Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara mengatasi HP terendam air agar tidak rusak

Assalaamualaikum sobat semuanya. Pada kesempatan kali ini sobatlima akan membagikan  5 cara mengatasi HP yang bisa berakibat mati total akibat terkena air. Sebagai solusi maupun antisipasi untuk memperbaiki HP yang mati terkena air tersebut jika kebetulan sobat memiliki HP yang tenggelam ke dalam air atau basah terkena air hujan. Biasanya gejala yang muncul setelah terendam air HP sobat akan mati total atau mungkin bisa menyala namun tidak normal. Bisa juga layar HP sempat menjadi Blank sebelum mati total. jika semua gejala tersebut terjadi pada HP sobat sebaiknya sobat mengetahui cara untuk mengatasi HP Yang basah terkena air untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan yang perlu diperhatikan adalah bahwa ini bukan cara memperbaiki HP yang terendam air,melainkan sekedar pertolongan pertama. Karena jika HP terendam cukup lama biasanya akan terjadi konsleting dan HP harus dibawa ke dokter,,,eh...konter.

memperbaiki hp mati,hp terendam air,


Nah oleh karena itu silakan sobat simak tips dari sobatlima berikut ini.

1. Matikan HP segera

Pertama sobat harus panik (hehehe) ketika habis HP sempat masuk ke dalam air lalu mati, kecuali jika hp sobat mengusung teknologi water resistant atau anti air baru sobat bisa tenang tenang saja.  Selanjutnya  sobat keluarkan HP tersebut dari dalam air lalu mengelap nya dengan handuk kecil ataupun kain kering

2. Lepas Baterai secepatnya

Kedua setelah casing HP dirasa sudah benar-benar kering berikutnya sobat lepas casing tersebut dan mengeluarkan baterai nya lalu mengelap nya juga hingga kering.

3.Bongkar mesin

mengatasi hp terendam air


Ketiga bongkar semua mesin menggunakan obeng khusus HP kemudian sobat keringkan menggunakan hair dryer ataupun kipas angin. Pasti  untuk membongkar dan mengeringkannya hingga keseluruhan mesin dari konektor charger, speaker hingga di bagian IC.

 4.Keringkan

Kemudian setelah dipastikan semuanya kering,sobat bisa pasang kembali semua komponen mesin seperti semula dan memasukkan baterai,lalu menghidupkannya kembali maka HP sobat akan  normal seperti sediakala.
Jika sobat tidak memiliki hair dryer ataupun kipas angin, sobat bisa merendam HP tadi ke dalam tubuh kan beras dalam waktu 1 sampai 2 hari untuk mengeringkan sisa sisa air pada HP tersebut karena beras dipercaya memiliki kandungan elektrostatis yang bisa menyerap kadar air dan mengurangi kelembaban. Dan untuk menerapkan cara ini sobat yang harus diminta untuk bersabar menunggu selama 2 hari esok.

5.Cara lain

Kelima jika posisi sobat saat ini sebagai anak kos-kosan dan sudah tidak punya beras , (waduww) sobat bisa menggunakan alternatif lain ,Yakni dengan menjemurnya di bawah cahaya matahari dengan kondisi baterai sudah terlepas dari HP sobat. Inget ya Sob, yang dijemur hanya komponen mesin yang baterainya sudah dilepas. Hindari menjemur baterai di bawah cahaya matahari karena bisa memicu arus pendek yang menyebabkan baterai justru meledak.

Demikian tips mengatasi HP yang terkena air ini. Terimakasih dan jangan sungkan untuk meninggalkan komertar. Dan pada kesempatan berikutnya sobatlima akan memberikan Tutorial yang bermanfaat seputar HP lainnya ,setuju ??

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi HP terendam air agar tidak rusak"