Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan cara memilih daging sapi yang benar,halal dan berkualitas

sobatlima.com|| Tips memilih daging sapi segar dan berkualitas||Tips Rumahan
Asalamualaikum untuk sobat semua semoga sehat selalu. Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tips memilih daging sapi yang baik. Daging sapi adalah salah satu daging favorit saya dan kebanyakan orang. Bahkan sobat tentu tahu salah satu masakan terenak di dunia yaitu rendang, bahan utamanya dari daging sapi. Selain enak,daging sapi juga mengandung banyak zat bergizi dibandingkan daging kebanyakan. Untuk 1000 gram atau 1 KG daging sapi mengandung 2010 Kkal, protein 188gr , 14o gr lemak sehat, 110 mg kalsium dan 280 mg zat besi. Mantab bukan?

Protein yang dalam daging sapi bisa membantu produksi jaringan otot baru, menambah antibodi serta melindungi tubuh dari infeksi pada tubuh.

Cari tahu juga bagian mana saja untuk ...  PENELUSURAN TERKAIT  bagaimana cara memilih daging sapi yang berkualitas baik,bagaimana cara memasak daging sapi supaya cepat lunak,cara memilih daging kambing yang baik,bagaimana cara memilih daging yang baik brainly,cara memilih daging ayam yang baik,jelaskan cara memilih daging bahan sandwich,daging sapi berbau,sebutkan potongan potongan daging sapi
source : pixabay

Pastinya kamu sering beli daging di pasar pasar bukan? terutama saat lebaran tiba.  Dan tentu saja ada pedagang yang mungkin nakal dengan menjual daging yang tidak sehat ataupun daging glonggongan. Tapi jangan khawatir sobatlima.com akan kasih tips dan trik bagaimana caranya memilih daging yang baik dan segar.


1. Warna daging

Yang pertama warna daging, daging yang masih fresh dan berkualitas adalah daging yang berwarna merah segar ,tidak pucat dan tidak kotor. Selain itu kamu juga harus tahu nih kalau warna daging sapi itu bervariasi tergantung jenis hewan, dari genetik maupun usia. Misalnya daging sapi potong lebih lengkap dibanding daging sapi perah ,daging sapi muda lebih pucat daripada daging sapi dewasa. Jadi saat kamu memilih daging pastikan dulu ke penjual jenis daging apa yang dijual atau daging yang akan kamu beli.

2.Tekstur daging

 Kedua tekstur daging, daging yang bagus dan berkualitas memiliki tekstur kenyal. Coba kamu tekan daging tersebut menggunakan jari ,kalau dagingnya segera kembali ke bentuk semula itu artinya dagingnya masih dalam keadaan segar dan baru. Jadi mirip seperti memilih daging ayam. Berbeda dengan daging yang udah tidak bagus atau lama disimpan, biasanya daging tersebut memiliki tekstur yang lebih lembek dan saat ditekan akan lama kembali.

3.Aroma daging

Tips selanjutnya adalah aroma daging. Daging yang masih segar biasanya memiliki aroma yang segar dan kha.Daging tidak berbau busuk dan tidak bau amis. Jika kamu mencium bau busuk atau bau amis meski sedikit lebih baik jangan dibeli ya karena dijamin dagingnya sudah tidak segar lagi.

4.Kandungan air

Yang ke-4 daging tidak berair, di beberapa penjual daging terutama di pasar tradisional banyak daging yang dijual dengan posisi digantung. Saat daging digantung mungkin kalian akan melihat adanya air yang menetes dari daging tersebut tetesan dari daging itu ada dua, ada yang merupakan sari dari daging yang berwarna merah, ada yang benar-benar air alias daging sebut merupakan daging gelonggongan. Membeli daging gelonggongan jelas rugi karena berat dan harga tidak sesuai

5. Pilih daging yang tidak beku

 Yang terakhir hindari membeli daging dalam keadaan beku. Karena akan sulit membedakan daging yang baik atau tidak. Kalau kamu termasuk salah satu yang suka beli daging beku maka pilihlah daging yang tidak memiliki bunga bunga es di permukaan daging. Kenapa ? karena biasanya daging yang ditutupi bunga-bunga es adalah daging yang sudah lama dan tidak segar lagi.


Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat membeli daging sapi kalau kamu ingin tahu informasi tentang tips dan trik lainnya jangan lupa terus kunjungi sobatlima.com. Jangan lupa juga untuk komen kalau kamu punya tips atau pertanyaan lainya.

Posting Komentar untuk "Tips dan cara memilih daging sapi yang benar,halal dan berkualitas"