Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Awas Malware dan virus Berbahaya Di Android : Cara Mengetahui Aplikasi Mengandung Malware yang lolos play protect

Assalamualaikum Halo sobat semuanya apa kabar? Semoga baik baik saja....
Berbagai aplikasi yang kita install di smartphone Android baik itu dari Playstore ataupun hasil download dari browser internet tidak sepenuhnya aman dari virus ataupun Malware. Walaupun di dalam aplikasi Playstore sudah terdapat fitur play protect untuk mendeteksi aplikasi berbahaya, Namun nyatanya masih saja ada aplikasi yang lolos dan tidak terdeteksi padahal aplikasi tersebut sangat membahayakan bagi penggunanya. Seperti contoh di dalam HP saya  telah terinstal sebuah aplikasi spy atau penyadapan yang bisa membaca dan mengirimkan data penting seperti chat WhatsApp, SMS ,dan isi file yang ada di dalamnya aplikasi tersebut bernama Backup. Kemudian ketika saya coba men scan aplikasi tersebut menggunakan fitur play protect di playstore ternyata hasilnya 0 alias penyadapan tidak terdeteksi. Play protect, fitur yang katanya canggih ini ternyata tidak mampu untuk mendeteksi aplikasi spy tersebut. Dan untuk mengetahui apakah ada aplikasi berbahaya yang terinstal di HP kita caranya cukup mudah, saya sudah mencoba untuk menggunakan aplikasi uji data internet security yang ternyata mampu untuk mendeteksi jika ada aplikasi berbahaya yang mengandung Malware ataupun virus.Aplikasi tersebut adalah G Data internet security ,sobat bisa mendownload G Data internet security di playstore. Setelah terinstal,langsung saja buka G Data internet security.setelah aplikasi internet security ini terbuka selanjutnya sobat disini diharuskan untuk membuat akun baru ( create new account) jika baru pertama kali menggunakan atau pilih yang bawahnya jika sobat sudah memiliki akun. Untuk membuat akun baru pada kolom di bagian atas kita isi dengan nama depannya kemudian kolom yang kedua dengan nama belakang  dan kolom yang ketiga masukan untuk alamat email. Untuk nama atau username bebas  terserah apa saja,Kemudian untuk syarat dan ketentuan kita centang dan terakhir pilih aktifkan akun. Selanjutnya di sini ada beberapa pilihan dan sekarang kita fokuskan saja ke scan request. Untuk mulai scan klik saja scan now,  pilih yang aplikasi unduhan saja yaitu installed application untuk scan aplikasi yang sudah diinstal. kemudian sekarang pilih start untuk memulai scan. selanjutnya aplikasi ini akan melakukan scan Malware atau virus di semua aplikasi yang sudah kita install proses ini memerlukan beberapa menit dan lumayan cukup lama.





setelah proses scan selesai berikutnya aplikasi internet security ini akan menampilkan sebuah aplikasi yang di sini air mengandung Malware atau virus dan aplikasi ini bernama "Backup" aplikasi ini berfungsi sebagai upaya atau penyadapan data-data yang ada di dalam HP ini seperti data chat WhatsApp, SMS, dan aplikasi aplikasi lainnya. disini bisa terbaca dan dikirimkan ke si penyadap nya dan tentu ini sangat berbahaya , kemudian jika kita sudah mengetahui bahwa disinyalir ada aplikasi berbahaya di dalam HP ini maka selanjutnya tinggal kita masuk ke pengaturan kemudian pilih untuk menghapus aplikasinya. Itulah cara singkat dan mudah untuk mengetahui apakah di HP kita ada indikasi virus atau Malware yang tertanam di aplikasi dan menurut saya tidak ada salahnya ya sobat melakukan scan supaya mengetahui bahwa HP sobat terbebas atau tidak dari aplikasi yang berbahaya. Dan mungkin sekian saja untuk tutorial mengamankan HP dari virus atau malware pada kesempatan kali ini  semoga bisa bermanfaat

Posting Komentar untuk "Awas Malware dan virus Berbahaya Di Android : Cara Mengetahui Aplikasi Mengandung Malware yang lolos play protect"