Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Akibat buruk tidur setelah Makan dan Sahur

sobatlima.com || 5 Akibat buruk tidur setelah sahur dan makan || Sobat info》 Assalamualaikum sobatlima dimanapun berada,semoga kita selalu sehat dan dalam lindunganNya. Ramadhan 1441 H telah tiba. Mari kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita di bulan penuh berkah ini. Meskipun kita tetap juga harus mengikuti anjuran dan instruksi pemerintah karena merebaknya wabah corona. Dan semoga wabah Covid 19 tersebut cepat musnah seiring Ramadhan kali ini. Dan kali ini sobatlima.com akan membagikan banyak tips menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadhan ini.

Dalam nenjalankan ibadah puasa kita harus tetap menjaga kesehatan kita dan juga menjaga pola makan kita. Pola makan dan hidup yang sehat seringkali diabaikan kebanyakan orang. Jadi hal-hal yang sering diabaikan tersebut bisa menjadi salah satu sumber penyakit. Salah satu yang akan saya bahas pada artikel kali ini adalah lima akibat buruk tidur setelah makan.

Puasa,puasa 1441 H,puasa 2020,tips berpuasa

Rasa kantuk setelah makan adalah hal yang wajar karena memang pada beberapa makanan mengandung zat-zat yang bisa menyebabkan kantuk setelah dicerna. Salah satu contohnya adalah karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat menyebabkan kadar gula dalam darah kita turun sehingga sering rasa kantuk datang setelah makan. Selain karbohidrat terdapat juga makanan yang berkalori tinggi seperti tahu, bayam, ikan dan lain-lain yang bisa menyebabkan kantuk.

Dengan datangnya bulan Romadhon 1441 Hijriah sebagai umat muslim kita akan menjalankan puasa selama 30 Hari penuh. Jadwal puasa tersebut diperkirakan dimulai pada tanggal 24 April 2020 hingga 23 Mei.

Jadwal puasa temanggung
Sumber : pcnu Temanggung

Kebiasaan buruk tidur setelah makan biasa dilakukan setelah sahur dan sering disepelekan banyak orang. Padahal akibat buruk dari tidur setelah makan berhubungan dengan kesehatan. Paling tidak ada 5 akibat buruk yang bisa terjadi di dari kebiasaan Tidur setelah makan sahur.

1.heartburn ( panas dalam)

Heartburn adalah sensasi rasa panas di dalam tubuh akibat naiknya asam lambung. Rasa panas tersebut dimulai dengan rasa begah yang terus naik hingga tenggorokan. Salah satu penyebabnya adalah tidur setelah makan. Apalagi jika makanan yang kita makan tersebut mengandung lemak tinggi. Perut akan terasa kembung dan sangat kenyang.

2. Email gigi cepat rusak

Masih berkaitan dengan asam lambung yang naik.. Asam lambung kurang baik untuk gigi karena dapat mengikis email gigi. Gigi akan menjadi cepat Rapuh dan cepat mengalami kerusakan saat mengunyah makanan terutama makanan keras.

3. Risiko diabetes

Penyakit diabetes adalah penyakit yang cukup sulit disembuhkan selain itu memerlukan penanganan khusus. Kebiasaan buruk tidur setelah makan bisa menyebabkan penumpukan gula darah di dalam tubuh. Hal tersebut bisa memicu penyakit diabetes jika kebiasaan buruk tersebut sering dilakukan dan dalam jangka waktu yang lama

4.GERD

Gerd (Gastroesopagheal reflux disease) adalah penyakit lambung yang mematikan . Penyakit ini datang karena pola makan yang tidak teratur dan juga salah satu penyebabnya adalah asam lambung berlebihan dalam tubuh. Penyakit ini sangat berbahaya jika tidak segera diobati karena bisa menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lambung dan kerongkongan.

5.stroke

Sebuah penelitian di Yunani iona University menyebutkan bahwa tidur setelah makan yang mengakibatkan naiknya asam lambung berlebihan berhubungan juga dengan penyakit stroke. Tersebut bisa diperkirakan karena pola tidur setelah makan setelah diteliti terjadi perubahan drastis pada kadar gula darah maupun kadar kolesterol. Darah maupun kadar kolesterol bisa naik turun secara drastis sehingga semakin meningkatkan risiko terkena penyakit stroke.

5 akibat buruk dari kebiasaan tidur setelah makan yang sering kita abaikan. Selain itu ada juga beberapa jenis makanan yang kurang baik untuk orang berpuasa. Dan ada baiknya menjelang puasa kali ini kita lebih berhati-hati terutama setelah sahur karena kantuk akan datang dengan hebat. Kita bisa mengisi kegiatan setelah sahur dengan hal-hal yang bermanfaat lainnya agar terhindar dari kantuk.

sumber : alodokter

Posting Komentar untuk "5 Akibat buruk tidur setelah Makan dan Sahur"