Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

"Bebek Lemeng" Kuliner bakar khas Desa Purwosari,Kranggan Temanggung

Indonesia memiliki ribuan budaya baik wisata maupun kuliner. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing terutama cita rasa kuliner. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah kuliner unik dan khas dari Kabupaten Temanggung, jawa Tengah,Tepatnya di desa Purwosari kec.Kranggan.Mungkin sobat semua masih asing dengan salah satu masakan tersebut karena memang belum begitu terkenal. Dan memang baru pada 15 April lalu Bapak Tri Raharjo Camat Kranggan mengenalkan kuliner " bebek lemeng" sebagai ikon wisata desa Purwosari selain Curug Kreo dan Curug Dandap. Bapak Camat Tri Rahardjo berharap masakan khas pedesaan bisa terkenal dan meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Bebek lemeng sebenarnya sudah sangat lama menjadi menu khas desa Purwosari karena sering menjadi salah satu menu saat tradisi Sadranan ataupun dalam berbagai acara. Sehingga sangat mudah mencari masakan ini di Desa Purwosari Kec. Kranggan ini.Bahkan pada pesta durian rakyat Purwosari 2018 lalu, bebek lemeng Laris Manis diserbu pengunjung.

Keunikan masakan bebek lemeng adalah cara memasaknya yang dibakar dan sebelumnya dimasukkan ke dalam potongan bambu terlebih dahulu. Jadi hampir mirip seperti ayam bambu, ataupun ayam buluh di beberapa daerah lain.
Memasak lemeng terhitung cukup lama karena daging bebek harus direbus terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu khas atau bisa juga di presto kurang lebih sekitar 30 menit. Barulah setelah daging empuk dan bumbu telah meresap sempurna, daging tersebut dimasukkan ke dalam bambu yang telah dipersiapkan dan dibersihkan. Sebagai penutup nya digunakan daun singkong untuk menambah cita rasa khas. Dan proses selanjutnya adalah dibakar menggunakan bara arang sedang. Proses pembakarannya pun cukup lumayan yaitu kurang lebih 2 jam. Jadi bisa terbayang rasanya nya nikmat dan lezat.

bebek lemeng,bebek bakar,purwosari,kranggan,temanggung,kuliner,masakan khas


Nama bebek lemeng itu sendiri diambil dari kata ”lemeng” yang artinya buluh bambu atau bumbung.

Jika sobat penasaran dengan cita rasa bebek lemeng sobat bisa datang langsung ke Desa Purwosari, kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

Posting Komentar untuk ""Bebek Lemeng" Kuliner bakar khas Desa Purwosari,Kranggan Temanggung"