Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis makanan di sekitar kita yang bisa menyebabkan atau menjadi pemicu kanker.

Assalamualaikum Semoga sobat semua selalu sehat dan bahagia. Karena kesehatan itu penting untuk kita. Tanpa kesehatan, mungkin kita tidak bisa beraktifitas dengan leluasa atau mungkin tidak bisa sama sekali.
makanan penyebab kanker usus,makanan penyebab kanker darah,makanan penyebab kanker payudara,makanan penyebab kanker serviks,makanan penyebab kanker lidah,makanan penyebab kanker kelenjar getah bening,makanan penyebab kanker tenggorokan,makanan pemicu kanker adalah,makanan apa penyebab kanker,makanan anak penyebab kanker,makanan atau minuman penyebab kanker,makanan pemicu kanker usus besar,makanan berlemak penyebab kanker,makanan berlemak tinggi penyebab kanker payudara,contoh makanan yang menyebabkan kanker,makanan penyebab kanker yang harus dihindari,makanan gosong penyebab kanker,makanan yang menyebabkan kanker kolorektal,penyebab kanker karena makanan
pic : doc pribadi
Untuk itu menjaga kesehatan menjadi suatu hal yang penting. Salah satu yang harus dijaga selain olahraga,adalah pola makanan yang sehat. Pada artikel kali ini,saya akan membagikan kepada sobat semua tentang makanan yang paling sering menyebabkan kanker atau karsinogenik. Kanker merupakan sebuah momok menakutkan terutama jika sudah akut. Kanker bisa menyerang bagian tubuh mana saja seperti, kanker otak,kanker payudara,kanker kolon,kanker serviks,kanker darah,hati dll. Jadi sobat bisa mengurangi jenis makanan tersebut dan bisa menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit kanker, terutama untuk sobat yang keluarganya punya riwayat sakit kanker. Atau paling tidak mengurangi agar resiko terkena penyakit kanker semakin kecil. Jadi simak ya beberapa jenis makanan di sekitar kita yang bisa menyebabkan atau menjadi pemicu kanker.

1.Makanan tinggi olahan/instant

Yang pertama adalah makanan tinggi olahan. Sebagai contoh mie instan, ciki-ciki kemasan. Orang yang sering mengkonsumsi makanan olahan tinggi itu 12% bisa meningkatkan resiko kanker . Biasanya menyerang kanker saluran pencernaan seperti lambung ,esofagus kanker usus, kanker kolon. Karena makanan instant sangat banyak sekali mengandung natrium,sodium,MSG, zat-zat kimia,maupun pengawetan bahan yang bisa membahayakan tubuh kita. Tapi bukan berarti tidak boleh sama sekali,namun disarankan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi makanan instan.

2. Kentang renyah

Yang kedua adalah kentang renyah atau french fries. French fries yang kalian beli yang renyah nya itu terbukti sebagai zat karsinogenik akibat zat yang disebut akrilamida. Akrilamida terdapat pada karbohidrat yang dimasak dengan suhu tinggi agar menciptakan kerenyahan itu, terbukti bisa mengganggu sistem reproduksi maupun sistem saraf kalian sehingga menimbulkan karsinogenik. Jika kalian ingin mengkonsumsi kentang renyah usahakan agar menggoreng kentang itu dengan warna keemasan dan jangan  sampai ada warna coklat maupun gelap kehitaman.  Semakin gelap warna kentang atau apa saja yang digoreng dengan  dengan warna gelap, semakin meningkatkan resiko munculnya kanker.

3.Alkohol

 Alkohol termasuk minuman bersifat karsinogenik. Meminum alkhol berlebihan atau rata rata 1 gelas perhari itu bisa meningkatkan resiko kanker payudara , kanker orofaring, Kanker esofagus dan kanker usus. Semakin banyak Kalian minum alkohol setiap harinya ,akan semakin tinggi resiko kalian terkena kanker. Makanya sangat disarankan untuk membatasi konsumsi alkohol agar terbebas dari kanker.

4.Daging olahan

Daging asap olahan seperti daging, sosis bakar, hamburger, hotdog dll juga mempunyai zat yang bisa menjadi karsinogenik jika tidak diolah dengan benar. WHO menemukan bahwa daging daging yang sudah diproses ataupun diasinkan, difermentasi, diberi pengawet,lalu dibakar itu semakin meningkatkan resiko terjadinya zat karsinogenik yang menyebabkan kalian terkena kanker. Emang sih enak banget kan kalau dikonsumsi karena ada penyedap rasa ,garam pengawet ,tapi ternyata membahayakan bagi tubuh kalian.

5.Daging panggang goreng

 Daging digoreng lalu memasaknya di atas api dengan suhu tinggi atau dibakar menciptakan dua zat berbahaya pemicu kanker yaitu heterocylic amines ( HCA)dan policiclyc aromatic hidrokarbon ( PAH) di mana malah akan merusak DNA kalian dan meningkatkan risiko terjadinya kanker. Dan itu juga berlaku pada daging ayam, daging kambing ,daging babi, maupun segala macam daging yang kalian hanguskan dan kalian bakar,terus ada kehitaman seperti gosong itulah yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker pada tubuh kalian. Dan ingat,bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi ya. Tapi hanya jangan terlalu berlebihan


6.Daging merah mentah

Makan daging merah bagi sebagian orang adalah hal biasa. Namun kebanyakan orang di indonesia tidak melakukanya. Berdasarkan pada sebuah penelitian di Jepang,orang-orang yang sering makan daging mentah pada tinjanya diketahui terdapat banyak zat yang disebut N-nitroso NOC. Zat tersebut bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker kolorektal atau usus besar makanya disarankan jika kalian penyuka steak  Lebih baik makan steak yang well done ya  jangan yang mentah. Karena pada dasarnya manusia untuk makan makanan matang bukan makan makanan mentah.

7.Minuman sangat panas

Meminum minuman yang sangat panas seperti kopi panas dan teh panas...waduh terus minum apa nih..?  Hal ini bukan tentang teh dan kopi nya bikin kanker, tapi suhu panas yang teramat sangat minuman yang disajikan panas. Bukan hanya teh atau kopi saja. Air panas yang menyentuh kerongkongan dan tenggorokan kalian itu bisa membakar tenggorokan calya dan merangsang jaringan tumor pada tenggorokan kalian sebagai bentuk perlawanan dari kalian. Terlalu sering minum yang panas-panas atau suhu tinggi bisa memunculkan jaringan tumor pada kerongkongan. Awalnya sebagai bentuk pertahanan tapi lama-lama malah membahayakan tubuh kalian. Karena itu lebih baik tunggu kopi maupun teh biar agak sedikit dingin/tidak terlalu panas baru kalian konsumsi untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan


8. Produk Susu Olahan

Produk susu olahan berbahaya pada laki-laki karena bisa meningkatkan resiko munculnya kanker prostat. Ditemukan hubungan antara kadar lemak susu, kalsium ,vitamin D ,dan hormon dapat merubah kadar testosteron pada laki-laki dan merangsang munculnya kanker prostat. Dan ini pada semua produk susu ya ,dari keju, es krim ,susu skim dll. Untuk laki-laki yang punya riwayat kanker di keluarganya disarankan untuk tidak mengkonsumsi susu secara berlebihan.


9.Makanan Terlalu Manis

Nah ini khusus untuk wanita yang hobi makan makanan terlalu manis. Makanan yang tetlalu manis pada wanita bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Dimulai dari peningkatan gula darah yang terlalu tinggi yang meningkatkan insulin dan kadar hormon estrogen pada wanita yang bisa merangsang munculnya kanker payudara. Selain itu kadar gula tinggi pada tubuh termasuk media yang sangat disukai oleh tumor. Untuk yang punya riwayat kanker payudara pada keluarga disarankan untuk menjaga asupan gula.

10.Lemak Jenuh

Lemak jenuh atau makanan yang terus-menerus kalian goreng dan kalian hangatkan berkali-kali dengan minyak goreng,bener-bener buruk banget buat kesehatan kalian. Orang yang punya kebiasaan makan lemak jenuh alias makanan yang digoreng terus menerus, itu bisa 100% meningkatkan munculnya resiko tumor pada pencernaan mereka. Makanya disarankan kalian tidak boleh menghangatkan maka berulang kali untuk mencegah munculnya zat karsinogenik pada makanan kalian.

Nah itu tadi makanan dan minuman yang mulai sekarang perlu dikurangi atau jangan dikonsumsi berlebihan,karena dapat menjadi pemicu atau penyebab munculnya zat karsinogenik dalam tubuh.

Source: diolah dari berbagai sumber termasuk who.int

Posting Komentar untuk "Jenis makanan di sekitar kita yang bisa menyebabkan atau menjadi pemicu kanker."