Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips yang harus dilakukan saat akan memasuki bulan puasa agar tetap fit dan lancar

Tak terasa puasa ramadhan 1440 H sebentar lagi akan tiba, bulan suci dan penuh berkah ini selalu dinanti kedatangannya.Di perkirakan jadwal puasa ramadhan 1440 Hijriyah akan jatuh pada 6 mei 2019. Pertanyaannya adalah.... Sudahkah anda membayar semua hutang puasa Anda di tahun sebelumnya??? dan sudahkah anda siap menjalankan ibadah puasa???


 Sebagai umat muslim kita harus bersiap menyambut kedatangan bulan ramadhan.Kita sepatutnya bersyukur hidup di Negeri kita ini yang menjalankan ibadah puasa dengan normal yakni 12-13 jam sehari. Bayangkan di beberapa negara lain yang menjalankan puasa dengan rentang waktu lama bahkan ada yang 23 jam sehari.

Baca : 10 Negara dengan rentang waktu puasa terpanjang,ada yang 23 jam sehari lho...

Ada banyak hal istimewa yang akan kita temui hanya di bulan puasa. Seperti berpuasa sebulan penuh dengan berbagai tradisi unik atau dilipat gandakannya segala Amalan ibadah kita. Karena istimewa ,tentu saja kita ingin beribadah dengan sebanyak-banyaknya ya..meski dengan banyaknya godaan serta beratnya aktivitas dan tanggung jawab setiap harinya, tetapi inti dari berpuasa bukan berarti kita mengurangi aktivitas seminim mungkin. Akan tetapi menjaga Bagaimana kondisi tubuh agar  tubuh tetap fit saat berpuasa nanti. Khusus bulan ramadhan 1440 H ini sobatlima.com akan membagikan tips-tips berpuasa agar anda maksimal saat menjalankanya. Apa sajakah itu? berikut informasi tips persiapan memasuki bulan puasa ala sobatlima.com agar lancar tanpa kendala hingga hari kemenangan Idul Fitri 5-6 Juni 2019 nanti.

1.Atur pola tidur agar tidak kelelahan.

Tips yang pertama adalah atur pola tidur anda selama memasuki bulan puasa. Mengantuk saat puasa itu memang kerap terjadi karena adanya ketidakseimbangan sistem dalam tubuh dan juga kekurangan oksigen akibat tidak ada asupan cairan dan makanan yang masuk. Di sisi yang lain kita memiliki pekerjaan dan tanggung jawab yang tidak boleh diabaikan. Jika ingin semalaman beribadah dan apabila di kantor atau tempat kerja hanya memiliki waktu 1 jam saja untuk istirahat. Sempatkan tidur sejenak atau yang biasa disebut sleep power. Tidur meskipun hanya 10 menit untuk mengembalikan kebugaran anda.

2.Olahraga ringan dan teratur

Selanjutnya tips yang kedua adalah dengan membiasakan diri berolahraga. Berolahraga secara teratur sebelum dan pada saat berpuasa bukan berarti membuat tubuh menjadi lemas.Justru dengan berolahraga maka tubuh anda akan menjadi sehat dan kuat dalam menghadapi puasa. Lakukanlah olahraga yang ringan saja.Kalau puasa sudah dilakukan maka anda dapat melakukan olahraga ringan sekitar 1 atau 2 jam sebelum berbuka puasa.Bisa sambil ngabuburit di tempat-tempat yang asyik. Begitu ketika sudah selesai latihan Anda masih memiliki waktu sekitar 30 menit untuk berbuka puasa

3.Makan makanan 4 sehat 5 sempurna

Tips selanjutnya adalah biasakan mulai dari sekarang makan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. karena setelah memasuki masa-masa puasa, tubuh kita selama kurang lebih 13 jam tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu itu sel-sel tubuh harus mendapat gizi dan energi dalam jumlah cukup setiap saat. Perbanyaklah buah-buahan dan sayur-sayuran . Dengan mengkonsumsi makanan sehat tersebut maka dapat mengurangi jumlah racun di pencernaan Anda hingga menjadi bersih. Mulailah biasakan makan sebelum memasuki bulan puasa dengan porsi yang lebih kecil sehingga sistem pencernaan Anda mulai terbiasa untuk beroperasi dengan kalori yang lebih sedikit dari biasanya, saat sudah mulai berpuasa nanti.

4.Atur keuangan

Mengatur keuangan adalah hal yang sangat penting terutama pada saat memasuki bulan puasa ini karena di bulan puasa ini banyak dari kita tidak mengatur pengeluaran hingga seringkali tabungan menjadi terkuras. Seperti membelanjakan untuk makanan saat sahur dan berbuka secara berlebihan. Belum lagi kebutuhan lain seperti belanja baju lebaran dll.
 Saat puasa seseorang dapat menghemat pengeluaran karena jatah makannya berkurang dari 3 menjadi 2 kali saja. Dalam 1 hari Anda bisa mulai memikirkan bahwa puasa menjadi bulan untuk menghemat, menabung dan bersedekah atau berbagi terhadap sesamanya yang lebih membutuhkan dari kita.

5.Perbanyak kegiatan positif

Berpuasa bukan berarti kita berhenti dalam beraktivitas selain  tetap melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa, mengisi puasa dengan aktivitas di bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif akan mendapatkan pahala yang lebih baik daripada bulan lainnya. Contohnya berbagi buka puasa dengan sesama anak yatim piatu atau berpartisipasi dalam kegiatan masjid.

Dan terakhir hal yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki bulan Ramadhan adalah mengkonsumsi suplemen kesehatan. Seelain mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur Anda juga perlu mengkonsumsi suplemen kesehatan agar anda tetap fit  sehingga lancar menjalankan ibadah puasa, Tentu akan menyenangkan bukan jika anda menjalani ibadah puasa dalam keadaan yang fit dan lancar . Jadi persiapkan segala kebutuhan Ramadan Anda termasuk suplemen makanan dan minuman suplemen makanan di dari sekarang agar tubuh anda terus terjaga dalam setiap aktivitas dan agar tubuh terus terjaga sehingga aktivitas tetap lancar selama berpuasa.
Itulah beberapa tips saat memasuki bulan ramadhan kali ini.Semoga kita semua dapat menjalaninya dengan baik agar menjadi manusia yang lebih baik lagi kedepanya.

Posting Komentar untuk "Tips yang harus dilakukan saat akan memasuki bulan puasa agar tetap fit dan lancar "