dll. Di negara kita,buah mangga tidak sulit ditemukan. Buah tropis ini memang ada di beberapa negara yang dilewati khatulistiwa seperti Indonesia,India,Pakistan,Tiongkok dan Thailand. Pada artikel sebelumnya sudah saya ulas tentang cara memilih buah durian yang baik,dan pada kesempatan kali ini akan saya tulis cara memilih buah mangga yang manis dan masih bagus.

buah mangga muda,buah mangga mengandung vitamin buah mangga untuk ibu hamil,buah mangga manalagi,buah mangga harum manis,buah mangga arumanis,buah mangga chokanan,buah mangga cepat berbuah,buah mangga cinawang,buah mangga cheese cake,vitamin di buah mangga,kalori di buah mangga,buah mangga red emperor,buah mangga golek madu,manfaat buah mangga bagi kesehatan
source : pixabay


Manfaat dan kandungan buah mangga

buah mangga muda,buah mangga mengandung vitamin buah mangga untuk ibu hamil,buah mangga manalagi,buah mangga harum manis,buah mangga arumanis,buah mangga chokanan,buah mangga cepat berbuah,buah mangga cinawang,buah mangga cheese cake,vitamin di buah mangga,kalori di buah mangga,buah mangga red emperor,buah mangga golek madu,manfaat buah mangga bagi kesehatan


Sebelumnya perlu diketahui bahwa buah mangga adalah buah yang sangat baik bagi tubuh karena memiliki banyak kandungan vitamin yang baik. Manfaat mangga bagi kesehatan juga banyak. Menurut Departemen pertanian Amerika ,USDA ( United States Department of Agriculture)
Buah mangga bisa mengurangi resiko penyakit kanker,memperkuat sistem imun, menjaga tulang tetap sehat,mengatasi sembelit,menjaga jantung,baik untuk mata dan juga menstabilkan tekanan darah.

Jenis buah mangga populer.

Mangga juga memiliki banyak jenis dan varietas. Semua varietas memiliki aroma khas mangga. Yang berbeda mungkin hanya tebal daging ,warna kulit dan bentuk buah. beberapa jenis buah mangga populer diantaranya adalahbuah mangga manalagi
buah mangga gedong gincu,mangga apel,mangga manalagi,mangga arum manis,mangga chokanan,mangga cingnawang,mangga india, mangga erek erek,mangga red emperor,mangga malibu dan mangga madu yang sangat manis.


Bagaimana cara memilih mangga yang bagus dan matang sempurna?

1.Tekstur buah mangga

 Pertama untuk mendapatkan mangga yang manis dan matang adalah perhatikan tekstur buah. Tekstur buah mangga yang matang adalah mangga yang bertekstur empuk, tidak keras di dalam. Kamu bisa mengeceknya dengan menekan setiap sisi luar,apabila daging buahnya masuk kedalam saat ditekan itu tandanya buah mangganya sudah matang.

2.Bau dan aroma

Coba buktikan rasanya mangga yang sudah matang dan manis memiliki aroma lezat khas buah mangga. Mangga yang sudah matang dan manis biasanya mirip seperti campuran nanas, melon ,dan wortel. Kalian bisa membayangkan baunya kan?

3.Bentuk

Memang ada buah mangga berjenis bulat yaitu mangga apel. Tapi sebagian besar buah mangga akan berbentuk memanjang. Dan yang perlu diperhatikan saat membeli mangga kalian harus perhatikan bentuk buahnya. Pilihlah mangga yang berbentuk bulat di atasnya. Mangga yang bagian atasnya berbentuk bulat biasanya lebih manis dibandingkan mangga yang bagian atasnya berbentuk gepeng dan lancip.

4.Kulit Buah mangga

Perhatikan kulit mangganya kalian harus dituntut lebih teliti karena mangga yang berkulit tipis dijamin lebih banyak dan tebal dagingnya dibanding kulit mangga yang berkulit tebal. Mangga yang berkulit tebal cenderung masih muda dan keras biasanya manis.

5.Warna

Namun jangan terpaku pada warna kulit mangga karena mangga memiliki berbagai macam varietas dan setiap varietas memiliki warna kulit yang berbeda-beda. Warna kuning pada mangga tidak menjamin akan manis,dan  warna hijau pada mangga belum tentu masih mentah. Lebih detai perhatikan jika ada bintik pada kulit. Makanya meskipun masih muda,kulit mangga yang memiliki bintik itu artinya bagus loh ini adalah salah satu tanda alami yang ditunjukkan sebenarnya berarti bahwa kandungan gula alami pada mangga yang berarti mangga tersebut sangat manis.

Demikian 5 Tips cara memilih buah mangga yang baik dan benar. Jika sobat juga punya tips lain dalam memilih buah mangga,bisa menambahkan di kolom komentar. Terimakasih
   

Posting Komentar untuk "Manfaat,jenis dan Cara memilih buah mangga yang baik dan manis"