Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cepat membuat burung liar/tangkapan jadi jinak dan gacor

Salah satu syarat burung agar bisa gacor dan memiliki kicau yang indah adalah jinak. Jinak bukan berarti seperti kucing yang jika di elus-elus menurut saja, tapi memiliki mental yang bagus dan tidak takut lagi jika berada di tempat keramaian atau banyak orang. Dan untuk mendapatkan burung yang bermental jinak lebih mudah jika kita mendapatkannya dari penangkaran atau mungkin yang dipelihara sejak kecil. Jika sobat kicau membeli burung hasil tangkapan hutan tentu masih membawa sifat liar dari habitat aslinya. Selain itu burung akan takut untuk berkicau jika ada makhluk lain terutama manusia. Karena itulah burung hasil tangkapan lebih murah dibanding hasil tangkaran. Burung hasil tangkapan dari hutan biasanya banyak dijual di pasar burung tradisional dengan harga yang relatif murah. Walaupun masih liar burung hasil tangkapan tentu saja bisa dilatih agar jinak dan gacor. Asalkan kita sabar dan telaten tidak butuh waktu yang terlalu agar burung berani berkicau. Pada artikel kali ini akan saya bagikan tips untuk melatih burung tangkapan agar cepat jinak dan mau gacor.

cara menjinakkan burung,agar burung cepat jinak,cara agar burung liar jinak.burung liar cepat gacor,muda hutan,cendet,kacer murai batu


1. Penempatan sangkar burung

Membeli burung tangkapan yang liar yang belum pernah dipelihara sama sekali adalah hal yang lumrah bagi seorang pecinta burung. Hal ini menjadi tantangan tersendiri,  apalagi apalagi jika berhasil membuat burung menjadi gacor dan jinak. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah soal penempatan sangkar burung. Biasanya pemilik burung liar hasil tangkapan justru menempatkan sangkar di tempat yang tersembunyi, karena takut burung nglabrak. Hal ini justru akan memperlama proses penjinakan burung. Burung liar yang kelabakan atau ngelabrak itu sudah menjadi hal yang pasti dan tentu saja akan membuat bulu rontok ataupun paruh luka dan berdarah. Untuk awalan biasakan taruh di tempat yang tinggi namun berada di keramaian seperti di depan rumah ah atau di pinggir jalan. Lalu hari-hari berikutnya semakin diturunkan. Tidak perlu takut jika burung kelabakan dan berdarah-darah karena nanti juga pasti sembuh.

2. Memandikan burung

Selain cara diatas, saya juga harus menggabungkan cara kedua ini yaitu dengan memandikan. Jika sobat sempat bisa lakukan  sehari dua kali yaitu pagi dan sore hari. Untuk caranya mandikan seperti burung biasa namun dengan waktu yang cukup lama. Biarkan burung basah kuyup terluka karena kelabakan. Hal ini adalah sebuah proses burung terbiasa dan merasa aman. Setelah disemprot biarkan burung mengeringkan bulunya sendiri setelah itu baru Gantungkan

3. Terapi lapar

Hal ketiga yang perlu kita lakukan untuk mempercepat proses penjinakan adalah dengan terapi lapar. Sebenarnya proses memandikan agak lama salah bertujuan untuk membuat burung cepat merasa lapar karena mengeluarkan banyak energi untuk memanaskan tubuhnya yang kedinginan. Untuk minggu pertama kosongkan wadah pakan menjelang malam. Sehingga saat pagi burung akan merasa kelaparan. Lakukan terapi ini yaitu Misalnya burung cendet kita berikan jangkrik dengan lidi ataupun tangan kita langsung. Berikan jangkrik dari luar sangkar agar burung mau mendekat. Jika tidak mau mendekat maka jangan dulu diberikan. Lalu kita coba bermain-main dengan jangkrik tersebut saat burung mendekat tarik saja jangkrik. Lalu saat burung menjauhi kita dekat kan lagi jangkrik agar burung mendekat. Lakukan ini beberapa kali sebelum betul-betul kita berikan jangkrik tersebut.

Dengan 3 cara diatas dan juga kesabaran dan ketelatenan kita, maka tidak sampai 1 bulan burung akan jinak dan kita setting untuk gacor. Melatih dengan cara ini bisa dibilang terlalu extreme karena tentu saja risiko burung yang kelabakan akan terluka maupun bulunya rontok. Semuanya itu akan sembuh Seiring berjalannya waktu.

Posting Komentar untuk "Cara cepat membuat burung liar/tangkapan jadi jinak dan gacor"