Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bingung ?? Ini Tips memilih Universitas dan jurusan yang baik dan tepat

Assalamualaikum sobatlima dimanapun berada. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi lagi atau sharing kepada sobat semua tentang cara memilih Universitas yang baik agar nanti sobat ,di masa depan itu tidak menyesal dan tidak merasa sia-sia setelah kuliah. Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan jika sobat merasa bingung memilih universitas maupun jurusan yang tepat.

 1.Menentukan jurusan

Tahap pertama yang harus sobat lakukan adalah menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan keahlian kita.Atau lebih mudahnya  adalah sobat mau jadi apa setelah kuliah nanti. Misalkan sobat bercita-cita sebagai guru bahasa inggris ataupun penterjemah sobat otomatis harus mengambil fakultas atau jurusan bahasa inggris. Atau mungkin sobat ingin bercita-cita sebagai seorang petani sukses,ataupun bekerja di dinas pertanian sobat harus mengambil fakultas di bidang pertanian.  Jadi sobat harus tahu dan harus paham dulu bidang apa yang sesuai dengan minat dan keahlian kita. Jangan sobat jalan terus tapi tanpa arah dan tujuan itu nggak bagus banget.

2.Cari informasi universitas

Setelah sobat tahu sobat menginginkan jurusan apa sobat kemudian cari informasi universitas mana yang sesuai dengan yang kita inginkan.Atau bisa juga searching atau di Google seperti itu misal sobat mau jadi seorang notaris , otomatis sobat harus menjadi mahasiswa di Fakultas Hukum sobat cari tahu Fakultas Hukum mana aja yang sekiranya bagus memiliki akreditasi.  Akreditasi itu penting banget ya teman-teman jangan sampai sobat itu kuliah dengan akreditasinya yang tidak jelas, kecuali kalau sobat mau menjadi pengusaha seperti melanjutkan bisnis orang tua mungkin bukan masalah . Tapi kalau sobat ingin bekerja atau bersaing dengan mahasiswa yang lain di dunia globalisasi zaman sekarang ini  akreditasi itu penting banget. tidak di akreditasi itu menentukan keahlian di bidang persaingan usaha nanti Dan saran aku minimal sobat mencari Universitas itu yang memiliki akreditasinya minimal C. Karena masih banyak juga universitas di indonesia yang masih belum terakreditasi.

3.Mengetahui akreditasi universitas

ss banpt.or.id


Lalu bagaimana cara mengetahui sebuah universitas terakreditasi atau tidak. Caranya mudah sekali,sobat cukup mengunjungi situs banpt.or.id. Pada situs tersebut tertera lengkap informasi mengenai universitas yang terdaftar dan memiliki akreditasi yang baik. Misalkan sobat ingin masuk jurusan bahasa inggris ataupun pertanian. Sobat tinggal masukkan saja nama universitas. Contoh STIBANK MA'SOEM UNIVERSITY  .
masukkan keyword ma'soem pada kolom pencarian maka akan muncul universitas yang dimaksud. Lalu pada tombol hijau di samping nama Universitas tekan saja. Akan muncul data akreditasi dan masa berlaku akreditasinya. Dan perlu diketahui bahwa semua universitas yang terdaftar di BAN PT tersebut berarti telah terakreditasi dan diakui.Jadi layak untuk sobat pertimbangkan. Dan untuk lebih detail ada beberapa kolom lain ( pencarian) misalkan jurusan. Sobat tinggal ketik saja Jurusan yang diinginkan misal jurusan bahasa inggris atau pertanian.

4.Meminta pendapat orangtua,teman

Setelah semua dicek dan sobat telah memiliki universitas pilihan.Sobat bisa langsung sharing atau meminta pendapat keluarga. Karena tentu saja berhubungan juga dengan budgetting. Kecuali jika sobat sudah bekerja dan merasa mampu untuk membayar biaya kuliah sendiri. Dan menurut saya untuk biaya kuliah di beberapa fakultas swasta seperti STIBANK MA'SOEM UNIVERSITY diatas bisa dibilang terjangkau. Untuk lebih jelas silahkan kunjungi masoemuniversity.ac.id atau bisa kunjungi:

biaya kuliah di STIBANK MA'SOEM UNIVERSITY

Alamat Masoem University

Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat
Telp : 022 7798340
Whatsapp : 08156033022

Demikian beberapa tips memilih unversitas yang baik. Memilih universitas harus benar-benar dipertimbangkan karena berhubungan dengan masa depan kita. Namun yang lebih utama adalah niat kita untuk menimba ilmu dengan sungguh-sungguh. Karena ilmu adalah aset tak ternilai harganya. Share jika menurut sobat artikel ini bermanfaat.Karena berbagi itu indah....sobatlima.com


Posting Komentar untuk "Bingung ?? Ini Tips memilih Universitas dan jurusan yang baik dan tepat"