Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Jenis makanan yang tidak dianjurkan saat berbuka puasa

sobatlima.com || 5 Jenis makanan yang tidak dianjurkan saat berbuka puasa || Tips Puasa》

Bulan Romadhon yang ditunggu-tunggu umat muslim sedunia akan segera tiba. Di tahun 2020 ini puasa akan dimulai akhir bulan April hingga Mei. Hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah akan jatuh pada tanggal 24-25 Mei 2020/ 1-2 Syawal 1441 H. Puasa sebagai sebuah kewajiban bagi umat muslim, wajib dijalankan oleh pemeluknya. Kita sepatutnya Bersyukur masih diberikan kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa sebagai penebus dosa-dosa kita dimasa lampau. Untuk tips bulan Ramadan kali ini sobatlima.com akan membagikan 5 makanan yang tidak dianjurkan untuk berbuka puasa.

puasa,ramadhan1441H ,idul fitri,menu buka puasa,tips berpuasa,resep berbuka puasa,jadwal buka puass
sumber: pixabay


Seringkali kita tidak pernah memperhatikan makanan saat berbuka puasa. Memakan makanan apapun saat berbuka puasa memang akan terasa sangat nikmat setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Akan tetapi sobat perlu juga memperhatikan beberapa hal seperti makanan yang tepat untuk berbuka puasa. Karena jika kita makan sembarangan dan tidak terkontrol akan berakibat yang kurang baik terhadap tubuh kita. Salah satu hal penting lainnya adalah seringkali kita makan berlebihan saat berbuka puasa, padahal itu sangat tidak baik. Jika kita makan terlalu kenyang akan membuat pencernaan kita bekerja sangat keras. Efeknya adalah kita bisa sakit perut. Jadi dianjurkan saat berbuka puasa kita hanya memakan takjil secukupnya, lalu  bisa kita lanjutkan makan sehabis sholat Magrib ataupun tarawih. Selain itu ada beberapa jenis makanan yang baik jika dimakan saat berbuka puasa.

Nah, berikut ini adalah 5 pantangan makanan yang sangat tidak dianjurkan untuk berbuka.

1. Gorengan

Gorengan seperti bakwan, tempe goreng, tahu dan lain-lain adalah makanan yang sangat populer di Indonesia dan tentu saja sangat nikmat untuk buka puasa. Gorengan tidak dianjurkan untuk berbuka karena makanan yang berminyak tersebut termasuk susah dicerna oleh pencernaan. Sehingga membuat sistem pencernaan kita bekerja lebih keras, dan akibatnya kita akan merasa seperti kelelahan dan akhirnya malas beribadah tarawih. Tapi bukan berarti tidak boleh dimakan ya....

2. Makanan terlalu pedas

Makanan ataupun masakan yang pedas akan lebih cepat bereaksi saat perut kita kosong. Saat berbuka puasa dan dalam kondisi perut kita kosong jika kita memakan makanan pedas kita bisa sakit perut bahkan diare. Usahakan saat berbuka puasa Hindari makanan makanan pedas.

3. Makanan atau buah yang terlalu asam

Salah satu efek dari meningkatnya asam lambung saat perut kita kosong adalah maag. Jadi sebaiknya kita memakan makanan dengan rasa manis sedang dan mudah dicerna seperti kurma.
Jadi sebaiknya kita memakan makanan dengan rasa manis sedang dan mudah dicerna

4. Makanan mengandung gas

Makanan mengandung gas adalah makanan yang setelah sampai di perut peningkatan reaksi gas dalam tubuh. Biasanya makanan tersebut cepat sekali membuat kenyang namun cepat sekali juga membuat lapar. Contoh ubi, singkong ataupun buah nangka. Hanya akan seperti jika kita memakan makanan asam yang bisa meningkatkan asam lambung dalam perut sehingga bisa menimbulkan sakit maag.

5. Makanan yang terlalu asin

Sebenarnya makanan apapun yang berlebihan an tidak baik untuk tubuh seperti Terlalu Manis ataupun terlalu asin. Makanan yang terlalu asin dapat meningkatkan tekanan darah. Apalagi jika sobat adalah Penderita hipertensi. Maka berbuka dengan makanan yang terlalu asin sangat dilarang.

Itulah beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk berbuka puasa. Sebaiknya beberapa makanan tersebut dihindari agar puasa kita lancar. Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1441 Hijriah

Posting Komentar untuk "5 Jenis makanan yang tidak dianjurkan saat berbuka puasa"