Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 hal dan perbuatan yang bisa membatalkan puasa

10 Hal yang membatalkan puasa

sobatlima.com Menjalankan ibadah puasa tidak serta merta hanya menahan lapar dan dahaga saja. Bagaimana caranya agar puasa kita bisa diterima secara sempurna tentunya kita harus menjauhi larangan dan hal atau perbuatan yang membatalkan puasa.Mari kita pahami kembali apa aja sih hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Berikut 10 hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

makan minum bulan puasa,ramadhan,yang membatalkan puasa, apakah marah membatalkan puasa


Makan dan minum dengan sengaja

  Menurut bahasa puasa adalah menahan diri dari makan dan minum mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Secara bahasa saja kita sudah mengetahui barang siapa yang makan dan minum di sengaja otomatis puasanya batal, namun jika seseorang itu melakukannya tidak sengaja atau karena tidak mengetahui bahwa itu dapat membatalkan puasanya ataupun karena dipaksa maka itu tidak membatalkan puasanya. Termasuk jika kita lupa juga tidak membatalkan puasa

Muntah dengan sengaja

Hal selanjutnya yang dapat membatalkan puasa adalah muntah dengan sengaja. Yang dimaksud dengan muntah dengan sengaja yaitu dengan memasukkan jari ke rongga mulut hingga muntah atau memasukkan benda apapun ke dalam rongga mulut sehingga menyebabkan muntah. Namun bila muntah karena tidak sengaja seperti tidak tahan karena melihat sesuatu maka tidak membatalkan puasa.

Berjima/berhubungan suami isteri di siang hari

Berhubungan suami istri di siang hari sama halnya dengan makan dan minum. Berjima ketika berpuasa itu dilarang karena dapat membatalkan puasa dalam Alquran menunjukkan bahwa jima atau berhubungan badan membatalkan puasa seperti halnya makan dan minum.

Haid dan Nifas

Haid atau menstruasi adalah kondisi dimana wanita sedang mengalami siklus bulanan berupa pengguguran sel telur pada dinding rahim sehingga keluar darah lewat mulut rahim sedangkan nifas adalah darah yang keluar selama 40 hari pasca melahirkan. Seorang wanita Islam yang akan berpuasa harus setelah suci dari haid dan nifas karena syarat sahnya puasa itu tergantung pada kesucian seseorang dari Qadha haid dan nifas, sehingga apabila seseorang yang sedang berpuasa lalu di tengah-tengah puasanya datang haid maka puasanya akan batal.

Hilang akal

 Gila atau hilang akal adalah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan kejiwaan. Bahkan orang yang hilang akal sudah tidak memiliki lagi kewajiban untuk beribadah.

Murtad

Murtad adalah sikap yang diambil seorang muslim meninggalkan agamanya sehingga jika seseorang murtad dalam kondisi berpuasa maka hilang juga kewajiban dia beribadah Karena dengan demikian dia dianggap bukan lagi ahli ibadah atau tidak wajib atasnya berpuasa.

Sikat gigi saat berpuasa ( makruh )
 Saat berpuasa banyak yang bertanya apakah sikat gigi membatalkan puasa. Ada juga yang bertanya,bagaimana kalau sikat gigi tanpa menggunakan pasta gigi. Menurut para ulama, Sebenarnya masih jadi hal yang diperdebatkan ketika berbicara hukum sikat gigi saat berpuasa. Setiap ulama mempunyai pendapat masing-masing dalam menentukan larangan saat berpuasa boleh atau tidaknya satu hukum. Namun dari kebanyakan ulama menyebutkan bahwa hukum sikat gigi ketika puasa Ramadan hukumnya makruh atau tidak dianjurkan.

Mencicipi masakan

Mencicipi masakan saat puasa ramadhan  bisa menjadi hal yang membatalkan puasa, apalagi kalau kamu sengaja karena tidak yakin akan rasanya. Kalau memang sengaja melakukan hal ini banyak ulama yang menyebutkan hukumnya makruh. Namun beberapa ulama membolehkan mencicipi masakan hanya sampai di ujung lidah.

Berenang

Banyak juga yang bertanya, apakah selama berpuasa boleh atau tidak berenang ?Sebenarnya berenang boleh-boleh saja selama bulan puasa tapi yang pasti kamu harus menjaga tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh. Dan hal tersebut tentu sangat sulit. Karena sengaja atau tidak sengaja,pasti air akan masuk meskipun kita menahannya. Hal ini tentu saja bisa membatalkan puasa tanpa kamu  sadari.

Marah

Menjalankan ibadah puasa artinya menahan hawa nafsu mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari selain hawa nafsu ,kita juga diharuskan menahan emosi. Selama berpuasa jika seseorang yang sedang berkuasa secara tidak sadar mengeluarkan emosi secara berlebihan maka puasanya batal. Meski ada saja yang tetap melanjutkan puasanya, sesungguhnya mereka hanya menahan lapar dan haus tanpa mendapat pahala berpuasa.

Ejakulasi dengan senaaja

 Kalau melakukan hubungan suami istri atau bersetubuh memang sudah jelas membatalkan puasa. Tapi kalau pelukan dan ciuman masih banyak yang mempertanyakan soal hukumnya. Pelukan dan ciuman sebenarnya bisa saja tidak membatalkan puasa tapi lebih baik menghindari karena bisa saja kamu mengalami ejakulasi bahkan saat kamu berpikiran yang aneh-aneh pun bisa membatalkan puasa kalau kamu mengalami ejakulasi.

Nah itu tadi 10 hal yang membatalkan puasa yang sobatlima.com kutip dari berbagai sumber, sudah tahukan mana saja yang akan membuat puasa batal semoga tahun ini puasanya lancar ya dan tentunya juga mendapatkan hikmah puasa.

Posting Komentar untuk "10 hal dan perbuatan yang bisa membatalkan puasa"